Kekuatan Untuk Menerima Warisan

Kekuatan Untuk Memperoleh Warisan

By : Joshua Ivan Sudrajat

 Bahan Renungan : Kejadian 22 : 1 - 19

Yesus Kristus telah membuat ini, supaya didalam Dia Berkat Abraham sampai kepada bangsa - bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu. (Galatia 3 : 14)

Renungan :

Diantara kita sebagai orang kristen mau menerima berkat Abraham, karena kita tahu bahwa berkat Abraham itu luar biasa. Abraham dipanggil Tuhan untuk pergi dari keluarganya, tempat asalnya dan dari suku bangsanya untuk masuk ke suatu tanah yang dijanjikan oleh Tuhan. Berkat Abraham : "Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang - orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang - orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum dimuka bumi ini akan mendapat berkat (Kejadian 12 : 2 - 3)





Berkat Abraham itu sangat luar biasa sekali, jika kita mempelajarinya. Kita sebagai anak - anak Abraham secara rohani oleh karena Kristus Yesus, kita juga menerima berkat Abraham yang berlimpah - limpah bukan berkat secara pas-pasan. Jika kita melihat didunia ini orang - orang Yahudi sebagian besar menguasai perekonomian dunia, pengetahuan dan sebagai orang - orang yang diberkati dan banyak sekali mereka yang mempunyai tanda - tanda bahwa hidupnya diberkati oleh Tuhan.





Kejadian 22 : 17 berkata : "maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di Langit dan seperti pasir di laut, dan keturunanmu akan menduduki kota - kota musuhnya.





Kata Keturunan dalam Kejadian 22 : 17 berbicara mengenai perdagangan, jiwa - jiwa, bisnis, ekonomi, anak - anak secara jasmani dan rohani. Semuanya akan diberikan kepada kita anak - anakNya yaitu keturunan Abraham secara rohani. Kita sebagai keturunan Abraham secara rohani akan menduduki kota - kota musuh dan melahirkan suatu kegerakan yang besar.





Oleh keturunanMulah semua bangsa dibumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan Firman Tuhan (Kejadian 22 : 18) Firman Tuhan dalam Kejadian 22 : 18 mengatakan bahwa oleh keturunanmu semua bangsa dibumi mendapatkan berkat, karena engkau mendengarkan Firman Tuhan. Mendengarkan Firman Tuhan yang menjadi rhema dalam kehidupan kita dan kita lakukan dengan ketepatan.





Untuk memperoleh Berkat Abraham secara utuh kita harus mendengarkan Firman Tuhan dan mempunyai iman kepada Tuhan Yesus Kristus seperti ada tertulis : Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu (Galatia 3 : 19).





Jika kita mau menerima warisan dari berkat Abraham kita harus melewati ujian. Seperti Abraham dan Ishak juga menerima ujian dari Tuhan satu paket. Abraham disuruh Tuhan untuk mempersembahkan Ishak anaknya yang tunggal sebagai korban. Ishakpun dia tidak membantah dan protes dengan apa yang dilakukan oleh ayahnya Abraham. Abraham pun percaya kepada Firman Tuhan dan Ishakpun tidak protes, mereka berdua lulus ujian tersebut.





Abraham diuji dan diperhadapkan dengan satu perintah Tuhan yang diluar akal manusia yang sehat. Abaraham disuruh mempersembahkan anaknya, namun Abaraham melakukan dengan taat dan segera perintah Tuhan. Abraham tidak melakukan diskusi dengan Tuhan atau mengajukan pertanyaan, itu merupakan ketaatan yang sempurna.





Untuk menerima warisan berkat Abraham menjadi kenyataan dalam kehidupan kita, kita perlu meletakkan semuanya yang ada pada hidup kita. Apakah itu impian kita, pekerjaan kita, pelayanan kita, uang kita, bisnis kita, perasaan kita. Semuanya harus diserahkan kepada Tuhan dengan ketaatan mutlak.





Ketika kita mengalami kesulitan didalam kehidupan kita, kita seperti Abraham yang mempunyai kesulitan disaat harus menyerahkan Ishak sebagai korban. Ketika Abraham Taat maka Tuhan menyediakan domba untuk dipersembahkan Abraham ke hadapan Tuhan. Pada saat itulah Abraham mengalami yang namanya Jehovah Jireh "Allah yang mencukupkan segala kebutuhanku". Ketika Tuhan yang mencukupkan segala kebutuhan kita diwahyukan kepada kita, syaratnya adalah kita mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan.





Menurut sejarah alkitab, pada waktu itu Ishak bukanlah seorang anak kecil, namun ia seorang yang sudah dewasa karena bisa mengangkat kayu bakar dipundaknya. Umur Ishak pada waktu itu kira - kira 25-30 tahun.





Kekuatan untuk menerima warisan berkat Abraham adalah : IMAN, PERCAYA, Tidak Memberontak, Taat Mutlak. Jika semua kita lakukan dengan benar maka kita akan menangkap warisan Abraham yang Tuhan sediakan untuk kita. Amin.



Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima Janji Allah. (Galatia 3 : 29)

Jatiwangi, 8 Maret 2012

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer