“TAHUN AYIN ZAYIN TAHUN PENUAIAN JIWA & TAHUN PEDANG TUHAN SEDANG TURUN!”

“TAHUN AYIN ZAYIN TAHUN PENUAIAN JIWA & TAHUN PEDANG TUHAN SEDANG TURUN!”

Pdt. Ir. Niko Njotorahardjo

 

Mari kita membaca dari Kisah Para Rasul 15:15-18, “Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis: Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, yang telah diketahui dari sejak semula.”
DNA daripada gereja kita adalah Restorasi Pondok Daud.Pada waktu Tuhan memanggil saya untuk menjadi hamba-Nya, Dia memberikan kepada saya tugas khusus pada waktu itu dan sampai hari ini tentunya, “Kamu akan menjadi alat-Ku untuk merestorasi Pondok Daud”.Jadi DNA daripada gereja ini, GBI Jl. Jendral Gatot Subroto adalah Restorasi Pondok Daud.
Tuhan Yesus sendiri yang akan merestorasi Pondok Daud, bukan kita! Kita hanya alat-Nya! Untuk apa Tuhan Yesus merestorasi Pondok Daud? Dikatakan bahwa supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku, berarti Restorasi Pondok Daud dilakukan oleh Tuhan Yesus supaya semua bangsa diselamatkan! Bukan hanya untuk orang Yahudi saja seperti waktu itu, tetapi semua bangsa termasuk Saudara dan saya.Tuhan sendiri yang telah menanam GBI Jl. Jendral Gatot Subroto dan Gereja ini adalah milik-Nya.Supaya gereja ini menjadi penuai-penuai jiwa di akhir zaman, maka Saudara dan saya harus terlibat untuk menjadi penuai-penuai jiwa.
Apa yang dimaksud dengan Pondok Daud?
  • Dalam 25 tahun pertama Tuhan memberikan pengertian bahwa Pondok Daud adalah doa, pujian, penyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam.
  • Memasuki 25 tahun kedua Tuhan tambahkan pengertian Pondok Daud yaitu: Prajurit Tuhan yang gagah perkasa yang mempunyai gaya hidup berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam dan melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini.
Itu sebenarnya berbicara tentang Daud.
Di dalam Alkitab, Daud dikatakan sebagai prajurit yang gagah perkasa dan dia juga adalah seorang pemazmur yang disukai di Israel. Kesenangannya adalah berdoa, memuji, menyembah Tuhan dan dia begitu intim dengan Tuhan. Itulah Daud! Tuhan sendiri berkata, “Aku telah menemukan Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku” (Kisah Para Rasul 13:22). Kehendak Tuhan yang mana sehingga Daud berkenan di hati Tuhan?Alkitab berkata, “Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya” (Kisah Para Rasul 13:36).
Kita juga harus melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini. Apa kehendak Tuhan pada zaman ini? PENTAKOSTA YANG KETIGA! Ini berbicara tentang penuaian jiwa. Penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir akan terjadi sebelum Tuhan Yesus datang untuk kali yang kedua.
Apa yang harus kita persiapkan sebagai penuai-penuai jiwa?
  1. Kita harus menjadi prajurit Tuhan yang gagah perkasa, yang artinya kita akan banyak melakukan peperangan secara rohani dan kita harus keluar sebagai pemenang!
  2. Kita harus hidup dalam penyembahan dan hidup intim dengan Tuhan. Berdoa, memuji, menyembah dalam unity siang dan malam.
Menurut kalender Ibrani, periode tanggal 3 Oktober 2016 s/d 20 September 2017 adalah tahun 5777 yang disebut dengan Tahun Ayin Zayin.

*A Y I N*

Ayin adalah angka 70 yang berbicara tentang sebuah mata, yaitu mata Tuhan dan juga mata kita. Kalau kita membaca dari Mazmur 32:8dan Mazmur 33:18, dikatakan bahwa mata Tuhan itu tertuju kepada orang yang takut akan Dia dan yang berharap kepada kasih setia-Nya. Dia mau menasehati, Dia mau mengajar, Dia mau menuntun apa yang harus kita lakukan ke depan ini. Apakah Saudara mau dituntun dan diajar oleh Tuhan? Ini baru bisa kita pahami kalau mata kita senantiasa tertuju kepada Dia. Kalau mata kita tidak tertuju kepada Dia, maka kita tidak akan bisa memahaminya. Saya percaya, orang yang takut akan Tuhan, yang berharap kepada kasih setia-Nya pasti matanya tertuju kepada Dia.

*Z A Y I N*

Zayin adalah angka 7; yang maknanya adalah:

*I. PEDANG*

Sekarang arti daripada pedang adalah:

*_1. Peperangan Rohani_*

Hari-hari ini kita banyak mengalami peperangan rohani, tetapi Tuhan mau kita keluar sebagai pemenang!
Amsal 24:6 berkata, “Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.”
Kalau kita mau berperang, harus ada perencanaan. Kita tidak akan bisa membuat perencanaan kalau kita tidak tahu siapa musuh kita; tentang kekuatan dan kelemahannya. Setelah itu barulah kita bisa membuat perencanaan. Ayat di atas mengatakan bahwa kemenangan tergantung kepada penasihat yang banyak. Saudara ingatlah! Penasihat kita itu adalah Penasihat Yang Ajaib! Namanya Tuhan Yesus Kristus!
Efesus 6:11-13, “….karena perjuangan(peperangan) kita bukan melawan darah dan daging (artinya bukan saudara kita atau sesama manusia), tetapi melawan Iblis dan antek-anteknya! Ini musuh kita dan saudara harus tahu. Jadi kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis dan kamu keluar sebagai pemenang!”
Saudara, kelebihan dan kekuatan Iblis itu adalah tipu muslihatnya. Kita bisa mengalahkannya jika kita mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah untuk melawan iblis dan kita akan keluar sebagai pemenang!

Dalam menghadapi Peperangan Rohani, kita harus:

_a. Mengenakan SELURUH (bukan sebagian)Perlengkapan Senjata Allah_


Jadi Saudara jangan menguranginya. Kalau tidak mengenakan keseluruhannya, Saudara pasti kalah!
• Berdiri Tegap Artinya, jangan tawar hati.“Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu” (Amsal 24:10) • Berikat Pinggang Kebenaran Artinya, hidup benar sesuai Firman Tuhan. • Berbaju Zirah Keadilan Yaitu, bertindak benar kepada orang lain. Menganggap orang lain lebih daripada kita. • Berkasut Kerelaan untuk Memberitakan Injil Damai Sejahtera
Menginjil itu bukan hanya tugas para Pendeta saja, melainkan juga menjadi tugas Saudara dan saya; di mana saja dalam kehidupan sehari-hari. Menginjil artinya memberitakan tentang Tuhan Yesus. Orang lain dapat melihat Tuhan Yesus dalam kehidupan Saudara, itulah menginjil. Lakukanlah itu setiap hari; baik di tempat kerja, di keluarga (apalagi bila belum segenap keluarga mengenal Tuhan), dan di mana saja kita berada.

• Perisai ImanDengan perisai iman, kita dapat memadamkan semua panah api dari si jahat. • Menerima Ketopong KeselamatanKita harus yakin bahwa kita sudah selamat. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir; di dalam Warta Gereja itu diulang-ulang pelajaran tentang keselamatan. Tujuannya adalah supaya kita tidak diselewengkan oleh pengajaran-pengajaran macam-macam dan kita mengerti dengan benar arti keselamatan. • Pedang RohSaudara lihat, kalau Tuhan Yesus berperang melawan Iblis, Dia selalu berkata, “Ada tertulis…Ada tertulis (lalu disebutkan Firman Tuhan)…” dan Iblis tidak bisa apa-apa. Dia kalah! • Doa dan Permohonan
“Berdoalah setiap waktu di dalam Roh”, ini bisa diartikan berdoa dengan bahasa roh. “Berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,….”
Jadi berdoa di dalam roh setiap waktu, permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.

_b. Membaca Mazmur 91_

Sang Penasihat Ajaib berbicara kepada kita,“Baca Mazmur 91!”. Di situ dengan jelas Tuhan berkata bahwa kalau kita menjadikan Dia pelindungan, sebagai kubu pertahanan dan hati kita melekat kepada Tuhan, barulah kita menang!

Sebab Dia berjanji, “Aku akan meluputkan engkau, membentengi dari sakit-penyakit, panah api dari si jahat, jerat penangkap burung, kedahsyatan malam…”.

Saudara, mungkin setiap kita punya seseorang yang tidak senang dengan kita dan kadang-kadang kita tidak kita sadari, lalu orang itu membuat jebakan-jebakan. Hari-hari ini manusia semakin bertambah jahat. Kita harus benar-benar berhati-hati terhadap jebakan-jebakan atau jerat penangkap burung tadi dan itu hanya bisa jika Tuhan yang melindungi kita, sebab kita sendiri tidak tahu apa dan dimana adanya jebakan itu.

“Kedahsyatan malam” itu berbicara tentang kejahatan-kejahatan, seperti: pembunuhan, pemerkosaan, perampokan dan bermacam-macam lainnya. Dan Tuhan akan melindungi kita asalkan kita:
• Menjadikan Dia tempat perlindungan kita dan kubu pertahanan kita. • Memiliki hati yang terus menerus melekat kepada-Nya.

_c. Mendengarkan Apa Yang Dikatakan Roh_


Dalam Wahyu 2 dan 3, pesan Tuhan Yesus kepada 7 sidang jemaat atau 7 gereja-Nya, itu selalu diakhiri dengan kata-kata, “Barangsiapa bertelinga, hendaklah mendengarkan apa yang dikatakan oleh Roh kepada jemaat-jemaat”.Perhatikan ini benar-benar!

Kadang-kadang ada yang berkata, “Ngomong ini lagi…ini lagi..!”. Hati-hati! Sebab itu adalah Roh Kudus yang sedang berkata kepada jemaat-jemaat. Lakukanlah dalam hidup Saudara; enak ataupun tidak enak. Baru setelah itu, barangsiapa menang, Saudara akan keluar sebagai pemenang dan Saudara akan mendapatkan hadiah!

*_2. Penderitaan, Bencana, Masa-masa yang sukar, Peperangan_*

 

Pada bulan Juli yang lalu, ketika saya bersama dengan adik saya Pdt. Kristina Faraknimella di Korea, tiba-tiba adik saya melihat ada sebuah pedang besar turun! Dia tidak mengerti kalau tahun ini disebut TAHUN PEDANG. Ayin Zayinadalah Tahun Pedang. Dan Tuhan berkata kepadanya, “Aku akan memisahkan antara kambing dan domba!”. Ini berbicara tentang gereja. Hal ini dikonfirmasikan oleh seorang pendoa syafaat lain pada saat kita mengadakan ulang tahun yang ke-28 di SICC, dia melihat satu penglihatan yang sama, yaitu pedang yang besar sedang turun dan Tuhan katakan, “Aku sedang memisahkan antara holy dan unholy!”.

Gereja Tuhan hari-hari ini akan dipisahkan antara kambing dan domba, holy dan unholy.

Dan secara makro, seperti apa yang dikatakan oleh Chuck Pierce bahwa dia melihat Israel ke depan ini akan mengalami masa-masa sulit. Mungkin peperangan dan macam-macam akan terjadi yang mana itu akan berdampak kepada seluruh dunia.

Saudara pegang baik-baik, bahwa hari-hari ini pedang itu berbicara tentang penderitaan, bencana, masa-masa sukar dan peperangan. Ini adalah goncangan! Kita harus tetap berkata,“Tuhan saya tahu, goncangan datang, penderitaan, bencana, masa-masa sukar datang, peperangan, tetapi saya tahu Tuhan tetap beserta saya!”. Amin!

*_3. Murka Tuhan_*


Gereja Tuhan harus menangkap isi hati Tuhan agar tidak terkena murka-Nya. Lakukan setiap kehendak Tuhan, agar kita tidak mengalami hal-hal yang tidak perlu kita alami. Jangan hanya karena kebebalan kita; karena kita tidak mengerti lalu menolaknya maka kita harus mengalami hal seperti itu.

_*4. Keruntuhan*_


_a. Keruntuhan Ekonomi_

 

Pada tanggal 27 September 2016 saya membaca Kompas, disitu dikatakan, “Ekonomi Tiongkok turun, kondisi global terancam!”.Memang ekonomi secara dunia sedang menurun.

_b. Keruntuhan Moral_


Kalau saya melihat moral dari orang-orang yang hidup di akhir zaman ini, rasanya apa yang terjadi di Sodom dan Gomora itu terlalu kecil. Saat ini, kita hanya menunggu saja, sebab kalau kita melihat moral manusia hari-hari ini benar-benar moral Sodom dan Gomora tidak ada apa-apanya.

_c. Keruntuhan Rohani_


Ini adalah kemerosotan dalam pengenalan akan Tuhan. Banyak orang Kristen rajin ke gereja tetapi sebenarnya mereka itu suam-suam kuku. Tuhan Yesus pernah menegor jemaat di Laodikia. Jemaat di Laodikia adalah adalah orang-orang yang kaya. Tetapi Tuhan Yesus berkata, “Kamu ini suam-suam kuku, tidak dingin atau panas, karena kamu sendiri berkata, “Aku kaya, aku sudah memperkaya diriku, aku tidak perlu apa-apa sehingga kamu suam-suam kuku. Dan AKU akan memuntahkan engkau dari mulut-KU!”.

Hari-hari ini semua hal selalu diarahkan kepada hidup sukses, dan hidup sukses dan itu selalu berkaitan dengan uang. Tidak pernah ada seminar yang bertema, “Bagaimana Caranya Meraih Sukses untuk Hidup Kudus”,tetapi selalu tentang: “Bagaimana Meningkatkan Karir Sebagai Bussinessman”,dan lain-lain yang sejenis itu. Semua dipacu ke arah sana sehingga seperti jemaat di Laodikia mereka menjadi suam-suam kuku.

Ingatlah perumpaan tentang seorang penabur. Tuhan Yesus berkata bahwa ada benih yang jatuh di tanah yang banyak semak durinya. Benih itu tumbuh, tetapi pertumbuhannya ini abnormal karena dijepit oleh semak duri. Akibatnya tidak berbuah dan akhirnya mati. Apa yang dimaksud dengan semak duri? Itu berbicara tentang kekuatiran dunia, tipu daya kekayaan, kenikmatan hidup. Ini berbicara tentang uang. Tuhan Yesus berkata, “Akulah pokok anggur yang benar, Bapa-Kulah pengusahanya, setiap ranting yang tidak berbuah dipotong. Kalau yang berbuah dibersihkan supaya lebih banyak buahnya”.Pada waktu dipotong, ranting itu jatuh ke tanah, menjadi kering dan disapu lalu dibawa ke api untuk dibakar! Hati-hati! Saudara yang dikasihi Tuhan, saya berdoa setiap Saudara hatinya adalah tanah yang subur. Ketika Firman dibagikan, itu akan bertumbuh 30, 60, 100 x lipat.

*_5. Musim yang Ekstrim_*


Hari-hari ini kita memasuki musim yang ekstrim. Tuhan mau sikap hati kita kepada Tuhan itu ekstrim. Ektrim yang dimaksud sekarang ini adalah ‘gila-gilaan’.

• Di dalam mengejar Tuhan harus ekstrim.• Berdoa, memuji dan menyembah Tuhan itu harus ekstrim!• Baca Alkitab harus ekstrim!• Mendeklarasikan firman-Nya juga harus ekstrim.• Ketaatan kepada Tuhan harus ekstrim!

Didalam 2 Korintus 13:11b tertulis, “... usahakanlah dirimu supaya sempurna.” Kita tidak bisa menjadi sempurna kalau kita tidak ekstrim, tidak gila-gilaan dengan Tuhan. Tuhan Yesus akan segera datang. Dia hanya akan menjemput mempelai-Nya. Perhatikan baik-baik! Bukan semua orang yang namanya Kristen, hanya mempelai-Nya yang dijemput!

*II. SABAT*

Zayin berbicara tentang Sabat, perhentian, beristirahat, yang artinya kita harus banyak dalam hadirat Tuhan, intim dengan Tuhan dan hidup dipimpin oleh Roh, melakukan hal-hal yang rohani. Itulah yang Tuhan mau kita lakukan hari-hari ini untuk memasuki musim ini.

*III. PENUAIAN*

Huruf Zayin kuno (ז) menggambarkan alat untuk pertanian yang mirip dengan cangkul untuk membajak dan memotong. Huruf Zayinjuga dapat diartikan PENUAIAN. Seorang hamba Tuhan yang bernama Chuck Pierce berbicara tentang Tahun Ayin Zayin sebagai berikut :

• Ini adalah tahun pedang• Ini adalah tahun peperangan• Ini adalah tahun penyembahan• Ini adalah tahun penuaianSaya katakan itu benar dan sama dengan apa yang kita dapatkan tadi itu!

*IV. KAIROS TUHAN UNTUK PENUAIAN JIWA*

Cindy Jacob tanggal 17 Agustus yang lalu ketika berada pada acara “Impact Conference”di Emporium Pluit, Jakarta, dia bernubuat tentang saya sebagai berikut:

“Ini adalah waktu penuaian…ini adalah waktu penuaian! Ini adalah waktu menuai bangsa-bangsa. Dan pesan mengenai Pondok Daud itu akan membuka penuaian di bangsa-bangsa!”.Dan memang tahun 5777 berbicara mengenai waktu atau Kairos Tuhan untuk penuaian jiwa. Haleluya!

*V. ZAYIN (7) ADALAH ANGKA 6 (VAV) YANG DIBERI MAHKOTA*

Naskah klasik dari huruf Zayin digambarkan dengan huruf Vav atau angka 6 yang diberi mahkota di atasnya.

Jadi angka Vav (6) itu adalah angka manusia, artinya manusia yang diberi mahkota. Siapakah Dia? TUHAN YESUS! Di masa penuaian ini, Nama Tuhan Yesus sebagai Raja di atas segala raja, Raja Damai itu akan banyak diperkatakan. Kalau kita mau diberi mahkota, kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup!

Tahun Ayin Zayin adalah tahun penuaian jiwa, tahun di mana pedang Tuhan turun dan bagian kita adalah melakukan peperangan rohani. Kita harus keluar sebagai pemenang! Sikap hati kita kepada Tuhan harus ekstrim di mana kita harus lebih banyak di dalam hadirat Tuhan, kita hidup intim dengan Tuhan. Kita percaya, kalau kita lakukan ini semua, Tuhan Yesus akan menganugerahkan mahkota kepada kita.

Komentar

Postingan Populer