Kelimpahan



Kelimpahan
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Hasil gambar untuk Kelimpahan
Tuhan akan membawa kita memasuki Level yang kelima yaitu : Kelimpahan. Ini merupakan titik yang sebagian orang Kristen sampai kapan pun akan kesulitan untuk masuk ke level ini. Tetapi kenyataannya begitu anda masuk ke level ini, maka tantangannya jauh lebih berat dibandingkan dengan level-level yang lain.

Level kelima ini merupakan impian dari banyak orang kristen, walaupun dalam kenyataannya untuk membawa orang kristen sampai ke level kelimpahan itu sulitnya luar biasa. Sepanjang yang saya pahami di Alkitab terutama dalam Perjanjian Lama, hanya satu orang yang benar-benar lolos di level ini. Tetapi ini merupakan impian begitu banyak orang kristen. Apa itu ? Itu adalah Level Yang Ke Lima Yaitu Kelimpahan.

22:28 Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama dengan Aku 1  dalam segala pencobaan yang Aku alami. 22:29 Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan l  bagi kamu 2 , sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku, 22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku m  dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. n (Lukas 22:28-30)

Jadi didalam level yang ke empat yaitu Level Pelayanan dan Usaha itu sebenarnya jenis pelayanannya tidak seperti yang seringkali anda dan saya lihat. Ini bukan ministry yang di gereja yang mengikuti alur-alur yang biasanya ditempuh oleh orang. Tetapi ini merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan Jalan Salib dalam kehidupan kita. Ini merupakan pelayanan yang salah dimengerti orang. Ini adalah pelayanan yang tidak disukai oleh mayoritas orang kristen. Ini pelayanan yang sungguh-sungguh hanya mempedulikan perasaan, hati dan kehendak Tuhan dan melepaskan semua kenyamanan.

Tuhan berkata : “Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama Aku dalam segala pencobaan yang Aku alami.” Karena kita tahan dengan itu, maka ayat yang ke-29 berkata : “Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti BapaKu menentukannya bagiKu.” Jadi oleh karena kita melewati semua pencobaan, penderitaaan, kesusahan yang dialami oleh Yesus juga, maka Tuhan mengatakan sebagai upahnya kita akan mendapatkan hak-hak kerajaan. Level yang ke lima itu adalah Level Kelimpahan.

Saya masih ingat mimpi saya beberapa waktu lalu. Pada waktu itu saya sedang mengendarai mobil, dan mobil saya melewati jalan raya yang terbagi dua. Di bagian sebelah kiri adalah jalan yang arahnya naik ke atas. Di bagian sebelah kanan merupakan jalan yang arahnya turun, yaitu dari atas turun ke bawah. Yang mencoba untuk naik itu luar biasa banyaknya. Seperti Jakarta jika macet, maka semuanya akan padat merayap, merambat dan itu mobil penuh sekali karena semua orang ingin naik sampai ke puncak. Tetapi di bagian jalan yang turun, kecepatannya luar biasa. Cepatnya seperti roket, cepat sekali dan jika anda menyeberang akan bahaya sekali.

Pada waktu itu saya tidak berada dibarisan depan. Saya mengerti bahwa mungkin saya ada dibarisan nomor dua atau nomor tiga, sedangkan didepan saya ada mobil-mobil lain. Beberapa saat saya lihat wajahnya dan lalu saya mengerti siapa orangnya. Tiba-tiba beberapa mobil didepan saya mendadak berhenti, akibatnya itu menutup semua jalan. Lalu kemudian yang bagian samping kanan kiri saya dan belakang saya yang begitu banyak, juga langsung berhenti.

Dalam mimpi itu saya bingung dan berkata : “Ini ada apa, apa jalannya ditutup atau ada kecelakaan atau ada pohon tumbang atau ada apa ?” Lalu saya keluar dari mobil saya, badan saya keluar dan saya melihat, ternyata tidak ada apa-apa. Yang saya lihat adalah masing-masing orang mengendarai mobilnya itu lagi membuka akan tutup mesinnya. Dan saya melihat beberapa mobil ada yang mengeluarkan asap dari mesinnya, beberapa orang benar-benar mencoba memperbaikinya.

Ternyata pada waktu naik, setiap mobil itu mendadak berhenti dan rusak mesinnya, akhirnya mogok. Mesin mobil saya masih oke, artinya tidak mogok dan juga tidak rusak, bisa berjalan dengan normal. Tetapi saya tidak bisa bergerak karena di samping kanan ada mobil juga berhenti, samping kiri juga berhenti, depan dan belakang ikut berhenti, itu menjadi penyebab kemacetan yang luar biasa. 

Dalam Hati Saya berkata : “Bagaimana saya harus menunggu mobil derek datang, lalu kemudian ditarik satu persatu sehingga saya bisa jalan lagi.” Pada waktu itu seakan-akan tidak ada pertolongan dan tidak pernah jelas selesai sampai kapan hal itu akan selesai. Secara tiba-tiba mendadak mobil saya pindah dan pindahnya ke jalur yang turun tetapi arahnya naik. Anda mengerti yang saya maksudkan bukan ? Jadi jalur sebelah kanan yang seharusnya untuk tempat mobil turun, mobil saya justru kesebelah situ dan dipinggir tetapi arahnya naik.

Kemudian saya bingung dan saya tidak mau turun sebab saya ingin naik. Tetapi jalan itu jalan untuk turun dan mobil yang turun itu cepatnya luar biasa. Dalam pikiran saya berkata : “Ketika saya kendarai naik, pasti akan tabrakan.” Dan ini bisa sangat mengerikan. Tetapi saya melihat juga ujung sebelah sana macet total dan semua orang keluar dari mobilnya untuk memeriksa keadaannya dan belum ada satupun yang kembali bergerak. Tiba-tiba dalam keadaan bingung itu, karena ini bertentangan dan berbeda arus dengan yang orang lakukan, tiba-tiba Tuhan Yesus muncul disamping saya.

Saya ingat gayaNya, tangan yang sebelah kanan itu merangkul kursi tempat saya duduk dimobil itu dan dengan santai Dia berkata : “Terus,...... !” jadi saya jalan dan sebenarnya saya jalan dengan keraguan karena itu benar-benar melawan arus. Saya melihat orang-orang dibelakang saya, saya melihat teman-teman saya mereka berteriak-teriak memanggil nama saya dan berkata : “Kamu Mati !” Hancur kamu jika caranya seperti ini ! Itu tidak bisa ! Kamu Salah ! Jika semua berteriak harus balik, anda jadi ragu atau tidak ? Ragu Bukan ? Hati saya menjadi goyah dan untuk kedua kalinya Tuhan berkata : “Terus,....” pada waktu dua kali Tuhan berkata seperti itu saya langsung tancap gas dan dengan setengah mata tertutup, saya tancap gas.

Yang paling aneh ketika sampai diperempatan, tiba-tiba semua seperti berhenti.  Tidak ada mobil yang dari atas, yang dari bawah menuju atas juga tidak ada yang bergerak, saya sendirian diperempatan dan Tuhan muncul didepan saua. Tuhan membawa satu topi yang jelek dan lapuk, buruk sekali. Tuhan berkata begini : “Topi ini orang yang pernah memakainya sudah tidak bisa digunakan dan dipakai lagi.”

Lalu Tuhan membuang topi itu dengan cara melempar dan tiba-tiba topi itu lenyap, secara tiba-tiba juga muncul topi yang baru. Lalu Tuhan berkata : “Aku memberikan kamu topi yang baru. Naik terus nak,....terus kamu sampai.”

Pada waktu saya berhenti diperempatan itu saya berkata : “Tuhan,...kok tidak ada orang yang menabrak mobil saya ? Kok semua menyingkir ketika saya lewat ?”

Lalu Tuhan berkata : “Lihat,...” Dan saya melihat diatas itu ternyata mobil saya diganti, diberi sebuah sirine dan ini berarti mobil petugas. Jika petugas bolehkan ? Larangan masuk pun disikat bukan ? Karena dia petugas. Anda mengerti bedanya bukan ?

Kemudian saya terbangun. Ketika saya terbangun saya berdoa begini : “Tuhan apa arti mimpi itu ?” Dan Tuhan berkata : “Nak ada bagian didalam hidupmu yang orang berkata itu menentang arus. Orang akan berteriak berkata : “Balik !” Kamu akan hancur jika tidak balik ! lagi Tuhan berkata : “Jika Aku berkata : “terus....maka terus nak.”

Bagi saya ini merupakan pemahaman yang berbeda tentang apa yang orang katakan mengenai kebenaran. Dan Tuhan berkata : “Selama Aku berkata : Terus....kamu terus nak, maka kamu akan sampai. Jika kamu ikut suara-suara itu kamu akan macet bersama-sama dengan mereka dan tidak akan mencapai tujuan. Kamu ikut mengalami semua pencobaan yang Aku alami. Dan oleh karena kamu rela, kamu mau melakukan apapun mengikuti Aku, apapun yang Aku perintahkan, kemanapun engkau ikuti dan engkau mau, maka Aku berkata ; “Aku memberikan kepadamu Hak-Hak Kerajaan.”
Di level ke empat jebakan yang sebenarnya itu mengerikan. Di level empat itu membawa keletihan dalam hidup kita. Jiwa kita bisa letih jika tidak hati-hati. Oleh sebab itu anda harus mengikuti dengan persis apa yang Tuhan mau, karena ini pekerjaan-pekerjaan benar-benar menghabiskan energi kita secara luar biasa. Jika kita mau melakukan dalam ketepatan Tuhan, berani menurut Tuhan sampai seperti itu, maka anda akan lewat di masa itu dan anda akan tiba dilevel yang ke lima.

Secara Bangsa dan Gereja di Indonesia, saya melihat sudah ada yang akan Tuhan siapkan untuk masuk ke level yang ke lima. Di level yang ke lima ini apa yang dilihat ?  Ini level dimana jalan tempat kita lewat itu ada emas yang berserakan, berlian dimana-mana, kekayaan begitu melimpah dan tidak terbatas. Sudah tidak ada lagi namanya doa puasa untuk meminta dana, yang ada doa puasa untuk meminta pimpinan Tuhan untuk bagaimana cara memakainya.
 Hasil gambar untuk Kelimpahan
Tidak ada lagi orang berkata dan berteriak : “Tuhan berkati pembangunan yang macet ini...” Namun yang ada hanya : “Tuhan jagai hatiku supaya aku ini tetap berada dalam kendali Roh Kudus.” Doanya sudah berbeda. Anda ingin menikmati hidup seperti itu bukan, saya juga ingin menikmatinya.

Dilevel itu anda akan membangun apapun, apapun anda berkata : “Ya dan tidak !”itu pasti jadi. Dan ini belum kita cicipi. Tetapi saya percaya ini segera kita alami jadi kenyataan. Kata-kata “Segera dan Amin” kita ubah menjadi “Sekarang dan Amin” Jika segera itu 20 tahun ya segera terus.

Level ini yang orang suka sekali tetapi sangat berbahaya sebab 90 persen gila disini. Ada beberapa orang yang memasuki level Kelimpahan ini hidupnya akan sembarangan, ada yang kawin lagi, ketika bertemu pendeta akan mengatur sesuka hatinya. Tentu anda sudah melihat seperti itu bukan padahal belum sampai level lima.

Begitu seseorang masuk ke level itu, dia harus sadar bahwa itu juga bukan tujuan akhir. Masih ada level satu tingkat lagi yang harus dia masuki, dan ternyata tingkatan itu luar biasa. Anda mengerti tentang tingkatan itu ? Di tingkat yang ke enam ini tidak berarti anda hidup melarat dan miskin lagi, tetapi apa yang anda pegang dalam hidup anda, sudah tidak mengikat hati anda lagi, itu sudah tidak ada. Sebab anda akan berkata : “Wah ini buat apa ?” Tetapi jika keinginan anda masih banyak, itu tidak bisa dan pasti akan berhenti, akhirnya akan menjadi gila atau gila-gilaan.

Sebab itu yang lolos dibagian level ini hanya 10 persen. Dalam Perjanjian Lama hampir semua raja diakhir hidupnya jatuh semua kecuali Daud. Ini sangat berbahaya sebab yang lolos hanya sedikit sekali.

Sebenarnya kekayaan, kekuasaan yang nyaris tak terbatas itu benar-benar bisa membuat orang gila. Jika kita bisa melewati hal tersebut, anda akan aman sekali. Amin.

Jatiwangi, 27 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan S

Komentar

Postingan Populer