Saat 6 Materai Dibuka


Saat 6 Materai Dibuka
Ev. Iin Tjipto Wenas


Bahan Renungan : Wahyu 6 : 1 – 17

Kita tahu bahwa Kitab Wahyu ditulis oleh Yohanes, Yohanes menerima penglihatan dan menulis penglihatan yang dia lihat. Sekarang kita menghidupi penglihatan yang Yohanes terima.

Saat ini kita akan belajar mengenai 6 materai yang sedang Tuhan bukakan yang ada di kitab wahyu yaitu :

1. Kuda Putih

Kuda Putih berarti kebenaran diri sendiri, kesombongan, memegang prinsip diri sendiri. Banyak diantara orang Kristen yang kehilangan panggilan Tuhan karena memegang kebenaran diri sendiri.

Saya mempunyai pengalaman ketika saya akan berangkat pelayanan ke Surabaya, biasanya saya berangkat pada hari dimana saya akan melayani. Saya tadinya akan berangkat menggunakan pesawat jam 8 pagi, ketika berdoa Roh Kudus berkata kamu berangkat dengan pesawat paling pagi jam 5.30, jika saya berpegang pada kebenaran diri sendiri maka saya akan tetap berangkat jam 8 pagi. Perjalanan ke Surabaya dengan menggunakan pesawat hanya satu jam dari Jakarta. Kemudian saya taat kepada Roh Kudus, saya beli tiket pesawat yang jam 5.30. Ketika saya sudah mendarat di Surabaya saya mendengar kabar bahwa pesawat yang berangkat jam 8 pagi terkena delay selama 5 jam, jika saya tidak nurut sama Roh Kudus maka saya tidak bisa pelayanan di Surabaya.

Ketika saya akan membuka sekolah, saya membuka lowongan kerja sebagai guru untuk di sekolah, ketika ada orang – orang yang mendaftar dan melakukan proses wawancara, saya bertanya kepada Roh Kudus siapa yang harus di terima untuk menjadi guru di sekolah saya. Jika saya memegang kebenaran saya sendiri maka saya akan menerima guru – guru yang bereputasi baik, namun Roh Kudus berkata bahwa saya harus mengambil dan menerima guru yang bermasalah, ada 3 orang guru dengan latar belakang pernah berjinah, memukul orang dan menggelapkan uang. Secara manusia saya tidak mau menerima namun Tuhan berkata terima dan beri kesempatan. Dengan keputusan saya ini banyak orang tua murid protes, akhirnya setelah diterima guru ini berubah dan mengikuti apa yang Tuhan mau. Saya menarik pelajaran bahwa kita harus mengikuti kebenaran Tuhan bukan apa yang kita mau dan logika kita.




2. Kuda Merah Padam

Kuda Merah Padam berarti perpecahan, kemarahan begitu nyata diantara kita di bangsa Indonesia. Kita melihat bahwa Negara Indonesia sedang berada didalam perpecahan. Kita melihat di media massa banyak terjadi perceraian, ini dikarenakan perpecahan.

Ada banyak gereja dan yayasan Kristen terpecah karena ada perpecahan didalamnya. Untuk menghadapi perpecahan kita harus menghadapinya dengan kerendahan hati dan damai sejahtera.

Kita menghadapi kemarahan dengan penguasaan diri, kita menghadapi rasa tersinggung dengan kerendahan hati.

3. Kuda Hitam

Kuda Hitam berbicara mengenai sesuatu yang mencuri berkat Tuhan. Dalam Wahyu 6 : 6 berkata secupak gandum sedinar ini berbicara mengenai kelaparan, harga kebutuhan pokok kita mahal sekali. 

Sekarang banyak anak  Tuhan yang berkatnya dicuri oleh kuasa kegelapan, ada banyak gereja yang berkatnya dicuri.

Ketika saya sedang melayani di sebuah gereja, saya mendengar percakapan majelis jemaat dari gereja tersebut, ada seorang majelis jemaat yang mempunyai kerinduan untuk mengadakan suatu KKR dengan biaya 10 juta, seorang majelis jemaat yang lain berkata kita tidak usah mengadakan KKR karena saat ini kita sedang resesi bagaimana untuk mengumpulkan dananya.

Iblis mencuri berkat kita dengan kekuatiran, mencuri dengan kenyamanan. Namun ada dua hal yang tidak dirusakkan yaitu :
1. MINYAK
Minyak berbicara mengenai pengurapan, setiap orang yang mau melayani Tuhan harus di urapi. Pengurapan sama dengan perlindungan dari Tuhan. Seringkali kita kuatir akan kebutuhan kita dan kita focus pada kebutuhan materi kita. Kita harus dikuduskan oleh Tuhan melalui pengurapan ini maka Tuhan menyediakan semua kebutuhan kita.

2. ANGGUR
Anggur lambing gelora, gairah,  cinta, memabukkan. Ketika saya sedang menyembah Tuhan di sekolah di lantai 5, saya merasakan Tuhan hadir dan Dia berkata bangun poliklinik, panti asuhan dan tempat – tempat untuk jiwa – jiwa dituai bagi Kristus. Tuhan katakan jalan sebab yang terbaik dan terbesar belum datang. Kemudian ketika saya mampir ke tempat teman saya yang berjualan bunga, saya melihat ada mawar biru, saya baru melihat kembali di Indonesia, karena saya sudah lama melihat ketika saya ada di Belanda. Teman saya ini berkata dia sengaja pesan bunga mawar biru sebanyak 20 tangkai, mawar ini cuma ada di Belanda , Equador dan Jepang. Harga mawar biru ini sangatlah mahal.

Jika saudara mencintai Tuhan dengan sungguh – sungguh maka Tuhan akan mencintai saudara dengan spektakuler.

4. Kuda Hijau

Kuda Hijau ini melambangkan Maut. Maut ada dimana – mana. Jika saudara perhatikan Indonesia sedang dikelilingi oleh roh maut, kita melihat tsunami terjadi di Aceh, ada banjir dimana – mana tempat, Gempa Bumi Di Yogya.

Kita harus berlomba – lomba dengan iblis, jika iblis menuai jiwa sebanyak ratusan ribu karena tsunami, kita harus menuai jiwa – jiwa bagi Tuhan Yesus.

5. Waktu dimana iblis dibiarkan membunuh dan menyiksa anak – anak Tuhan.
Kita melihat kerusuhan Mei 1998.

6. Gempa Bumi, Matahari Menjadi Hitam dan Bulan Menjadi Darah.

By His Grace

Joshua 

Komentar

Postingan Populer