Anting – Anting Emas di Jungur Babi

Anting – Anting Emas di Jungur Babi
Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo
Act 20:17 Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus. Act 20:18 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: “Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini:Act 20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku. Act 20:20 Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalamperkumpulan-perkumpulan di rumah kamu; Act 20:21 aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus. Act 20:22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ Act 20:23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku. Act 20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah. Act 20:25 Dan sekarang aku tahu, bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberitakan Kerajaan Allah. Act 20:26 Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu, bahwa aku bersih, tidak bersalah terhadap siapapun yang akan binasa. Act 20:27 Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu. Act 20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yangditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh- Nya dengan darah Anak-Nya sendiri. Act 20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ketengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. Act 20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka. Act 20:31 Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.Act 20:32 Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya. Act 20:33 Perak atau emas atau pakaian tidak pernah aku ingini dari siapapun juga. Act 20:34 Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku. Act 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” Act 20:36 Sesudah mengucapkan kata-kata itu Paulus berlutut dan berdoa bersama-sama dengan mereka semua.Act 20:37 Maka menangislah mereka semua tersedu-sedu dan sambil memeluk Paulus, mereka berulang-ulang mencium dia. Act 20:38 Mereka sangat berdukacita, terlebih-lebih karena ia katakan, bahwa mereka tidak akan melihat mukanya lagi. Lalu mereka mengantar dia ke kapal.
Ada dua hal yang mau saya sampaikan, kita melihat ada banyak nasehat yang penting , saya dorong anda ulangi lagi membaca lagi perikop ini. Dan dengarkan lagi akan nasehat yang Paulus sampaikan buat jemaat di Efesus tetapi perhatikan dia mulai dengan nasehat tertentu dan dia mengakhiri dengan nasehat yang indah juga. Nasehat awal dan yang akhir ini yang mau saya sampaikan buat anda pada malam hari ini karena ini merupakan DETAK JANTUNG daripada INJIL yang Tuhan sampaikan buat kita. Kalau kita membaca awal dan akhirnya saja kita sudah bisa melihat INTISARI hidup sebagai orang percaya.
1. Nasehat yang pertama :
Act 20:18 Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka: “Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: Act 20:19 dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.
Yang menarik saudara , Kata Rendah hati dalam bahasa Yunani adalah  tapeinophrosunē , tap-i-nof-ros-oo’-nay , kata rendah hati ini tidak di jumpai  pada Clasical Non Biblical Greek , apa itu  yaitu bahasa yunani classic diluar alkitab. mereka tidak menjumpai kata tap-i-nof-ros-oo’-nay pada Clasical Non Biblical Greek.
Waktu saya membaca pernyataan ini Roh Tuhan berbicara sesuatu :
KERENDAHAN HATI HANYA DIDAPAT DIDALAM YESUS KRISTUS TUHAN.
Didunia ini kita tidak akan pernah bisa melihat kerendahan hati yang murni seperti yang Allah lihat sendiri. Manusia boleh mengalami semua tempaan tetapi kecuali manusia itu membawa semua tempaan hidup yang ia alami dan dihadapkan kepada Yesus, manusia tidak akan pernah bisa belajar untuk rendah hati, engkau boleh banyak mengalami kegagalan dan masalah tapi kalau engkau tidak membawa semuanya datang ke Yesus dan belajar dari padaNya, saudara tidak akan pernah rendah hati tetapi engkau menjadi rendah diri/Minder. Kenapa saya mengatakan begitu coba kita buka :
Mat 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Mat 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Mat 11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban Kupun ringan.”
Kata rendah hati tidak dijumpai pada perbendaharaan kata yunani classic , orang yunani terkenal sebagai pemikir,  seorang filsuf , mereka memiliki  banyak orang yang ahli dalam hal filsafat, mereka begitu luar biasa dalam pandangan-pandangan soal kehidupan, tapi mereka tidak bisa menjumpai satu kata pun yang artinya RENDAH HATI kecuali mereka membuka akan tulisan Paulus, membuka akan INJIL. Mereka baru menemukan kata RENDAH HATI hanya didalam ALKITAB.
diluar Yesus engkau hanya akan rendah diri tapi ketika engkau mau belajar daripadaNya saudara akan jadi orang Kristen yang RENDAH HATI, Hanya itu KUNCINYA.
Mengapa Paulus pertama kali menasehatkan dia berkata “ lihat dengan segala rendah hati aku melayani Allah “, Apa gunanya KERENDAHAN HATI dihadapan Allah ?
Psa 25:9 Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.
Hukum yang dimaksudkan adalah HUKUM ROHANI, Paulus berkata pada surat Roma ada hukum yang bernama the law of the spirit of life atau HUKUM ROH KEHIDUPAN. Dia juga mengatakan the law of faith atau HUKUM IMAN.  Hukum itu berbeda dengan hukum yang kita kenal dibumi ini sebagaimana MANUSIA JASMANI kita juga punya hukum sebagaimana MANUSIA ROHANI kita juga punya hukum. Kalau kita mau hidup DIALAM ROH kita harus tahu HUKUM ALAM ROH itu. Untuk bisa mengerti hukum itu, Tuhan yang paling tahu, untuk kita bisa mengerti dibimbing, kita harus RENDAH HATI.
Tanpa KERENDAHAN HATI tidak mungkin Allah bisa menggandeng kita, membimbing kita untuk memahami akan hukum yang ada dalam dunia Roh yaitu HUKUM ROH KEHIDUPAN atau HUKUM IMAN. Hanya orang yang RENDAH HATI akan mampu MENGERTI akan apa yang Tuhan ajarkan akan sanggup MEMAHAMI apa yang Dia sampaikan kepada kita dan itu hanya berlaku bagi orang yang RENDAH HATI.
Oleh karenanya nasehat pertama ia berkata “ dengan segala RENDAH HATI aku melayani Tuhan “. Kalau engkau ingin dipakai Allah RENDAH HATI kuncinya. Izinkan Allah mendidik dan mengajar kita dan belajar dari YESUS apa artinya RENDAH HATI,  Bukan RENDAH DIRI.
Rendah hati itu bukan DIUCAPKAN tetapi LAHIR BATIN. Ada orang yang seringkali berkata “ saya rendah hati “ itu malah SOMBONG. Orang yang rendah hati tidak akan pernah berkata dirinya rendah hati kecuali YESUS. Paulus mencapai apa yang Tuhan capai dan ia berkata “ aku rendah hati “ pada waktu engkau mencapai apa yang Tuhan capai engkau akan berkata “ aku rendah hati.”
2. Nasehat berikutnya
Act 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (KJV)   It is more blessed to give than to receive.
“ Orang berkata tidak toh pak kan enak orang menerima daripada orang memberi “, beberapa tahun lalu pak Adi pernah bertanya pada suatu persekutuan doa , “ siapa yang lebih senang MENERIMA uang Rp1 juta?”, hampir semua orang angkat tangan, atau “ siapa juta atau siapa yang lebih senang MEMBERI uang Rp1 juta ?” tidak ada orang yang angkat tangan, kemudian pak Adi berkata “ kalau anda MENERIMA Rp1 juta mungkin uangmu memang itu yang kau terima tetapi kalau engkau MEMBERI Rp1 juta saudara minimal punya Rp10 juta karena yang engkau beri perpuluhannya, Engkau masih dapat menikmati yang Rp 9juta. Dia berkata Terlebih berkat MEMBERI daripada MENERIMA !”.  Saudara memilih mana mendapat sumbangan dana kebanjiran atau menyumbang orang kebanjiran?, anda milih mana , anda dapat sumbangan 1 dus supermi karena rumahmu kebanjiran dan “gendeng semua kintir”atau anda menyumbang 1 box mobil supermi untuk para korban banjir. Milih mana? Masih berkata MENERIMA lebih baik?, saudara mau menerima sumbangan bencana kebakaran beras 5kg dan dendeng sepotong, perkedel 2 biji dan soto 1 mangkok atau anda menyumbang orang-orang yang kena musibah kebakaran? milih mana? Betul perkataan Tuhan daripada disumbang lebih baik menyumbang, daripada diberi lebih baik memberi , itu nasehat. Jadi jangan punya angan-angan “ kok ora na wong eni aku” atau saudara mau terima “ musibah” dulu dibuatkan dompet bencana alam untuk Mr ini masukan suara merdeka semua nyumbang seket… seket. Mau begitu?, betul kata firman Tuhan terlebih berkat memberi daripada menerima, orang yang senangnya MENERIMA orang itu mau berkata “sumbanglah saya”, orang yang mau MEMBERI orang itu berkata “aku bebas dari malapetaka aku memberi membantu mereka yang menderita”.
itu detak jantung Injil , melayani Allah dengan kerendahan hati hanya didapat waktu kita belajar dari Yesus dan kita berkata terlebih berkat memberi daripada menerima.
Tapi kemudian ditengah-tengah nasehat itu ada PERINGATAN yang Paulus sampaikan :
Act 20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. Act 20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.
Paulus berkata nanti akan muncul serigala-serigala yang tidak menyayangkan kawanan ini , akan mencerai beraikan menyesatkan mereka. Dan seperti yang dia katakan sungguh-sungguh terjadi. Ketika mereka berpisah sekian waktu kemudian paulus ditangkap, dia dibawa kepenjara sampai ke roma dan ternyata sekian tahun setelah perpisahan mereka, apa yang terjadi?.
2Ti 1:14 Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita. 2Ti 1:15 Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling dari padaku; termasuk Figelus dan Hermogenes.
Ini surat ditulis dipenjara sebelum Paulus dieksekusi dihukum mati.
Bagaimana mungkin orang-orang yang selama 3 tahun digembleng luar biasa oleh Paulus setelah Paulusnya pergi, mereka berpaling dari Paulus?. Apa penyebabnya?
1Ti 1:18 Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni. 1Ti 1:19 Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka, 1Ti 1:20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.
Kata kandas seperti kapal yang karam nabrak karang. Siapa 2 orang ini Himeneus dan Aleksander? Tidak banyak kita ketahui dari pokok pengajarannya, tapi dari namanya kita ketahui nama itu mewakili akan kepribadian mereka. Himeneus adalah nama dari dewa perkawinan di yunani atau dewa pesta, Himeneus mengajarkan tentang god life tentang pleasure tentang hidup yang menyenangkan tentang kenikmatan dan semua yang duniawi. Aleksander artinya man pleasure atau orang yang sukanya menyenangkan atau mencari perkenan manusia lain.
Dua hal ini begitu masuk kedalam hidup orang percaya akan MENCEMARKAN nurani kita yang murni karena pikiran kita hanya TERTUJU kepada perkara yang duniawi. Pada waktu pikiran kita TERTUJU pada perkara –perkara duniawi maka segera IMAN kita akan KANDAS. Himeneus mengajarkan carilah kenikmatan dunia, kebangkitan orang mati sudah terjadi tidak akan ada penghukuman Tuhan, nikmati hidup ini dan mereka mengalami pesta pora duniawi. Aleksander mengajarkan dia adalah man pleasure , orang yang suka menyenangkan hati orang lain, mencari perkenan akan orang lain. Dua duanya digabung merupakan PEMBERONTAKAN yang luar biasa kepada Allah , mencemarkan nurani akhirnya iman hidup kita kandas ditengah jalan.
Paulus mengatakan dengan orang-orang seperti ini sebagai apa :
Php 3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. Php 3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakanpula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus. Php 3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.
Kalau pikiran kita TERTUJU kepada perkara duniawi semata-mata, kita tanpa sadar mengikuti pengajaran himeneus dan aleksander yang hanya mementingkan duniawi dan mencari perkenan manusia. Pada waktu kita mengalami pengajaran seperti itu maka nurani kita TERCEMAR dan iman kita akan KANDAS. Paulus berkata bahwa mereka adalah SETERU salib kristus , mereka MEMUSUHI salib Kristus.
Kemaren waktu kami berdoa sabtu malam dan saya rasa anda semua boleh hadir , kami diajar luar biasa oleh hambanya Arland SQ  bagaimana kita “ memelihara api dalam hidup kita dengan cara saling mendoakan, kayu yang terbakar disambungkan, dikumpulkan dengan kayu yang terbakar apinya kan makin besar.” Setiap sabtu kami berdoa untuk kebaktian minggu dan setelah itu kami saling mendoakan.
Waktu berdoa saya diberi penglihatan sepertinya saya dibawa masuk kedalam suatu rongga tubuh manusia, saya melihat ada begitu banyak hal ditunjukan jantung berdetak dengan merah warna darah. Tuhan mengapa engkau beri penglihatan seperti ini “ Aku sedang bawa engkau melihat hati manusia karena ini sumber segala sesuatu.” Dan pada hari terakhir ini Allah membuka banyak hal tentang hati manusia kalau kita sampai jadi SETERU salib Kristus kekristenan kita hancur.
Beberapa waktu ini saya merenungkan kenapa orang Kristen bisa jatuh dalam dosa?, kenapa pendeta bisa berzinah?, kenapa majelis gereja bisa korupsi uang gereja?, kenapa beberapa kali saya dengar dibanyak gereja panitia pembangunan membawa lari uang gereja?, Kenapa sampai orang mengalami dosa yang begitu mengerikan dan itu terjadi ditengah –tengah gereja?, kenapa aktivis gereja ,song leader, singer mereka akhirnya jatuh? Dan akhir hidupnya mengerikan sekali. Orang-orang yang pernah aktif dan berapi-api melayani Allah berakhir  seperti itu. Saya merenungkan cukup lama kenapa bisa begini?
Kalau kita perhatikan masing-masing ada PENYEBABNYA tapi saya berkata Tuhan mestinya mereka memiliki kondisi yang sama yang membuat mereka jatuh?, sampai Tuhan membuka RAHASIA ini :
Pro 11:22 Seperti anting-anting emas di jungur babi, demikianlah perempuan cantik yang tidak susila.
Kecantikan yang diluar yaitu bentuk wujud penampilan luar, menurut saya termasuk keaktivan kita, pelayanan kita, segala macam yang bagus DILUAR itu sepert anting-anting emas tetapi kalau DIDALAM nya NAJIS, alkitab berkata seperti anting-anting emas di jungur babi , saudara pernah mengelus elus moncongnya babi, saudara mau dicium moncongnya babi?, dulu ada film mupet show ada miss Piggy.
2Pe 2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula. 2Pe 2:21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka. 2Pe 2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: “Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi kekubangannya.”
Kalau anting-anting emas di jungur babi itu berbicara apa yaitu : kehidupan yang diluar sebenarnya baik karena emas itu logam mulia tapi yang mendorong dan menggerakan adalah KENAJISAN yang DIDALAM nya yaitu BABI yang DIDALAM nya.
Anda pernah masuk kandang babi, saya pernah masuk kandang babi tapi bukan di Indonesia di Amerika kami ada tour dengan pemain music ke 9 negara bagian di amerika beberapa tahun yang lalu. Di amerika bagian tengah itu pusatnya pertanian dan perternakan dan yang paling banyak dipelihara adalah babi. Suatu kali ada perternakan babi saya pingin lihat seperti apa rumah babi-babi ini. Kalau anda kerumah petani di amerika hiasan rumah mereka hampir semuanya babi, babi pakai payung, babi menari, babi genit, segala macam babi tapi tetap babi, saya masuk kekandangnya hanya lewat tidak tahan baunya saya keluar itu bau babi nempel di jacket saya, babinya masih dikandang baunya luar biasa.
Orang Kristen yang jadi SETERU salib kristus, seperti anjing makan muntahannya dan seperti babi yang kembali ke kubangannya.
Anda pernah dengar orang berkata seperti ini “Tuhan aku janji mulai hari ini aku tidak akan judi lagi surga saksinya, pak RT juga saksi, datang ke pendeta doakan pelepasan ditumpangkan tangan, muntah-muntah, semua kartu dibakar”. Tiga minggu kemudian teman-temannya mulai datang ngomong cerita soal sepak bola, siA menang Rp 10 juta, siB menang Rp 5 juta, dia pikir enak ya aku juga dulu pernah menang Rp 500ribu, 2 hari setelah masalah konseling dengan para penjudi akhirnya orang ini datang ke MUNTAHAN nya dimakan lagi bantingin kartu lagi, loh kan sudah muntah-muntah ya tapi DIMAKAN lagi.
Saya tidak akan pernah berzinah lagi, janji dalam nama Yesus, doakan pelepasan, datang ke 5 gereja muntah-muntah, zinah buang semua, sebulan kemudian lihat lagi TV , sewa laser disc , “ Ini carton loh pak, pertama nyerempet rempetnya carton, lama lama film remaja, ini dewasa tapi sopan, lama- lama ia MAKAN lagi MUNTAHAN nya.
Dengarkan yang seperti ini TIDAK BISA DITENGKING sebab seperti anting-anting emas di jungur babi, hanya bisa ditusuk oleh SALIB dan dibuat babi panggang, baru ada manfaatnya , kalau SALIB itu dibuang maka babi itu akan HIDUP kembali dari antara binatang mati.
Anda pernah dengar “saya tidak mau hutang lagi ini lumpur hutang saya mau tinggalkan, mulai hari ini tidak ada hutang-hutangan lagi”. Enam hari kemudian datang mertuanya “tolong nak bayarin hutangku bapa tidak bisa makan”. Kasihan dengan mertua, pinjam lagi masuk KUBANGAN lagi. Sudah saya tengking tapi tidak hilang.
Ada orang berkata “ aku tidak akan merokok lagi, apa ini roh nikotin, tamparin mulutnya keluar-keluar, diinjak-injak rokoknya, doa pelepasan muntah-muntah, 2 minggu kemudian stress kemudian mulutnya pahit, lihat pegawai-pegawainya merokok “ itu rokok apa? ngelinting pak”. “Boleh saya coba, ini kan lain rokoknya, podo wae.” Balik lagi ketempat yang sama. Itu loh miss Pigi yang ada didalam hati masih ada. Ini tidak bisa ditengking.
Jangan heran diGadara, Legion pilih miss Pigi, ribuan babi lagi jalan-jalan kemasukan setan. Kenapa setan pilih babi?, sebab setali tiga uang, cocok, at home. Dirasuk nyemplung kedanau dan mati pelan-pelan.
Kalau kita jadi SETERU salib Kristus, satu hari saja kita TINGGALKAN salib itu, satu hari tidak buat babi guling maka babi itu akan bangkit dari binatang mati sebab ternyata :
babi dan anjing itu adalah HATI YANG NAJIS yang ada didalam diri kita sendiri.
Paulus mengajar layani Tuhan dengan rendah diri dan terlebih berkat memberi daripada menerima tapi ingat akan ada serigala engkau akan dibinasakan olehnya apa itu : Pada waktu kita ingin pleasure, god life, kenikmatan hidup dan jadi man pleasure, menyenangkan hati orang dan pada waktu pikiran kita duniawi kita jadi SETERU salibNya dan ketika SALIB itu disingkirkan dari hidup kita babi dan anjing disini hidup kembali. itulah sebabnya Yesus berkata engkau harus MEMIKUL salibmu SETIAP hari.
Saya sekarang mengerti kenapa orang Kristen bisa JATUH, mazmur berkata kalau kita meningggalkan Tuhan itu berarti kita BERZINAH. Yesus menegur orang farisi berkali-kali “ engkau angkatan yang jahat dan tidak setia “. (KJV) A wicked and adulterous generation seeketh after a sign. Generasi yang jahat dan pezinah. Orang farisi itu tidak sembarangan, mereka itu sebenarnya orang yahudi biasa yang membuat komune, yang mengisolasi diri tidak mau bergaul dengan orang yahudi lain supaya bisa menjalankan dengan taurat baik, ajarannya orang farisi lebih berat daripada ajaranya musa. Tapi Tuhan berkata “kamu Generasi yang jahat dan pezinah”. Yang BERZINAH itu ROH nya balik meninggalkan Tuhan.
Daud ketika berzinah dengan Betsyeba apa dipikir karena melihat orang mandi tertarik terus berzinah, baca dikitab Samuel  ayat yang pertama : Pada waktu pergantian tahun ketika biasanya raja-raja pergi berperang, harusnya Daud pergi berperang karena URAPAN Allah diatasnya,tetapi URAPAN itu sudah mulai PADAM. Sehingga waktunya DAUD HARUS BERPERANG, dia malah tinggal dirumah dan menyuruh Yoab dan orang-orangnya berperang, dia santai dirumah , YANG DIDALAM MULAI PADAM, tidak bergerak berdasarkan urapan Allah , itu awal kejatuhannya, Kenapa? BABINYA HIDUP KEMBALI, BALIK KEKUBANGANNYA, ANJINGNYA MAKAN MUNTAHANNYA LAGI.
Indikasi bahwa babi dan anjing itu hidup kembali itu gampang : sering kita mendengar pertanyaan seperti “pak saya nonton bioskop dosa tidak?, pak saya pacaran ciuman dosa tidak?, pak saya ke Nightclub dosa tidak?, pak saya nyanyi di Karaoke dosa tidak?, pak saya nonton laser disc Cuma ada 10% pornonya dosa tidak?, dosa tidak dosa tidak?.”
Pertanyaan Itu semua adalah KEINGINAN. Kalau baru KEINGINAN tidak masalah. Itulah saatnya babinya ditusuk dengan SALIB agar mati jangan babi itu dibiarkan hidup. Yesus berkata :
Mat 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”
Kalau babi kita hidup anda terima kebenaran maka akan dinjak-injak, yang memberikan kebenaran akan dibabat habis. Makanya SETIAP HARI SALIBMU HARUS TAJAM begitu KEINGINAN DAGING mulai bangkit harus segera dimatikan jangan beri kesempatan KEDAGINGAN itu merajalela.
Itu pertempuran SETIAP HARI kita melawan KEINGINAN DAGING.
Anugerah yang Tuhan curahkan adalah untuk membuat hati kita terpikat dan jatuh cinta dengan Yesus.
Jangan jadi SETERU salib Kristus tetapi PIKUL salibmu setiap hari maka engkau akan menjadi orang Kristen yang KUAT.
Anting – Anting Emas di Jungur Babi
Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Komentar

Postingan Populer