JANJI

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG

15 MEI 2016

Jurnalis : Bobby Hartanto

By: Ps. Robert Lie


Ketika engkau mau serius dengan Tuhan, Tuhan akan berikan kekuatan. Tuhan berkata tentang "janji" untuk hari ini. Kalau Tuhan berjanji, Dia pasti akan tepati. 30 April waktu itu ada mimpi mengenai revival. Hari-hari ini Tuhan beri berkat raja-raja, tapi sikap hati harus hamba. Dia itu Tuhan, Dia bisa lakukan apa yang Tuhan mau. Kalau Tuhan beri berkat dan Tuhan katakan untuk sesuatu, ya gunakan itu sesuai dengan yang Tuhan katakan, jangan dipakai untuk yang lain sekalipun engkau butuh. Jangan remehkan sesuatu yang Tuhan suruh, hal yang profetik yang disuruh Tuhan. Akan ada manfaat dari iman yang engkau lakukan dengan tindakan profetik. Orang yang percaya dan sejalan dengan pemimpinmu, engkau akan juga diberkati secara ajaib. Tuhan mau buat terobosan-terobosan Ilahi dan janji-janji Tuhan digenapi dalam hidup kita.

Bagaimana mungkin engkau menuntut janji Tuhan digenapi dalam hidupmu tapi engkau tidak pernah menggenapi janjimu kepada Tuhan? Mungkin ada yang berkata mana janji Tuhan, kok belum diberkati, dll, tapi harusnya engkau cek dirimu, apakah engkau sudah menggenapi janjimu kepada Tuhan? Harusnya engkau jangan hanya berjanji, tapi engkau harus melakukan yang engkau janjikan. Jangan fokus dengan janji Tuhan, karena Dia itu Tuhan, Dia tidak pernah lupa akan janjiNya, tapi fokus kepada janji yang pernah engkau buat kepada Tuhan. Catat apa yang jadi janjimu kepada Tuhan dan lakukan itu. Banyak yang hanya dengar khotbah, altar call, nangis, bertobat, buat janji, tapi ketika keluar dari gereja, mereka sudah lupa apa yang dia katakan.

1. Arti Janji

Ada 3:
- Ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat.
Jangan engkau berjanji kalau engkau tidak bersedia dan tidak sanggup untuk melakukannya. Ketika seseorang membatalkan sepihak janji yang dibuat, sebenarnya pihak tersebut akan terkena pinalti, tapi Tuhan tidak pernah memberi pinalti padamu, Dia hanya pending janji itu sampai engkau benar-benar menggenapi janjimu kepada Tuhan. Kalau engkau mau berjanji, engkau harus berpikir, karena itu menyatakan engkau bersedia dan engkau sungguh-sungguh menyanggupkan dirimu untuk melakukan apa yang engkau katakan.

- Persetujuan antara 2 pihak yang masing-masing menyatakan sanggup untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu. 2 pihak melakukan kesepakatan.
Banyak orang Kristen melanggar janjinya kepada Tuhan, karena itu hidupnya ya seperti itu terus. Kalau engkau menggepqi semua janji Tuhan, maka Tuhan akan limpahkan janjiNya dalam hidupmu.

Keluaran 1:11
11: Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses.

Berkat 1000 kali lipat. Sungguh-sungguh lakukan apa yang engkau janjikan kepada Tuhan. Ketika engkau ingkar janji, engkau tidak berhak terima janji Tuhan, karena engkau itu seperti pembohong di mata Tuhan. Untungnya Tuhan itu baik, panjang sabar dan bermurah hati, Dia masih mau menunggu kita. Harusnya engkau malu kalau engkau minta janji Tuhan sedangkan engkau sendiri tidak pernah menepati janjimu kepada Tuhan. Di Alkitab banyak ribuan janji Tuhan untuk hidup kita, tapi kenapa kita seringkali tidak mengalami? Karena kita hanya mengumbar janji tapi tidak ditepati.

- Syarat / ketentuan yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak


2. Bagaimana janji Tuhan dengan kita?

Mazmur 12:6
6: janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah.

Engkau itu tidak perlu ragu lagi akan janji Tuhan dalam hidup kita. Kalau kita belum mengalami janji Tuhan, introspeksi diri apakah engkau menggenapi janjimu pada Tuhan.


3. Bagaimana janji kita kepada Tuhan?

Seringkali kita hanya berjanji di mulut tapi tidak sungguh-sungguh mau melakukannya. Kita seringkali hanya berjanji karena emosi. Jangan terlalu cepat mengucap janji, tapi bukan berarti engkau tidak boleh berjanji, karena ketika engkau berjanji, engkau itu akan memacu dirimu dan menjadi motivasi untuk engkau melakukan dan menggenapi janjimu. Jangan gampang berjanji tapi jangan takut juga untuk berjanji. Jangan sedikit-sedikit marah kepada Tuhan, klaim janji kepada Tuhan. Kalau engkau mendengar Firman Tuhan dan melakukannya dengan setia, Tuhan yang akan angkat engkau dll. Tapi bagianmu adalah mendengar dan melakukan dengan setia. Seperti kesepakatan jual beli, ketika engkau belum bayar DP, belum bayar booking fee, tapi engkau klaim rumah tersebut, ya tidak bisa, yang salah karena engkau belum bayar DP. Sama seperti kita kepada Tuhan, seringkali kita belum bayar, tapi justru kita sering mengklaim janjiNya terlebih dahulu.

Berkat yang sudah alamatnya jangan engkau pakai, karena itu mencuri. Kalau engkau selalu tepati janjimu kepada Tuhan, Tuhan juga akan tepati janjiNya kepada kita, engkau akan diberkati dan melalui hidupmu, engkau akan menjadi berkat dan orang akan banyak diberkati.


4. Perbarui janji kita kepada Tuhan

Janjii apa yang harus kita perbarui?
- Janji untuk memiliki hati yang suci dan murni.
Amsal 4:23 23: Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Matius 5:8 8: Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Kalau engkau punya hati yang bersih, engkau akan mengalami Tuhan secara pribadi., engkau akan ketemu Tuhan. Apa yang membuat hati kita tidak suci / murni?
* Iri hati
Kalau engkau iri hati, maka Tuhan akan pindahkan berkatmu kepada orang yang engkau irikan. Contoh, Saul iri kepada Daud, dan akhirnya berkatnya Saul, jabatan raja yang ada padanya dipindahkan ke Daud. Iri hati membuat hatimu terkontaminasi, tercemar.
* Dosa dan menuruti kedagingan
* Kepahitan, kecewa, sakit hati
Sakit hati adalah penyakit kanker stadium 4 dalam tubuh rohanimu, cepat atau lambat akan mati. Jangan kepahitan, kecewa, sakit hati apapun alasannya sekalipun.
* Mementingkan diri sendiri, serakah
Kerja apapun boleh, jangan serakah. Jual barang boleh untung banyak, tapi jangan bohong atau serakah. Kalau beli barang juga jangan egois, jangan ditawar sampai habis habis apalagi dengan keluargamu sendiri.
* Motivasi yang negatif, curigaan

Yehezkiel 36:26 26: Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

- Janji setia dan taat kepada Tuhan
Arti taat dan setia, artinya engkau hidup sesuai Firman, jangan berubah. Kalau engkau setia, engkau itu akan dibawa terbang tinggi. Kalau engkau tidak berubah, engkau itu akan terus dibawa naik dan tidak turun.

- Janji sungguh-sungguh mencari Tuhan
Masuk dalam kedalaman, melekat dengan Tuhan, baca Alkitab dan berdoa setiap hari. 

- Janji saling mengasihi di antara sesama dan jaga unity di gereja
Kompak, sehati, sepakat, jangan saling menjelekkan, tidak boleh saling kepahitan dan kecewa satu sama lain. Harus merangkul satu sama lain, bukan membuat kelompok sendiri. Jangan membenci keluargamu sendiri. Membenci musuh saja tidak boleh apalagi membenci keluargamu sendiri. Siapapun yang join di keluaga IFGF ini, ya kita satu keluarga. Engkau mungkin punya masalah di luar, di pekerjaan, di jualan, tapi jangan libatkan gereja, engkau harus saling mengampuni. Banyak gereja yang tidak mengalami revival karena tidak kompak, tidak unity, saling menjelekkan dll. Ketika engkau tidak sepakat, tidak akan ada berkat. 

- Janji untuk menjadi saksi Kristus yang efektif
Punya kehidupan dan karakter Kristus. Orang yang bersaksi belum tentu jadi saksi, tapi ketika engkau menjadi saksi, tanpa bersaksi pun dia sudah menjadi saksi. My life is my message. Harusnya ketika orang lain melihat hidupmu, orang itu diberkati, melihat kalau Tuhan nyata dalam hidupmu.

- Janji untuk tetap hidup dalam kerendahan hati
Kendahan hati adalah kunci untuk engkau mengalami terobosan
Apa arti kerendahan hati?
* Rela menghadapi hinaan tapi tidak marah
* Rela untuk tidak dikenal
Jangan terlalu cepat bereaksi. Jangan cepat marah. Sekalipun fasilitas raja, tapi hatimu harus hati hamba, tidak boleh sombong. Kerendahan hati itu sangat penting. Belajar terus rendah hati. Kalau engkau terus rendah hati, Tuhan yang akan bawa engkau tinggi.

- Janji untuk melayani dan menyelesaikan mandat Tuhan sampai akhir hayat
Yosua berkata kepada bangsa Israel untuk memutuskan menyembah allah siapa, tapi Yosua dan keluarganya akan menyembah Allah Israel, "we will worship / serve You", aku dan keluargaku akan melayani Tuhan seumur hidup.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -
- THE GREAT JUBILEE FOR ALL NATIONS -
- THE GREAT AWAKENING IN ALL NATIONS -

Komentar

Postingan Populer