Elia dan Elisa

Elia dan Elisa

Ruth Julia

 

1 Raja-raja 17-19
Elia dan Elisa adalah dua nabi besar yang hidup sekitar 850 SM di Israel. Elia adalah seperti ayah bagi Elisa, sebelum terangkat ke surga, Elisa meminta double porsi roh yang ada pada Elia. “double porsi” adalah hak berkat untuk anak sulung dan Elisa adalah anak sulung Elia secara iman, lihatlah bagaimana kedua nabi ini melakukan mujisat yang hampir serupa dan mujisat yang dilakukan oleh Elisa benar-benar “double porsi” (2x lipat) dari mujizat yang terjadi pada masa hidup Elia.
Elia
  1. Elia meminta seorang janda untuk membuatkannya roti dari segenggam tepung yang tersisa dan Tuhan sungguh menyediakan pemeliharaan untuk janda itu sepanjang masa kelaparan.
  2. Di kemudian hari, anak laki-laki janda itu mati dan Elia membangkitkannya kembali.
  3. Dalam kontes di atas gunung Karmel, korban yang dipersembahkan oleh 450 nabi baal tidak terbakar, namun Elia berdoa dan api dari surga turun dan menyambar korban persembahan Elia.
  4. Elia lari dari ratu Izebel yang jahat. Saat ia sendiri takut, Tuhan berbicara padanya dalam “suara yang sangat lembut”.
  5. Pada waktu raja Ahaz mengirim 102 tentara untuk menangkap Elia, ia memanggil api dari surga. Api menghanguskan seluruh tentara raja Ahaz.
  6. Elia melepas jubahnya dan memukulkannya ke air sungai Yordan. Secara ajaib, sungai terbelah.
Elisa
  1. Mujisat pertama Elisa seperti yang dilakukan Elia. Ia melepas jubahnya dan memukulkannya ke air dan sungai terbelah.
  2. ketika persediaan air di kota Yerikho menjadi buruk, Elisa menuangkan semangkuk garam ke dalam air dan menyehatkannya sehingga dapat diminum kembali.
  3. Seperti Elia, Elisa juga menolong seorang janda miskin yang hanya memiliki sebuah bejana dengan sedikit minyak. Elisa menyuruhnya mengumpulkan bejana-bejana dari tetangga-tetangganya. Tuhan secara ajaib memenuhi semua bejana itu dengan minyak.
  4. Seorang perempuan kaya yang tidak mempunyai anak menjamu Elisa di rumahnya dan Tuhan membuat mujisat melalui Elisa dengan dikaruniakanNya seorang anak laki-laki bagi perempuan itu.
  5. Kemudian anak laki-laki perempuan itu mati dan Elisa membangkitkannya kembali.
  6. Saat juru masak menyediakan makanan untuk anak-anak nabi, secara tidak sengaja ia memasukkan racun di dalamnya. Elisa memasukkan makanan di dalamnya dan menyehatkannya.
  7. Tuhan menggandakan dua ketul roti dan beberapa gandum untuk memberi makan 100 orang.
  8. Elisa menyuruh Naaman yang kena kusta mecelupkan diri di sungai Yordan dan Naaman sembuh.
  9. Ada seseorang yang meminjam sebuah kapak dan secara tidak sengaja kapak itu masuk ke air dan tenggelam. Elisa mengetukkan tongkat dan kapak itu mengapung ke permukaan.
  10. Raja Syria mengepung kota Elisa dan hendak menangkapnya. Elisa berdoa dan Tuhan mengirim pasukan malaikat dangan kereta berapi.
  11. Elisa memerintahkan raja Yoas untuk mengambil tiga anak panah dan memukulkannya ke tanah. Raja Yoas memukulkan tiga kali, maka sebanyak tiga kali juga ia mendapat kemenangan. Bayangkan kalau saja ia memukulkan 100 kali.
  12. Setelah Elisa mati, beberapa orang hendak menguburkan mayat di dalam kubur Elisa. ketika mayat itu bersentuhan dengan tulang Elisa seketika itu juga mayat itu bangkit dan hidup kembali.

 

Komentar

Postingan Populer