Melihat Masalah Dengan Benar

Melihat Masalah Dengan Benar
Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

Saya mau bicara tentang bagaimana MELIHAT akan MASALAH atau problem secara BENAR, ada banyak anak Tuhan yang mengeluh dengan kesulitan yang ia hadapi, dengan semua tantangan, dengan semua masalah yang ia hadapi setiap hari tetapi seringkali kita TIDAK MELIHAT akan PERSOALAN itu secara BENAR. Sehingga akibatnya ada banyak hal tidak perlu kita alami dan tidak perlu terjadi tetapi KENYATAAN nya toh berlaku dan terjadi dalam kehidupan kita.
 Yang namanya manusia terbatas sekali sehingga seringkali yang HARI INI kita sebut sebagai PERSOALAN tetapi sebetulnya malah menjadi BERKAT, sering kali pada saat kita  menghadapinya kita BELUM MENGERTI.
 Pak Subianto baru cerita dengan kami bahwa minggu ini bagaimanaTuhan memberkati kehidupan mereka, kira-kira 3 tahun yang lalu saya masih ingat pak Subianto pernah menyampaikan akan PERGUMULAN nya, akan PROBLEM nya mereka tinggal di daerah atas, didaerah gombel sana ada daerah namanya ngesrep barat mereka tinggal disitu. Kalau saudara tinggal didaerah diatas dan pekerjaan saudara didaerah dibawah maka persoalan yang ada adalah masalah transport dan juga masalah waktu. Anda bisa bayangkan kalau anak –anak sekolah dibawah, pak Bianto kerja, istri juga, gereja juga dibawah, setiap hari naik turun naik turun, kalau hanya sendirian tidak terlalu merepotkan tetapi kalau ada keluarga  artinya mobil harus dipakai dan jauh lebih boros dibanding memakai sepeda motor, biayanya kalau sehari dua hari mungkin tidak terlalu terasa anggap saja refreshing tapi kalau tiap hari bertahun-tahun anda rumahnya diatas maka bagi banyak orang tentu ini masalah karena bukan hanya masalah biaya hidup tapi soal waktu yang ternyata tidak efektif, nah ini repot sekali memang betul udaranya sejuk tanahnya masih lapang tetapi kalau dilihat dari kebutuhan sehari-hari itu merupakan PROBLEM, itu merupakan MASALAH.
 Lalu beberapa teman diundang untuk mendoakan, saya pernah juga kesana, kami berdoa sama-sama, semaksimal yang kami bisa kerjakan dan doakan. Dari nengking setan, roh yang membuat rumah ini tidak laku dijual, segala macam kami kerjakan semua tetapi hasilnya beberapa tahun kemudian sampai detik ini toh rumah itu belum ada yang mau beli, pada waktu itu begitu. Pernah ada beberapa orang mau beli tapi sampai harga Rp 17 juta (thn 94) orangnya pernah menawar, belum ada jawaban ya atau tidak, lalu orangnya tidak pernah balik lagi. Pada waktu itu keluarga pak Subianto MELIHAT rumah yang tidak laku –laku ini jelas merupakan PERGUMULAN, itu merupakan PROBLEM, itu merupakan MASALAH. Kerinduan mereka, kemauan mereka adalah bagaimana supaya rumahku ini cepat di jual, laku harganya baik, kami bisa pindah dibawah, cari rumah yang layak dan kami bisa tempati dan kalau ke gereja, kalau kerja, kalau kesekolah, atau ketempat yang lain tidak terlalu jauh, menghemat banyak waktu dan biaya.
 Tetapi PERGUMULAN atau PROBLEM ini didoakan, ngundang hamba Tuhan, ngundang pendeta, mereka tiap pagi berdoa sendiri, “ya Tuhan kirimlah orang membeli rumahku “, nyatanya tidak ada orang membeli rumah itu. Orang malas tiap hari lewat kuburan karena lokasinya dekat kuburan mungkin itu salah satu alasannya rumah itu sulit dijual.
 Beberapa bulan yang lalu tiba-tiba ada kejutan, Bapak walikota datang meninjau rupanya daerah itu dan bawahnya akan dipakai perumahan mewah, real estate baru, begitu melihat itu kaget, karena saluran air diperbaiki, listriknya akan luar biasa, segalanya no 1 untuk daerah itu. Lalu kemudian sekarang diminta oleh yang punya real estate mau di beli tanahnya, diberi harga dua kali lipat. Kedepannya jika perumahan ini jadi maka orang-orang pada beli daerah situ, maka harganya akan naik berkali lipat. Sekarang PROBLEM ini tidak menjadi PROBLEM lagi tapi telah menjadi BERKAT besar. Barangnya sama, tempatnya sama tetapi karena SUASANA dan SITUASI BERBEDA, yang namanya PROBLEM ini tidak menjadi PROBLEM lagi.
 Lalu kemaren hari sabtu kami ngobrol-ngobrol dikantor, teman-teman ini hebat-hebat ada yang bisa nyarikan rumah, lalu kami pengen jadi makelar termasuk saya, lalu kami menawarkan ke pak Subianto, pak Marso bilang “mau pindah bawah ada Pandanaran, saya tahu rumah mau yang harga berapa dari 30juta sampai 100 jutaan saya punya “, wah dengan gaya meyakinkan seperti salesman terbaik didunia. Pak yohanes tidak terima “ wah jangan, dekat saya saja Mojopahit, mencit sana lebih enak “, menurut dia, katanya. Tawarkan daerah sana dekat dengan perumahan Kakancan mukti kira-kira 30 menit kesini, saya ikut juga “ jangan pak pilih belakang sini saja kalau kegereja dekat “, yang mana yang mau dijual?, belum tahu ,saya bilang, “ pokoknya pilih yang dekat ke gereja tinggal jalan “, semua kasih komentar, dia bilang “ maaf tidak jadi saya jual rumah saya “, katanya minta dijual, PROBLEM, itu dulu. Sekarang ini rezeki saya, dia pintar ditunggu kira-kira tahun depan mungkin harganya bisa 5 x lipat, kalau dia mau jual.
 Saudara bisa MENGERTI kita harus bisa MELIHAT PERSOALAN, PROBLEM itu secara tepat sebab yang namanya PROBLEM hari ini belum tentu itu PROBLEM sebetulnya, ini FAKTA, kenyataan yang dihadapi oleh saudara kita sendiri. Diantara sekian banyak orang saya tidak MENGERTI tetapi mungkin anda punya MASALAH, punya PROBLEM, punya PERGUMULAN masing-masing, coba mari kita MELIHAT dengan TEPAT seperti ALLAH MELIHAT.
Malam ini saya mau sampaikan 3 pokok penting buat saudara, kalau saudara sanggup masukan kedalam rohmu sampai firman ini menguatkan roh saudara, membuka mata rohanimu, saudara akan menjadi orang Kristen yang memiliki cara pandang yang berbeda.
 Ada 3 point penting yang saya mau bagikan pada malam hari ini :
1. Yang pertama, kita harus mengerti bahwa SEGALA SESUATU BERSUMBER PADA YESUS, YESUS ADALAH SEGALA – GALANYA.
Heb 12:2  Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.
Pada kalimat yang pertama penulis kitab Ibrani ini berkata demikian “marilah kita melalukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang MEMIMPIN kita dalam IMAN, ( YESUS YANG MEMIMPIN KITA DALAM IMAN ) dan yang membawa IMAN kita itu kepada KESEMPURNAAN. Bahasa inggrisnya berbunyi : Looking unto Jesus the author and finisher of our faith, mari kita memandang kepada Yesus, Dia adalah Pencipta dan Penyelesai Iman kita, jadi  yang MEMULAI dan yang MENIMBULKAN IMAN dalam hidup kita itu adalah YESUS sendiri, dan kelak yang akan MENYELESAIKAN iman kita adalah YESUS juga, dan kapan IMAN itu selesai?, ketika IMAN itu TERJADI seperti yang kita IMANI, yang kita YAKINI kemudian terjadi.  
Contohnya :
Saudara beriman untuk memiliki sepeda motor, YESUS yang MEMULAI, baru IMAN itu LAHIR, lalu kemudian kapan IMAN ini BERAKHIR?, IMAN untuk sepeda motor ini BERAKHIR pada saat engkau MENDAPAT sepeda motor. Ketika engkau MENDAPAT maka IMAN mu sampai GARIS FINISH, IMAN UNTUK HAL ITU, dan yang MENYELESAIKAN adalah YESUS sendiriHe is the Author and the finisher. Dia yang MEMULAI dan Dia yang MENGAKHIRI IMAN kita.
Sekarang bandingkan dengan Yohanes 15 : 5, dengar apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus sendiri :
Joh 15:5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
Tuhan berkata DILUAR AKU, DILUAR YESUS kamu tidak dapat berbuat apa-apa, He is the Author and the finisher of our faith, Dia yang menciptakan dan yang menyelesaikan iman kita. Berarti segalanya harus BERSUMBER atau BERPUSAT kepada TUHAN YESUS. Dan Dia berkata “ diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa “,  ini merupakan DASAR setiap anak Tuhan menghadapi KESULITAN, TANTANGAN, PROBLEM apapun juga.
Bukti lain lihat Roma 11 :
Rom 11:33  O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
Rom 11:34  Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
Rom 11:35  Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
Rom 11:36  Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!  
Paulus berkata : Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! , He is the Author and the finisher of our faith, Dia yang menciptakan dan yang menyelesaikan imanku. YESUS, YESUS, YESUS semuanya harus bersumber dan bertumpu pada satu nama yaitu YESUS. Banyak orang berkata begini “ tapi PROBLEM saya begitu mendesak kalau saya hanya bergantung pada YESUS dan bukan kepada yang lain, bagaimana kalau saya hancur ditengah jalan, bagaimana kalau iman saya gugur, bagaimana kalau hidup saya berantakan, kalau saya hanya mengandalkan satu nama “.  
Buka Yudas 24, jangan tanya pasal berapa karena cuma satu pasal :
Jud 1:24  Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,
(KJV) Now unto him that is able to keep you from falling, and to present you faultless before the presence of his glory with exceeding joy,
Siapa yang sanggup menjaga?, YESUS. Dia yang memulai, dari Dia, oleh Dia, dikerjakan oleh Dia, sementara Dia mengerjakan hidup kita, Dia mampu menjaga kita jangan sampai jatuh, akhir tujuannya kepada Dia, He is the Author and the finisher of our faith, yang menciptakan dan menyelesaikan iman kita, saudara sekalian sebagai anak Tuhan point yang pertama ini seharusnya merupakan DASAR yang tidak boleh goyah dalam hidup kita. Apapun yang kita hadapi, seperti apapun kesulitan dan problem yang ada, ingat bahwa segala-galanya harus berpusat hanya kepada satu nama yaitu Tuhan Yesus.
2. Sekarang point yang kedua :
Ini penting sekali, dengar baik-baik !, saya mau memberi penjelasan :
Banyak orang kristen berbuat yang tidak tepat, biasanya ketika PROBLEM datang kita cenderung untuk LANGSUNG MENGHADAPI PROBLEM ini, “ oh ada masalah mari kita selesaikan, kita punya kekuatan, punya pikiran, punya koneksi, punya teman, punya saudara, ini merupakan sumber kekuatan yang aku miliki dan ini problem yang aku harus hadapi “. Orang yang tidak cerdik, yang tidak mengerti KEHENDAK ALLAH biasanya DIA LANGSUNG MENGHADAPI, DIA ADU FRONTAL DENGAN PROBLEM INI. Akhirnya terlalu banyak orang kristen yang gugur dan kemudian kalah ketika dia menghadapi kenyataan problem, pergumulan seperti ini, dia bergulat sendirian dan akhirnya dia kalah. Kenapa?, karena kalau kita membaca dengan teliti firman Tuhan, Allah punya POLA yang sangat unik yang mengajar kepada kita apa yang harus terjadi yang kita harus alami waktu kita menghadapi problem ini.
Biasanya kalau anda baca dalam alkitab ketika PROBLEM itu muncul maka Tuhan akan MEMBELOKKAN hidup kita bukannya menghadapi PROBLEM ini langsung tetapi Dia ajak kita BERHADAPAN dengan Allah dan
2. kita BERGUMUL dengan Allah. Pada waktu PERGUMULAN mu dengan Tuhanmu selesai dan engkau DIBERKATI maka kemudian kita melihat tiba-tiba PROBLEM mu lenyap dengan sendirinya.
Aneh sekali Tuhan sering sekali MEMBELOKKAN akan PERHATIAN kita, HIDUP kita bukan kepada PROBLEMnya tetapi kepada Dia sendiri. Pada waktu kita berani BERGUMUL dengan Allah, kita berani pakai LUTUT kita, kita BERGUMUL, kita BERGULAT dengan Tuhan, sampai pada waktu dimana engkau MENANG dan Allah memberkati hidupmu lalu tiba-tiba PROBLEM ini akan lenyap dengan sendirinya.
Saya mau memberikan contoh, mari buka bersama dengan saya kitab kejadian, sebelum kita baca coba dengarkan saya dulu Ribkah punya 2 orang anak laki-laki, yang pertama Esau, yang kedua Yakub, Yakub artinya Penipu, tukang jegal, sejak lahir sudah ketahuan modelnya, lahir sambil megangin tumit kakaknya dan Esau ini seorang pemburu yang perkasa, Yakub ini seorang penipu yang licik, secara fisik tidak menang melawan Esau, Yakub ini kerjanya membantu ibunya didapur kalau Esau berburu dihutan, Yakub pintar memasak. Satu kali dia masak Esau kepingin dan dia tukar dengan HAK KESULUNGANnya dan yang kedua adalah Yakub mencuri HAK KESULUNGAN itu dari Esau sehingga BERKAT itu turun kepada Yakub. Ketika ayahnya Ishak mati Esau begitu benci kepada Yakub dan ia berkata “ setelah masa perkabungan selesai aku akan bunuh Yakub”, itulah Nazar dari Esau. Yakub lari kepada pamannya Laban, dia kerja beberapa tahun, dia mendapatkan 2 orang istri dan memiliki beberapa orang anak juga memiliki ternak yang banyak, lalu singkat ceritanya ia mau pulang ke tanahnya sendiri, pada waktu ia pulang ia tahu Esau masih benci dengan dia,
 Coba anda buka kejadian 32 : 1-7
Gen 32:1  Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia.
Gen 32:2  Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: “Ini bala tentara Allah.” Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.
Gen 32:3  Sesudah itu Yakub menyuruh utusannya berjalan lebih dahulu mendapatkan Esau, kakaknya, ke tanah Seir, daerah Edom.
Gen 32:4  Ia memerintahkan kepada mereka: “Beginilah kamu katakan kepada tuanku, kepada Esau: Beginilah kata hambamu Yakub: Aku telah tinggal pada Laban sebagai orang asing dan diam di situ selama ini.
Gen 32:5  Aku telah mempunyai lembu sapi, keledai dan kambing domba, budak laki-laki dan perempuan, dan aku menyuruh memberitahukan hal ini kepada tuanku, supaya aku mendapat kasihmu.”
Gen 32:6  Kemudian pulanglah para utusan itu kepada Yakub dan berkata: “Kami telah sampai kepada kakakmu, kepada Esau, dan iapun sedang di jalan menemui engkau, diiringi oleh empat ratus orang.”
Gen 32:7  Lalu sangat takutlah Yakub dan merasa sesak hati; maka dibaginyalah orang-orangnya yang bersama-sama dengan dia, kambing dombanya, lembu sapi dan untanya menjadi dua pasukan.
Saudara dengar baik-baik!
Esau dengar Yakub akan pulang, dua kakak beradik lama tidak ketemu jadi kalau mau reuni keluarga mestinya apa yang akan mereka kerjakan?, harusnya Yakub bawa keluarganya Esau bawa keluarganya maka keluarga akan kumpul tetapi yang terjadi aneh sekali, Esau datang membawa 400 orang laki-laki, ini bukan keluarga tetapi pasukan, artinya Esau mempunyai niat untuk membunuh akan Yakub. Itu yang membuat Yakub begitu takut dan sesak hatinya, ia mencoba mensuap Esau dengan memberi kabar, dengan member barang –barang tetapi tidak berguna banyak karena Esau bencinya luar biasa, karena sumpahnya “aku akan bunuh yakub”, ia membawa 400 orang pasukan, akhirnya Yakub mengerti bahwa kakaknya pasti akan membunuh dia,  alkitab berkata Yakub takut dan sesak hati, segala usaha telah dicoba dan mengatur banyak strategi tetapi yang menyelesaikan masalahnya apa?
Dengar baik-baik!
Gen 32:22  Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya, dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.
Gen 32:23  Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.
Gen 32:24  Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.
Gen 32:25  Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
Gen 32:26  Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.”
Gen 32:27  Bertanyalah orang itu kepadanya: “Siapakah namamu?” Sahutnya: “Yakub.”
Gen 32:28  Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.”
Gen 32:29  Bertanyalah Yakub: “Katakanlah juga namamu.” Tetapi sahutnya: “Mengapa engkau menanyakan namaku?” Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.
Gen 32:30  Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!”
Gen 32:31  Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.
Gen 32:32  Itulah sebabnya sampai sekarang orang Israel tidak memakan daging yang menutupi sendi pangkal paha, karena Dia telah memukul sendi pangkal paha Yakub, pada otot pangkal pahanya
Orang Israel memang penuh dengan simbol –simbol, Yakub pincang pangkal pahanya dipukul Tuhan maka orang Israel tidak mau makan daging yang menutupi pangkal paha, saya baca satu buku tentang pesta-pesta orang Israel, ada pesta tahun baru mereka namanya Roshosana, sampai sekarang dikerjakan ini tradisi di alkitab tidak ada tetapi mereka buat tradisi sendiri. Jadi pada waktu mereka merayakan tahun baru mereka biasanya makan kepala binatang, biasanya kepala ikan yang mereka makan, saya tidak tahu dimasak apa pokoknya makan kepala ikan, lalu ketika mau makan mereka angkat kepala itu, mereka berdoa seperti ini “ Ya Tuhan biarlah menjadi kehendakMu kami ini kepala bukan ekor”, ini repot bagi orang yang senang makan brutu, “kami ekor atau kepala”. 
Cuma ini bukan soal makanan yang saya mau sampaikan, ketika Yakub ketakutan ia ungsikan anak dan istrinya, ia ungsikan harta bendanya, dia tahu dia terancam sesak hatinya, ketika dia sendirian Allah mengajak ia bergulat sampai fajar, diajak berantem oleh Tuhannya dan Yakub mengerti “aku tidak mau lepaskan Orang ini sebelum Ia memberkati aku “.  Saudara ini PERGUMULAN yang serunya luarbiasa, sampai pincang dia bilang tidak masalah pokoknya aku mau BERGUMUL, BERGULAT dengan Engkau.
Dengar baik –baik !
Setelah Allah memberkati lalu apa kemudian yang terjadi :
Gen 33:1  Yakubpun melayangkan pandangnya, lalu dilihatnyalah Esau datang dengan diiringi oleh empat ratus orang. Maka diserahkannyalah sebagian dari anak-anak itu kepada Lea dan sebagian kepada Rahel serta kepada kedua budak perempuan itu.
Gen 33:2  Ia menempatkan budak-budak perempuan itu beserta anak-anak mereka di muka, Lea beserta anak-anaknya di belakang mereka, dan Rahel beserta Yusuf di belakang sekali.
Gen 33:3  Dan ia sendiri berjalan di depan mereka dan ia sujud sampai ke tanah tujuh kali, hingga ia sampai ke dekat kakaknya itu.
Gen 33:4  Tetapi Esau berlari mendapatkan dia, didekapnya dia, dipeluk lehernya dan diciumnya dia, lalu bertangis-tangisanlah mereka.
Tidak jadi perang, Yakub ini memang kurang ajar, pilih kasih, jadi perempuan budaknya taruh didepan, ini group mati pertama, lalu Lea yang kurang dia kasihi mati kedua, Rachel yang paling dia cintai terakhir syukur selamat bisa lari duluan, dia didepan ini barisannya perempuan sama anak-anak semua, ia tidak mau keluarkan pasukannya, ini orang kurang ajar berlindung pada istri dan anak-anaknya, dipakai sebagai proteksinya. Jadi kalau pasukan musuh lihat perempuan dan anak-anak, apa tega membunuh mereka.
Saudara sekalian dia pikir dia mati tapi apa yang terjadi hasil PERGUMULAN dengan Allahnya, waktu ia berhadapan dengan Esau, yang muncul diwajah Esau senyum, dia dipeluk dicium lalu bertangis-tangisan.
PROBLEMNYA SELESAI, KAPAN SELESAINYA?,
WAKTU SEMALAM IA BERGUMUL DENGAN ALLAH. WAKTU ALLAH BERKATA AKU MAU PERGI, IA BERKATA TIDAK SEBELUM ENGKAU MEMBERKATI AKU, PINCANG TIDAK MENGAPA, POKOKNYA BERKATI AKU DULU. WAKTU ALLAH MEMBERKATI DIA.
KETIKA PROBLEM DATANG, JANGAN SEKALI-KALI ENGKAU BERANI MENGHADAPI  ITU, SEBELUM ENGKAU SELESAIKAN PERGUMULAN MU DENGAN ALLAH DIDALAM DOAMU.
KENAPA?
SEBAB ADA HUKUM, DENGAR BAIK-BAIK!
KALAU ENGKAU TIDAK BISA BERGUMUL DENGAN ALLAH ATAU ENGKAU TIDAK MAU BERGUMUL DENGAN ALLAH MAKA ENGKAU HARUS BERGUMUL DENGAN PROBLEMMU SENDIRI, KALAU ENGKAU TIDAK MAU MENYEMBAH ALLAH MAKA ENGKAU AKAN DIBUAT MENYEMBAH KEPADA MANUSIA, KALAU ENGKAU TIDAK MAU TAAT KEPADA ALLAH MAKA ENGKAU AKAN DIBUAT TAAT KEPADA MANUSIA, KALAU ENGKAU TIDAK MAU TERSUNGKUR DIDEPAN TUHAN MAKA ENGKAU AKAN DIBUAT TERSUNGKUR KALAH DIDEPAN PROBLEM DAN PERSOALANMU SENDIRI.
YAKUB MENGERTI !, KALAU DIA MEMBERKATI AKU MASALAH INI AKAN SELESAI DAN AKU AKAN MENANG DAN ALLAH MEMBUKTIKANNYA, KEBENGISAN DENDAM BERTAHUN-TAHUN SIRNA KARENA ALLAH SANGGUP MERUBAH HATI MANUSIA.
Kalau anda punya persoalan, jangan sekali-kali engkau berkata “aku hadapi ini “, sebelum engkau BERGULAT dengan Allahmu, sebelum Dia MEMBERKATI hidupmu, waktu engkau tahu engkau MENANG dalam PERGUMULAN DOA mu, engkau keluar engkau bukan lagi Yakub tukang tipu tetapi Prince of God Pangeran Allah, kenapa Esau mau berdamai karena yang dilihatnya bukan Yakub tukang tipu tetapi ISRAEL Pangeran Allah.
Anda bisa mengerti itu, ada wibawa, kemuliaan Allah, yang menundungi hidupmu, apapun yang MASALAH dihadapanmu DIA akan selesaikan dengan caranya sendiri.
Banyak orang Kristen berbuat yang bodoh sekali, ketika PROBLEMnya datang, KESULITAN datang, dia ajak BERGULAT, dengar! seringkali PROBLEM mu itu cuma BAYANG – BAYANG SEMU,  bagaimana engkau bisa menang lawan BAYANG – BAYANG, engkau boleh latihan tinju, karate, segala macam, kalau BAYANG – BAYANG engkau injak-injak tidak akan mati bergerak terus, anda boleh banting ia tidak akan pernah jatuh, ALLAH MAU SELESAIKAN SUMBERNYA, APA ITU ?  BERGULAT, BERGUMUL DENGAN ALLAH SAMPAI DIA MEMBERKATI ENGKAU, NANTI MASALAHMU SELESAI !
Banyak orang Kristen berkata “ tapi ini mendesak pak “, saya tahu, tapi Allah yang sanggup menjaga engkau supaya engkau tidak jatuh, Tuhan yang punya kepentingan untuk membuat hidupmu kuat dan stabil.
Dengar baik-baik !
Hidup kita ini seperti PERUSAHAAN saya gambarkan begitu, ada 2 penanam modal utama :  satu yaitu HIDUPMU SENDIRI dan yang satu adalah ALLAH BAPA DISURGA, yang Dia tanamkan dalam hidup kita siapa?, YESUS anaknya sendiri, Dia INVESTASIKAN dalam hidupmu. Ini joint venture bukan milikmu sendiri, sebagian engkau jalankan tapi ada modal Tuhan dalam hidupmu. Kalau perusahaan ini mau runtuh maka DIA berkepentingan no 1 untuk menyelamatkan karena INVESTASI nya jauh lebih besar kalau boleh saya bilang 99,99999999% dari Dia dan 0,0000001% dari saudara. Kalau jatuh Dia yang paling rugi bukan saudara, Dia punya KEPENTINGAN untuk menjaga supaya engkau tidak jatuh, Dia punya KEPENTINGAN memelihara hidup saudara, Dia punya KEPENTINGAN untuk memproteksi hidupmu.
Dan Dia berkata “ kalau engkau bisa BERGUMUL dengan AKU seperti Yakub dulu, semalam malaman BERGUMUL sampai aku MEMBERKATI dia, PROBLEM mu akan hilang sirna dengan sendirinya “. Banyak orang Kristen berkata “ aku tidak mau bergumul dengan Allah “. Silahkan BERGUMUL dengan PROBLEM mu sendiri, seperti melawan BAYANG-BAYANG mu. Banyak orang Kristen disuruh BERDOA tidak mau, keliru, malah pilih PROBLEM, ini akan SELESAI GAMPANG BUAT TUHAN. Berani engkau bayar semalaman BERGULAT dengan Allah sampai Dia MEMBERKATI mu. Dan Esau dibuat tersenyum, 400 pasukan nganggur tidak jadi perang, dendam bertahun-tahun sirna dalam sekejab, ALLAH SANGGUP KERJAKAN ITU, DIA MAU ENGKAU BERGULAT DENGAN AKU DIKAMAR DOAMU, SAMPAI AKU MEMBERKATI ENGKAU, maka hidupmu akan tertolong.
3. Yang terakhir, yang ketiga :
Faktor yang ketiga yang harus kita perhatikan adalah istilah saya FAKTOR BINATANG BUAS, apa itu?, lihat Ulangan 7 , saya baca ayat ini aneh sekali tetapi ayat ini berbicara banyak sekali, dengan ayat ini tidak ada orang kecewa dengan Tuhan lagi, saudara yang punya persoalan, dengar baik-baik!, renungkan lalu mengertilah bagaimana Tuhanmu bertindak dalam hidupmu.
Deu 7:1  “Apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke dalam negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, dan Ia telah menghalau banyak bangsa dari depanmu, yakni orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, tujuh bangsa, yang lebih banyak dan lebih kuat dari padamu,
Deu 7:2  dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka.
Deu 7:22  TUHAN, Allahmu, akan menghalau bangsa-bangsa ini dari hadapanmu sedikit demi sedikit; engkau tidak boleh membinasakan mereka dengan segera, supaya jangan binatang hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau.
Deu 7:23  Demikianlah TUHAN, Allahmu, akan menyerahkan mereka kepadamu dan akan mengacaukan mereka sama sekali, sampai mereka punah.
Pada ayat yang pertama diberi daftar 7 nama suku dalam kitab yang lain ada tambahan orang Midian, Filistin dan Moab, minimal 10 suku yang harus mereka taklukan ditanah Kanaan. Dan pada alkitab dikatakan , Allah berkata “ jangan taklukan mereka semua tetapi Tuhan Allahmu akan menghalau bangsa –bangsa ini dari hadapanmu SEDIKIT DEMI SEDIKIT, supaya jangan BINATANG hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau “.  Ini kata saudara Thomas prinsip eko sistem kerajaan surga, dengar baik – baik !, di Kanaan rupanya banyak binatang buas, orang Israel tidak boleh makan binatang-binatang itu, binatang ini ada pemangsanya, siapa itu ?, yaitu tadi orang Het, orang Girgasi, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus. Kalau pemangsa BINATANG ini habis maka BINATANG ini akan berkembang banyak sekali, Tuhan berkata “ tidak baik buat kamu kalau terlalu banyak BINATANG buas ini jadi supaya BINATANG buas ini terlalu banyak maka kamu masih membutuhkan BANGSA -BANGSA ini untuk memangsa mereka, jadi kamu kalahkan mereka SEDIKIT DEMI SEDIKIT tidak usah sekaligus “.
Ketika saya membaca ayat ini dan merenungkannya, Roh Kudus mengajarkan saya luar biasa, dengar baik baik!, saya pikir Tuhan itu hikmatnya luar biasa, BINATANG BUAS dalam hidup kita apa sih?, kitab Wahyu berkata “ ada the Beast, si jahat, simbolnya 666, angka ini simbol KEDAGINGAN MANUSIA. Semua yang daging ini kehendaki yaitu kenikmatan hidup, hawa nafsu, keinginan mata, segala macam yang DAGING ini inginkan itu simbolnya 666.
Tuhan mau berkata “ PROBLEM mu itu banyak AKU tidak akan menghabiskan semua ”,  banyak orang berkata “ PROBLEM kamu bagaimana?, ya pak tapi MASIH BANYAK ”, ya memang musti begitu. Tetapi Kita maunya “ Tuhan tiuplah dengan nafasmu, habiskan semua selesaikan semua PROBLEMKU agar kuhidup dengan sukacita “.  Itu kan model kita, Tuhan tidak pernah mau begitu, KENAPA?
KARENA KALAU SEMUA PROBLEM KITA DIHABISKAN SEMUA MAKA SEMUA KEINGINAN DAGING KITA AKAN MUNCUL.
Contohnya :  
Bayangkan HIDUPMU TANPA MASALAH, contoh : gaji 1 tahun Rp 500 juta, kalau 200 juta kurang mau beli toko kurang, badan sehat tidak perlu dokter, rumah 3 hektar halamannya, mobil 5 saja , istri satu jangan banyak-banyak anak cukup 2, sehat semua pintar genius, apalagi….. digereja ketua majelis dan bagian keuangan, di lingkungan rumah ketua RT & wakil Lurah, ikut organisasi…..presiden club…., jadi orang terkenal sering diwawancara oleh majalah Time & Newsweek, SEMUA ENGKAU PUNYA, ada orang berani sama kau?,
COBA SAYA MAU TANYA HIDUP ORANG SEPERTI INI KAYA APA???, MENYEMBAH TUHAN, OMONG KOSONG!, MENURUT SAYA!, MENURUT SAYA SEBALIKNYA!, MAU SEMBAHYANG? SEMBAHYANG APALAGI?, MAU MAKAN SUDAH ADA SEMUA, BERDOA…..TUHAN……EMMMMM……AMIN, GITU AJA DOANYA SELESAI, MAU APALAGI?, ADA ORANG MINTA SUMBANGAN?, UNTUK APA? UANG CARINYA SUSAH!, JANJI IMAN TIDAK PERLU LANGSUNG SAYA BERI KARENA SERING LUPA KALAU JANJI…., JADI UNTUK APA SEMUA ITU?, KALAU SEMUA PROBLEM ITU SELESAI KEDAGINGAN KITA TAMBAH LUAR BIASA, LALU BELI TV AH…. TERLALU KECIL… LAMA-LAMA BELI BIOSKOP YANG NONTON CUMA 1 ORANG?, JADI MAU NGAPAIN LAGI?, UANG SUDAH TERLALU BANYAK, JADI BINGUNG, DALAM PENELITIAN DITEMUKAN ADA SATU JENIS BAKTERI YANG CUMA BISA HIDUP DIKERTAS UANG, DAN BAKTERI ITU BISA HIDUP DIHATIMU NAMANYA CINTA AKAN UANG, KENYATAANNYA MEMANG ADA BAKTERI SEPERTI ITU DAN HANYA HIDUP DIKERTAS UANG.
Saudara kalau kita HIDUP TANPA PERSOALAN, anda bisa bayangkan, hidup kita makin hancur karena KEDAGINGAN KITA KUATNYA LUAR BIASA, dan Tuhan tahu itu kalau AKU biarkan BINATANG buas ini, monster dalam hidup kita, DAGING kita tambah banyak tambah tebal, CARI DOSA, PASTI BERBUAT DOSA, akibatnya apa Tuhan berkata “ Aku akan kalahkan suku-suku itu SEDIKIT DEMI SEDIKIT !”, orang Malaysia berkata Siki-siki, tidak usah TUNTAS SEMUA tetapi SEDIKIT DEMI SEDIKIT supaya BINATANG buas, monster DAGING kita tidak terlalu banyak. Kalau problem datang “Tuhan tolong”, nah…bagus itu. Tercapai tujuannya. Kekurangan uang malah memberi, memberi siapa tahu diganti 100 x ganda, kalau orang sudah punya uang untuk apa diganti loh aku sudah punya banyak.
Lalu maksud dari suku-suku ini apa?, ternyata setiap nama suku itu mempunyai arti masing-masing :
  • Suku HET artinya TEROR atau TERORIS, seringkali dalam hidup kita muncul teror kalau tidak daging kita ini sombongnya luar biasa agar kita selalu BERGANTUNG KEPADA TUHAN.
  • Suku GIRGASI artinya MEMBANGKIT – BANGKITKAN PERSOALAN, ada orang-orang seperti itu yang mampir kehidupan kita dan membangkitkan persoalan, kita berkata “ Tuhan singkirkan orang ini “, lalu Tuhan berkata “Ok SEDIKIT aja ya”, orang ini menguji karakter hidup kita supaya kita BELAJAR MENGAMPUNI karena memang ada orang yang selalu menimbulkan masalah.
  • Suku AMORI artinya MENANTANG DENGAN KATA-KATA, MEMBANTAH TERUS, anda punya suami atau istri yang Amori, diomongin malah membantah terus, kalau anda orang nya jengkelan kalau dibantah marah berarti anda perlu Amori, orang ini akan membuat kita semakin SABAR.
  • Suku KANAAN artinya TUKANG MENJEBAK/TRAPER, ada orang –orang yang kejebak bisnisnya, itu bagus supaya tidak sombong dan merasa selalu hebat.
  • Suku FERIS artinya TUKANG KEMAH YANG ILLEGAL/PENYEROBOT, anda punya tanah diserobot orang ini bangsa Feris, kalau anda masih cinta harta perlu orang-orang illegal ini, makin cinta harta makin banyak Ferisnya.
  • Suku HEWI artinya ULAR/RACUN, ada orang yang diganggu oleh kata-kata yang meracuni, kalau kita tidak bisa memakai firman Tuhan/pedang roh maka telinga kita akan gampang teracuni.
  • Suku YEBUS artinya MEMASUKI DAERAH BARU SECARA ILEGAL, diajar didorong untuk intervensi secara illegal, ini sering kali jadi masalah dalam kehidupan kita, ada dorongan-dorangan jahat dalam hidup kita, problem-problem itu sering kali merusak dan baru bisa selesai setelah engkau singkirkan segala kecintaanmu pada harta.
  • Suku MIDIAN artinya PERTENGKARAN/RIBUT/CEKCOK, ini temannya Amori, kalau Amori anda ladeni, anda tantang dengan kata-kata anda bantah, maka Midian datang, rumah ku kok ribut terus pak? kok tidak hilang-hilang, itu perlu untuk mengikis dagingmu, belajar MENGUASAI DIRI, jangan banyak ngomong tetapi banyak BERDOA, jangan banyak argument yang tidak perlu.
  • Suku FILISTIN artinya BERKUBANG PADA DEBU/TANAH/PASAR, ini symbol dari selfpity, orang yang merasa kasihan terus pada diri sendiri, jadi nyungsepnya ditanah/debu, orang seperti ini akan banyak diteror oleh banyak masalah,sehingga ia seperti orang nelongso, hidup saya kenapa begini, kecewa terus sama orang, negative terus sama orang, kok tidak hilang Tuhan, ya itu untuk mengikis dagingmu.
  • Suku MOAB artinya PEMBERONTAKAN/REBELION sering kali muncul pada saat kita mengatur karyawan atau bawahan kita, sering itu muncul dalam hidup kita, itu penting untuk mengikis kedaginganmu, “ Tuhan singkirkan Moab  ini “, Tuhan jawab “ya satu aja yang lain biar “. Untuk apa? Untuk menghancurkan BINATANG BUAS dalam hidupmu.
Setiap kali ada PERGUMULAN ada MASALAH, Tuhan berkata “ Aku mau hancurkan semua tetapi SEDIKIT DEMI SEDIKIT supaya BINATANG BUAS jangan terlalu banyak dalam hidupmu “
Ayat terakhir :
2Co 12:7  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
2Co 12:8  Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
2Co 12:9  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.
2Co 12:10  Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.
Paulus mengalami saudara, dia terima pernyataan yang luar biasa, Allah mengerti kalau Aku biarkan maka ia akan sombong dan tinggi hati, Allah berkata “ beri utusan Iblis, kasih ia duri dalam daging “, tiga kali Paulus berdoa ” Tuhan singkirkan “,  Tuhan diam saja, Tuhan jawab “ tidak Paulus, Cukup kasih karuniaku bagimu itu perlu buat kamu“, untuk apa?, SUPAYA KEDAGINGANNYA TIDAK MUNCUL DALAM HIDUPNYA!.
 Jadi kalau anda berkata “ kapan ya PROBLEM saya berakhir ? ”, mungkin tidak pernah berakhir, satu hilang satu muncul satu hilang satu muncul tetapi bukan supaya hancur hidupmu, Allah tidak pernah iseng !, misalnya “ wah anak KU kok tenang-tenang tak itik –itikin ya “ , Allah tidak seperti itu.
DIA TIDAK PERNAH BERBUAT SESUATU TANPA TUJUAN YANG JELAS, SEMUA YANG DIA KERJAKAN PUNYA NILAI KEKAL YANG LUAR BIASA, YANG MANUSIA TIDAK BISA MENGERTI TETAPI PALING TIDAK KITA MEMAHAMI KENAPA PROBLEM DALAM HIDUP KITA HANYA SEDIKIT DEMI SEDIKIT DIA SINGKIRKAN YAITU SUPAYA BINATANG BUAS/KEDAGINGAN DALAM HIDUP KITA TIDAK TERLALU BANYAK SEHINGGA MENENGGELAMKAN DAN MENGUASAI KITA.
SETIAP TANTANGAN, SETIAP PERGUMULAN, SETIAP MASALAH SENANTIASA PUNYA TUJUAN UNTUK MEMBAWA KITA MAKIN DEKAT DENGAN DIA!!!
MARI BELAJAR MELIHAT PROBLEM KITA SECARA BENAR!  
3 POINT PENTING :
  • SEGALA SESUATU BERSUMBER PADA YESUS, YESUS ADALAH SEGALA – GALANYA. Jesus the author and finisher of our faith, Dia yang MEMULAI dan Dia yang MENGAKHIRI IMAN kita.
  • KETIKA PROBLEM DATANG, JANGAN SEKALI-KALI ENGKAU BERANI MENGHADAPI  ITU, SEBELUM ENGKAU SELESAIKAN PERGUMULAN MU DENGAN ALLAH DIDALAM DOAMU.
  • KITA MEMAHAMI KENAPA PROBLEM DALAM HIDUP KITA HANYA SEDIKIT DEMI SEDIKIT DIA SINGKIRKAN YAITU SUPAYA BINATANG BUAS/KEDAGINGAN DALAM HIDUP KITA TIDAK TERLALU BANYAK SEHINGGA MENENGGELAMKAN DAN MENGUASAI KITA.
Melihat Masalah Dengan Benar
Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

Komentar

Postingan Populer