Peresmian Kebun Anggur 24 January 2016

Peresmian Kebun Anggur
Minggu, 24 January 2016
Pastor Robert Lie


By: Ps. Robert LIe

Tanggal 26 January adalah hari peresmian kebun anggur, perjamuan semeja dengan Tuhan.

1 Raja-Raja 21:1-4
1: Sesudah itu terjadilah hal yang berikut. Nabot, orang Yizreel, mempunyai kebun anggur di Yizreel,di samping istana Ahab, raja Samaria.
2: Berkatalah Ahab kepada Nabot: "Berikanlah kepadaku kebun anggurmu itu, supaya kujadikan kebun sayur, sebab letaknya dekat rumahku. Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur yang lebih baik dari pada itu sebagai gantinya, atau jikalau engkau lebih suka, aku akan membayar harganya kepadamu dengan uang."
3: Jawab Nabot kepada Ahab: "Kiranya TUHAN menghindarkan aku dari pada memberikan milik pusaka nenek moyangku kepadamu!"
4: Lalu masuklah Ahab ke dalam istananya dengan kesal hati dan gusar karena perkataan yang dikatakan Nabot, orang Yizreel itu, kepadanya: "Tidak  akan kuberikan kepadamu milik pusaka nenek moyangku." Maka berbaringlah ia di tempat tidurnya dan menelungkupkan mukanya dan tidak mau makan.

Ada berkat yang ajaib dari kebun anggur, yaitu anggur itu sendiri. Untuk menerima anggur yang baru, harus punya kirbat yang baru. Anggur yang baru ini adalah anggur yang berasal dari fermentasi di surga, memiliki dunamos, seperti volcano ready to blow. Untuk mendapat kirbat yang baru harus dengan cara hidup yang baru, pola pikir yang baru, hati yang baru.

Kebun anggur Nabot. Ada beberapa poin yang bisa diambil mengenai kebun anggur Nabot:

1. Setan mau merebut kebun anggur kita, karena setan tidak suka. Setan mau menarik kita ke hal-hal yang duniawi, dan ketika engkau tidak menang dari hal-hal duniawi, engkau tidak akan bisa mendapatkan berkat kebun anggur.

2. Ada berkat luar biasa yang akan kita terima dari kebun anggur
A. Buah anggur itu sendiri
Buah anggur ini berbicara mengenai banyak hal:
- Kuasa dan lawatan Roh Kudus

- Urapan yang baru. Tuhan beri kemenangan bukan bagi semua orang Kristen, tapi bagi orang yang diurapi. Ada 3 jenis orang mengenai pengurapan, ada yang anti pengurapan seperti Goliat, ada yang mantan diurapi seperti Saul, dan ada yang diurapi Tuhan seperti Daud. Orang yang anti pengurapan akan selalu mengejar dan ingin
I'm membunuh orang yang diurapi. Ada yang merasa senior, orang paling hebat, banyak yang bangga dengan masa lalu, tapi pertanyaannya sekarang bagaimana, akhirnya bagaimana. Pengurapan Tuhan akan membuatmu berkemenangan.

- Kelimpahan yang ajaib
 Kalau engkau diberkati semakin ajaib, jangan memandang rendah orang yang belum diberkati, dan gaya hidupmu jangan berubah, jangan sombong.

- Sukacita
Sukacita ini adalah sukacita yang tidak bisa dibeli dengan apapun. The joy of the Lord is my strength. Sukacita adalah obat.

B. Persediaan anggur yang tidak pernah habis
Kalau engkau hanya membeli anggur, itu akan habis, tapi ketika engkau punya kebun anggur, engkau akan mendapatkan hasil dari kebun anggur itu sendiri, ada persediaan anggur tanpa batas selama kebun itu tidak mati. Ini sumber berkat yng kan terus mengalir dan tidak akan putus.

3. Setan gunakan Izebel untuk mengambil kebun anggur Nabot
Izebel menggunakan tipu daya, fitnah kepada Nabot hingga Nabot mati, dan Izebel ambil kebun anggur itu dan memberikannya kepada Ahab. Beberapa orang ada yang mungkin tidak membunuh orang secara fisik, tapi ketika engkau memfitnah, menjelekkan orang, itu membunuh karakternya, membunuh orang secara tidak langsung.

Hati-hati dengan Roh Izebel yang mencoba merebut kebun anggur dari hidupmu, yaitu ada yang memfitnah kita. Apapun yang terjadi, jangan lepaskan warisanmu.

1 Raja-Raja 21:2
2: Berkatalah Ahab kepada Nabot: "Berikanlah kepadaku kebun anggurmu itu, supaya kujadikan kebun sayur, sebab letaknya dekat rumahku. Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur yang lebih baik dari pada itu sebagai gantinya, atau jikalau engkau lebih suka, aku akan membayar harganya kepadamu dengan uang."

Kebun anggur mau diubah Ahab menjadi kebun sayur. Itu sebenarnya kedagingan, kenapa? Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai anggur, dan itu ditukar hanya dengan makanan (sayur-sayuran). Sayur adalah makanan binatang.

Kejadian 1:30
30: Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.

Di zaman dulu, manusia di Taman Eden adalah buah yang dipetik langsung dari pohonnya, tidak makan daging atau sayur. Tuhan memberi segala tumbuh-tumbuhan hijau kepada binatang. Ahab menukar semua yang terbaik yang sudah ada di dalam kebun anggur menjadi kebun sayur.

Kejadian 3:18
18: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;

Setelah manusia jatuh dalam dosa, Adam dan Hawa diusir dari Taman Eden, baru mereka makan tumbuh-tumbuhan hijau. Jangan salahkan Tuhan kalau engkau masuk rumah sakit karena kolestrol dll, yang salah karena mulutmu seringkali rakus.

Ahab rakus, iri, ingin berkat yang dimiliki orang lain. Semua ada porsi masing-masing, yang penting setia.

4. Jangan lepaskan warisan Tuhan dalam hidup kita

1 Raja-Raja 21:3
3: Jawab Nabot kepada Ahab: "Kiranya TUHAN menghindarkan aku dari pada memberikan milik pusaka nenek moyangku kepadamu!"

Di Israel, siapapun yang jadi raja, kalau dia minta istrimu pun engkau harus memberikannya, tapi ketika itu Nabot menolak dan Ahab menjadi sedih. Jangan pernah lepaskan apa yang Tuhan percayakan di tangan kita sekalipun harus mempertaruhkan nyawa. Ketika Esau menjual hak kesulungan pada Yakub, itu sangat berpengaruh pada hidup Esau. Ketika Esau meminta berkat dari Ishak, dia tidak mendapatkannya karena semua sudah diberikan kepada Yakub. Ada yang menjual keselamatan, menjual Yesus demi pacar, suami, uang, dll. Semua warisan yang Tuhan beri dalam hidup kita itu tidak bisa dinilai dengan uang.

Tanggal 26 ini Tuhan mau membagi warisan. 2+6=8, artinya new beginning.

Yosua 21
Semua kota yang diberikan kepada orang Lewi adalah kota yang ajaib. Tuhan mau memberikan warisan kepada kita semua. Kebun anggur ini tidak akan menunggu musim untuk berbuah, tapi setiap bulan akan berbuah. Tuhan mau berkati engkau secara ajaib!

Komentar

Postingan Populer