Murid yang dikasihi

Murid yang dikasihi
Ditulis dari kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo
Ketika Tuhan mengungkapkan hal itu sekujur badan saya ini gemetar karena nyaris ada satu perkara yang hampir saya buat yang akan mengakibatkan kerusakan pada jemaat Tuhan ditempat ini. Saudara jangan anggap itu perzinahan atau dosa apapun, saya tidak bisa ceritakan hal itu ditempat ini. Tapi saya ingat peristiwanya mirip walaupun tidak sama persis tapi spirit yang datang dan mencoba memanipulasi  sama, kalau anda dengar cerita Pak Yusak Cipto ketika ia berdoa dan muncul dihadapannya Tuhan Yesus dan ternyata itu adalah Iblis pada waktu itu ada beberapa pertanyaan diajukan dan nyaris terjadi kesalahan dan hal yang sama yang kami alami dalam beberapa hari terakhir ini persis sama. Saya bahkan berkata kepada saudari Ribkah tadi sore bahkan kita menganggap hal itu sebagai hikmat Salomo tetapi ternyata hikmat itu berasal dari Setan. Ketika Tuhan buka mata rohani saya untuk melihat apa akibatnya kalau hal itu dikerjakan, sekujur tubuh saya gemetar, saya berkata Tuhan engkau proteksi kami luarbiasa.
Saya mau katakan buat saudara ,” dari seluruh orang yang hadir digereja ini yang paling membutuhkan bantuan doa dan yang harus paling sering didoakan itu adalah saya (Gembala).” Anda berkata “  ya engga toh pak, persoalan saya yang paling besar, semua orang dimana-mana berkata persoalannyalah yang paling besar dan bapakan pendeta hidupnya sudah diberkati Tuhan, hidupnya sudah kelihatannya enak. Saya mau memberikan contoh ; kalau anda naik pesawat terbang, sebelum pesawat take of, maka anda akan diajar oleh pramugari bagaimana membuat cara penyelamatan darurat, pertama bagaimana memakai baju pelampung dan setelah itu pramugari berkata nanti jika ada perubahan ketinggian yang membuat kadar oksigen didalam ruangan berkurang maka diatas atap akan keluar dengan sendirinya  masker oksigen, anda harus segera memakainya. Setiap penerbangan harus mengajarkannya kepada setiap penumpang.
“ Sekarang saya mau bertanya kepada kaum ibu ; kalau ada seorang ibu membawa seorang anak kecil umur 4-5 tahun, yang untuk meraih masker oksigen dari tempat duduknya tidak mampu, kalau sampai terjadi keadaan darurat seperti itu yang harus ditolong dulu anak atau ibunya?” , “ kalau sampai terjadi keadaan darurat seperti itu yang anda mau tolong DIRIMU sendiri atau anakmu?”. Banyak yang menjawab anak. Seperti lagu yang dinyanyikan anak saya, samy,  “ Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali ” . tetapi PERATURAN nya adalah ibunya harus menolong DIRINYA dulu baru kemudian anaknya. Kenapa peraturan seperti itu? sebab jika ibunya sudah tertolong maka ibunya bisa menolong anaknya. Yang bisa menolong harus didahulukan.
Jadi yang paling membutuhkan doa adalah saya karena sering dihadapkan pada hal-hal yang begitu tipis perbedaannya antara kebenaran atau kejahatan dihadapan Tuhan. Kalau sampai keputusan yang diambil salah, dan biasanya last minute harus memutuskan, saudara itu membutuhkan anugerah Allah yang besar.
Pemimpin yang salah akan berakibat kepada jemaatnya , jemaatnya akan mengalami akibat kesalahan pemimpinnya.
Jadi doakanlah para pemimpin karena merekalah yang sangat membutuhkan doa anda, doa anda akan selalu menjaga mereka.
Saya saya mau menyampaikan hal yang penting sekali, diantara murid-murid daripada Tuhan Yesus ada satu orang yang PALING DIKASIHI Tuhan, siapa saudara?, Yohanes. Alkitab ini berkali-kali mengatakan Yohanes adalah MURID YANG DIKASIHI. Kalimat itu mengusik saya sampai saya berdoa dan bertanya kepada Tuhan mengapa Yohanes sampai disebut MURID YANG DIKASIHI?. Saya percaya Allah mengasihi semua kita, Allah mencintai dan tidak membeda-bedakan kita tetapi pada orang –orang tertentu kasih yang Tuhan berikan bukan kasih yang merata tetapi sampai pada tingkat dimana hati Tuhan sendiri TERPAUT kepada dia. Orang ini sepertinya “ bisa MENCURI hati Tuhannya”. Sampai alkitab berkata bahwa Yohanes adalah MURID YANG DIKASIHI oleh Yesus lebih dari murid-murid yang lain, orang ini punya tempat khusus di hati Yesus. Memang benar bahwa Petruslah yang pertama menerima mandat untuk menggembalakan domba-domba , itu pelajaran yang berharga buat kita bahwa saudara bisa jadi bukan pemimpin dalam skala besar tetapi saudara bisa menjadi orang yang dikasihi oleh Yesus, menjadi orang mempunyai tempat yang khusus di hati Yesus.
Saya mau buktikan sampai dimana KEKHUSUSAN yang dimiliki oleh Yohanes .
Yang Pertama : Pada waktu perjamuan terakhir sebelum Tuhan disalibkan, Tuhan berkata “ seorang diantara kalian akan menyerahkan aku”, semua orang bertanya siapa-siapa?, Petrus adalah orang yang rasa ingin tahunya besar dan sifatnya meledak-ledak, ketika ia ingin tahu siapa orangnya dia tidak berani langsung kepada Yesus tetapi dia tanya kepada Yohanes, yang pada saat itu sedang menyandarkan kepalanya didada Yesus. Lihat cara ia duduk kita bisa tahu orang ini dekat dengan Yesus  dan Yesus punya tempat yang KHUSUS pada orang yang bernama Yohanes. Sehingga Petrus bertanya kepada Yohanes “ Tanya kepada Guru siapa orang itu?”, lalu Yohanes mendekat kepada Yesus dan bertanya” siapa dia Tuhan?”, dan Tuhan berbicara pribadi dengan Yohanes, katanya “ orang yang aku beri roti dialah orangnya” lalu Tuhan memberi tanda. Murid-murid yang lain tidak ada yang tahu, alkitab berkata waktu Yudas itu pergi mereka pikir Yudas mau membeli sesuatu atau memberikan sesuatu kepada orang lain. Tetapi Yohanes dibisiki sesuatu yang orang lain tidak tahu, Tuhan berkata, “ yang kuberi roti dialah orangnya”  Tuhan mencelupkan rotinya dan Dia memberikan kepada Yudas, pada waktu itu hanya Yohanes yang tahu akan hal itu.
Yang kedua : pada saat Tuhan Yesus disalibkan di Golgota, menjelang Dia menyerahkan nyawanya, dia ingat akan ibunya Maria, Dia berpikir bahwa aku tidak pernah bisa menunggui ibunya selamanya, Aku harus titipkan kepada orang dan tentunya orang itu yang sangat KHUSUS dan bisa DIPERCAYAI.Dan  kepada Yohanes  Tuhan menitipkan ibunya , Tuhan berkata “ ibu inilah anakmu “ dan Ia berkata kepada Yohanes “ inilah ibumu”, Dia serahkan ibunya kepada MURID YANG DIKASIHI. Lalu kemudian sebegitu dekatnya HUBUNGAN Yohanes dengan Tuhan sampai menjelang Yesus akan naik kesorga, Petrus ini bertanya “ Tuhan apakah yang akan terjadi dengan dia?” jawab Yesus “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.” Yohanes punya tempat yang sangat special dihati Yesus.
Yang terakhir : pewahyuan yang luar biasa yang kita baca dalam kitab Wahyu diterima oleh orang yang bernama Yohanes. Sejarah gereja menuliskan semua rasul-rasul yang lain mati syahid tetapi Yohanes mati tua dalam usia lanjut, dikisahkan pernah digoreng pada minyak mendidih tetapi tidak mati lalu dibuang ke pulau Patmos dan bertemu dengan Tuhannya lagi didalam kemuliaan yang luarbiasa dan dia menerima pewahyuan dari Tuhan.ini orang yang dikasihi.
Ketika saya baca semuanya ini, saya bertanya “ Tuhan bagaimana menjadi orang YANG DIKASIHI Tuhan?. Anda mau kasih Kristus yang rata-rata, yang tidak membeda-bedakan atau anda mau jadi orang YANG DIKASIHI Tuhan.
Paulus berkata , Php 3:7 “ Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Php 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus.”
Saya percaya Allah ingin semua kita mendapat tempat yang KHUSUS dihadapan Tuhan. Saya mau tunjukan seperti apa PRIBADI Yohanes. Yohanes bukanlah PRIBADI yang super, saya mau tunjukan semua KELEMAHAN nya, dia pribadi yang menurut saya pada masa awal dia bertemu dengan Tuhannya, dia pribadi yang KEDAGINGANnya besar.
Mar 10:35 Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: “Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!” Mar 10:36 Jawab-Nya kepada mereka: “Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?” Mar 10:37 Lalu kata mereka: “Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mukelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu.” Mar 10:38 Tetapi kata Yesus kepada mereka: “Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?” Mar 10:39 Jawab mereka: “Kami dapat.” Yesus berkata kepada mereka: “Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Mar 10:40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan.” Mar 10:41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lainmenjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.
Kenapa murid-murid yang lain marah kepada Yohanes dan Yakobus?, karena mereka juga ingin tempat atau posisi yang sama,  mereka rebutan pengaruh kepada Yesus, rebutan ingin dekat Tuhannya, berebut rezeki dan kemuliaan. Tetapi orang yang BERANI BERBICARA itulah orang yang AMBISInya paling besar, Yaitu Yakobus dan Yohanes.
Luk 9:46 Maka timbullah pertengkaran di antara murid-murid Yesus tentang siapakah yang terbesar di antara mereka. Luk 9:47 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka. Karena itu Ia mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di samping-Nya, Luk 9:48 dan berkata kepada mereka: “Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar.”
Yohanes bukan orang super, dia orang seperti kita kebanyakan dengan semua KEDAGINGAN yang ada padanya. Kalau ada membaca ayat 46 sampai dengan 48 dari lukas 9, anda akan menjumpai perikop siapa yang terbesar diantara para murid ”. Yohanes bertengkar dengan murid-murid yang lain.
Luk 9:49 Yohanes berkata: “Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.” Luk 9:50 Yesus berkata kepadanya: “Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu.”
Yohanes pribadi yang exclusive,“karena ia bukan pengikut kita”, dia mau memonopoli semuanya, orangnya KEDAGINGAN dan AMBISInya besar , anehnya menjelang Yesus mati dia disebut MURID YANG DIKASIHI tentu ada hal yang merubah hidupnya.
Luk 9:51 Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, Luk 9:52 dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya.  Luk 9:53 Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem.  Luk 9:54 Ketika dua murid-Nya,yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: “Tuhan, apakah Engkaumau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?”
Luk 9:55 Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. (KJV) But he turned, and rebuked them, and said, You know not what manner of spirit you are of.
Lihat saudara ini bukan RASUL KASIH, hari ini orang teologia berkata Yohanes adalah RASUL KASIH. Dia yang berkata Allah adalah kasih, tetapi kehidupan lamanya adalah orang yang kejam luar biasa.
Bagaimana Tuhan cinta kepada orang seperti ini apa ada yang keliru? Tetapi kalimat MURID YANG DIKASIHI muncul menjelang kematian Yesus artinya selama tiga tengah tahun terjadi PROSES kehidupan yang luar biasa. Dan karena PROSES itu dialami oleh yohanes sampai akhirnya hati Tuhan terpikat kepadanya.
Apa yang membuat Yohanes diubahkan begitu TOTAL dan RADIKAL?
Saya mau sampaikan 3 point apa yang mengubah Yohanes :
Joh 1:35 Pada keesokan harinya Yohanes ( Yohanes Pembaptis ) berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya ( Yohanes dan Andreas ). Joh 1:36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!” Joh 1:37 Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Joh 1:38 Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu cari?” Kata mereka kepadaNya: “Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?” Joh 1:39 Ia berkata kepada mereka: “Marilah dan kamu akan melihatnya.” Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama- sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.
1. POINT YANG PERTAMA :
Pertanyaan yang muncul dari Yesus adalah “ APAKAH YANG KAMU CARI?”, “What are you looking for?”, “ What do you want?”, apa yang kamu ingini?, kenapa kamu ikut aku?, kamu mau apa dari Aku?,
Apa MOTIVASI kita mengikut Yesus? ini merupakan dasar pertanyaan pertama yang harus dijawab pada setiap orang percaya harus jawab.
APA MOTIVASI DASAR DIDALAM HATI KITA UNTUK MENGIKUT YESUS???
Hari ini kita seperti Yohanes dan Andreas yang mengikuti Yesus, Dia gembala dan kita adalah domba-dombanya. Tapi ingat pada waktu engkau mulai mengikuti Yesus Dia akan menoleh kebelakang dan bertanya “ apa yang kamu cari?”, mengapa kamu mengikuti aku?, apa yang engkau mau?. Saudara harus menjawabnya sendiri didalam hati dan itulah sebenarnya DASAR KEKRISTENAN dan dasar hatimu.
Ada orang berkata “ ya Tuhan sembuhkanlah aku, Dia sembuhkan “, ada orang berkata “ ya Tuhan pulihkanlah aku, aku memulihkanmu”, ada orang berkata “ ya Tuhan kembalikanlah keluargaku, Dia mempersatukan kembali”, ada orang yang berkata “ ya Tuhan angkatlah bisnisku, Dia memberkati”, ada orang berkata “ ya Tuhan tarik aku dari semua ikatan dan belengu dosa, Aku lepaskan”.
Tetapi selalu ketika kita mulai mengikut akan Dia, Yesus akan tiba-tiba berhenti dan bertanya apa yang kamu cari?”, mengapa kamu mengikuti aku?, apa yang engkau mau dariku?. Bukan karena Ia menolak tapi Ia ingin tahu?, kenapa ada orang yang mengikuti Nya terus?
Jawaban itu akan muncul dari hati kita yang paling dalam dan itulah MOTIVASI DASAR kita mengikuti Yesus!.
Saya harus berkata jujur sebagian besar orang datang kepada Yesus bukan CINTA KEPADA YESUS tetapi CINTA KEPADA DIRINYA SENDIRI.
Pada waktu kita berkata “ Tuhan aku mau surga aku takut akan neraka, aku mau hidup yang kekal, Dia berkata “ anugerahku cukup bagimu”. Tetapi orang yang berteriak seperti itu CINTA KEPADA DIRINYA SENDIRI. Ada orang berkata “ Tuhan aku mau keselamatan keluargaku”, itu masih bagus orang mulai memikirkan orang lain. Ada orang berkata “ Tuhan aku mau kesembuhan, aku mau berkat, aku mau pemulihan”. “ Aku mau ini aku mau itu” semuanya untuk KEPENTINGAN dirinya sendiri. Itu membuktikan DASAR HATI kita yang paling dalam. Sebagian besar orang Kristen datang kepada Tuhan karena hal itu.
Itulah sebabnya ketika murid yang pertama mengikut Dia, Yesus BERHENTI dan MENOLEH kebelakang dan ia bertanya “ Apa yang kamu cari?”, mengapa engkau ke gereja, berdoa, memuji Tuhan, baca alkitab, berpuasa dan mengikut Aku?, “ Apa yang kamu cari”.
Tetapi untuk menjadi MURID YANG DIKASIHI, anda harus punya SIKAP DASAR dalam hatimu seperti yang dimiliki Yohanes.
Kata mereka kepadaNya: “Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?”
Bartimeus teriak “ Yesus anak Daud kasihanilah aku”, Tuhan berkata “ suruh dia kemari, apa yang kamu mau?”, Bartimeus menjawab “ ya Tuhan supaya aku dapat melihat”. Fakta , kita harus JUJUR dengan Tuhan, ketika Ia bertanya “ apa yang kamu cari?”, sampaikan dengan JUJUR.
tetapi untuk menjadi MURID YANG DIKASIHI, engkau harus mampu berkata : Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?”
Joh 1:39 Ia berkata kepada mereka: “Marilah dan kamu akan melihatnya.” Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama- sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.
Ini MOTIVASI dasar kita, kalau kita mau menjadi orang yang dikasihi oleh Tuhan, secara khusus ada tempat dihati Yesus, saudara harus berkata
“ TUHAN AKU MAU TINGGAL DIMANA ENGKAU TINGGAL, AKU TIDAK MINTA APA-APA, AKU HANYA MAU BERSAMA DENGAN ENGKAU “.
Ada sepuluh orang kusta yang berteriak “ Tuhan tolong aku “ mereka semua disembuhkan tetapi hanya orang samaria yang kembali dan tersungkur dikaki Tuhan dan berterima kasih kepada Yesus. Tuhan bertanya “ mana yang lain?”. Kenapa hanya satu orang yang kembali ? yang lain tidak berterima kasih kepada Tuhan?, Karena gol nya sudah tercapai.
“ KALAU TUJUAN HIDUP KITA BERSAMA DENGAN YESUS ADALAH HANYA UNTUK MENCAPAI SESUATU YANG DIBUMI INI, ENGKAU TIDAK AKAN LANGGENG MENGIKUT DIA!”
Kalau engkau cari kekayaan, kemakmuran, kelimpahan, kesembuhan, pemulihan, semuanya itu Dia bisa kerjakan dengan dalam waktu yang singkat, tetapi itu akan membuat engkau berhenti mengikut Dia atau  kalau engkau ikut Dia engkau akan mengajukan permintaan-permintaan yang duniawi.
Tetapi Yohanes mulai dengan pertanyaan “ Guru dimana engkau tinggal?”, dan Tuhan senang dengan ROH seperti ini sekalipun KEDAGINGAN nya masih banyak. Tuhan tahu, sekalipun ambisinya masih besar, Yesus tahu dengan pasti. Tapi JAWABAN mereka  pertama itu BERKENAN dihatinya. “ DIMANA ENGKAU TINGGAL?” pada saat itu mereka mereka melihat dimana Dia tinggal dan MEREKA TINGGAL BERSAMA-SAMA DENGAN DIA.
Dalam perjanjian lama ada satu tokoh lagi yang DIKASIHI TUHAN LEBIH dari pada yang lain namanya Daud. Tuhan berkata  a man after mine own heart.” , anda akan melihat satu kerinduan yang persis sama seperti yang dimiliki oleh Yohanes.
Psa 27:4 Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
Sampai dinyanyikan dengan luarbiasa hari ini tetapi apa banyak orang yang menyanyi keluar dari dalam HATI.  “ Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN “, ITU YANG AKU INGINI, SATU ITU SAJA. AKU TIDAK MINTA YANG LAIN. Makanya Allah berkata a man after mine own heart.” Buah hatiku sendiri,  “ YANG HANYA INGIN TINGGAL DIMANA TUHAN TINGGAL.”.
“ KALAU ENGKAU TINGGAL DAN BERSEKUTU DENGAN DIA MAKA ENGKAU AKAN MENGALAMI BANYAK HAL YANG LUAR BIASA DALAM HIDUPMU!”
Saya saksikan hari kamis yang lalu saya terima mujizat di Surabaya, senin yang lalu saya kesurabaya pada waktu pagi berangkat naik pesawat perut saya sudah tidak enak, saya harus datang ketempat seminar, saya kotbah dua session, siang selesai saya pulang, saya menginap dirumah pak Bernard dan ibu Linda. Perut saya sakit sekali lalu kemudian selama dua hari saya buang air besar dan yang keluar air. Saya lemas sekali, saya kotbah mengambang, dan sorenya saya minta obat , saya diberi obat saya minum dua, saya baca keterangannya kalau suhu badannya tinggi jangan diminum, badan saya Cuma lemas suhu saya tidak tinggi, obat itu efeknya Cuma mengurangi kekamar mandi, mengobatinya tidak tuntas. Lalu malamnya saya diundang di Full Gospel Manyar Chapter acara dinner metting, saya diajak makan tapi saya tidak mau dan minta teh panas saja. Mereka doakan saya karena kalau saya sedang kotbah tiba-tiba pendetanya mulas bisa repot. Luar biasa ketika menyampaikan kotbah Allah berikan kekuatan baru sampai selesai. Begitu pulang pak Bernard ajak saya makan bubur  tetapi waktu makan suhu tubuh saya mulai panas dan biasanya kalau saya sakit panas saya harus beristirahat beberapa hari. Padahal hari rabu saya harus kotbah tiga kali dan berangkat jam 6 pagi karena kebaktian dimulai pk 7, setelah selesai saya langsung pulang ke semarang sampai dirumah saya kira-kira pk 11 malam semua sudah tidur, saya masuk kamar saya dan tergeletak, suhu tubuh saya panas sekali dan obat itu tidak boleh diminum lagi. Saya hanya bisa berdoa “Tuhan Engkau luar biasa, Engkau yang tahu keadaanku aku minta anugerahMu.  sudah tidak kuat untuk menengking penyakit ini saya sudah tidak kuat. Ketika saya tutup mata dan tidak bisa tidur, sedangkan besok pk 6 saya harus berangkat tapi saya percaya anugerah Mu besar. Ketika saya buka mata saya lihat malaikat disebelah saya, wajahnya bagus sekali tinggi besar, saya takut tidak kalau setan merinding tapi saya tengking pasti hilang, malaikat atmosfirnya berbeda,  kok tahu itu malaikat pak pokoknya beda susah dijelaskan. Saya tahu Tuhan menyertai dan memberikan kekuatan kepada saya. 10 menit kemudian saya ingin buang air kecil dan itu berulang-ulang 5-6 x setiap 10 menit, padahal saya tidak minum banyak. Setelah itu suhu badan saya turun dan menjadi normal  langsung tidur, besok  pagi jam 5 saya mandi segar sekali dan sehat, saya berangkat melayani.
“ apa yang kamu cari?”, Dia sediakan semua, Dia berkata “ carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya maka semua akan ditambahkan kepadamu”, seringkali dalam pengalaman rohani saya tidak sempat doa minta, Dia mengerti kedalaman hati saya dan Dia berikan.
Tetapi Yesus perlu bertanya “ apa yang kamu cari?”, Yohanes berkata “ guru dimanakah Engkau tinggal?”, Daud berkata “ Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.”
Kalau anda punya kerinduan mencari Allah dan bersekutu dengan Dia , itu sudah sikap dasar yang benar untuk MENJADI MURID YANG DIKASIHI.
2. POINT KEDUA :
Yohanes ini berbeda dengan murid-murid yang lain, Apanya yang membuat Tuhan itu senang?. Pada waktu mereka semua ikut akan Tuhannya mereka menangkap akan Yesus itu dari berbagai-bagai sudut, ada yang menangkap perbuatan, kebiasaannya dan sebagainya.
Tapi Yohanes ini paling special ia tidak menangkap akan permukaannya tetapi ia menangkap ROHnya Yesus yaitu FIRMANNYA .
KITA HARUS BISA MENANGKAP RHEMA , REVELATION YAITU PEWAHYUAN DARI TUHAN
Ini aneh mari saya buktikan kalau anda punya alkitab dalam bahasa inggris red edition, maksudnya semua perkataan Yesus dicetak dengan tinta merah. Matius ketika menuliskan injil dia memulai dengan kalimat pertama “ inilah silsilah dari Yesus Kristus”. Mulai dengan silsilah. Markus memulai injil dengan cerita suara Yohanes dipadang gurun. Lukas menulis injil secara sistematik tetapi Yohanes menulis secara berbeda, kalau and baca injil Yohanes dalam alkitab red edition, sebagian besar berwarna merah kenapa isinya PERKATAAN-PERKATAAN YESUS lebih banyak daripada apa yang dibuat Yesus sehari-hari. Ia mulai injilnya dengan “ pada mulanya adalah Firman “, ia mulai bukan dengan manusia tetapi memulainya dengan Allah sendiri “ pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah jadi daging dan namanya Yesus”. Tangkapannya beda dan yang ia serap itu perkataannya Yesus . sampai hari ini orang mengakui empat injil ini yang paling sukar dipahami adalah injil Yohanes karena pewahyuannya dalam luar biasa. Nah itu yang ditangkap oleh Yohanes selama ia mengikut Yesus, Roh Kudus hanya MENGINGATKAN, MENGINGATKAN, yang diingat Yohanes adalah PERKATAAN- PERKATAAN Yesus. Yohanes 3:16 jadi high light sampai saat ini.
YANG DITANGKAP  YOHANES ITU FIRMAN ,FIRMAN, FIRMAN kalau itu menjadi bagian dari hidup kita engkau akan jadi MURID YANG DIKASIHI
Deu 33:3 Sungguh Ia mengasihi umat-Nya; semua orang-Nya yang kudus di dalam tanganMulah mereka, pada kakiMulah mereka duduk, menangkap sesuatu dari firmanMu.
Dalam terjemahan lain mereka mengikuti jejak langkah akan kakiMu dan mereka menangkap sesuatu dari Firman Mu. Orang yang seperti Yohanes dan bertanya “ guru dimanakah Engkau tunggal?”. Orang yang menangkap sesuatu dari FirmanNya dan akan menerima anugerah Tuhan yang luarbiasa.
Pagi ini jika Tuhan izinkan saya mau berdoa buat saudara, sebelum saya melayani pekerjaan Tuhan dengan sepenuh waktu dan sebelum kami menikah, istri saya Tina pernah berdoa puasa dan ketika ia berdoa puasa dia doakan saya dan Tuhan berkata “ kepadamu akan Ku berikan RAHASIA kerajaan surga.
Dan sejak hari itu ada banyak PEWAHYUAN yang Tuhan berikan dalam kehidupan saya. Tidak mudah setiap saat harus memberikan makan, membagikan firman kepada banyak orang. Engkau tidak bisa membagikan dari buku yang kau baca itu seperti orang jual obat tetapi harus keluar dari PEWAHYUAN, dari rohmu sendiri. Dan itu bukan hal yang mudah, coba anda kotbah tiap hari, tiap minggu, memberi makanan rohani kepada banyak orang. Tetapi ketika RAHASIA kerajaan Nya DIBUKAKAN , engkau sampai heran tercengang karena setiap kali dalam keadaan tidak terduga Allah MENGAJAR sesuatu yang luar biasa. Ada banyak orang berkata “ kamu menyiapkan firman ya, kamu kotbah ya, kapan?, dua minggu lagi, ya sudah kamu berdoa, nanti kurang dua hari “ aku tidak dapat apa-apa”. Orang seperti  itu tidak punya RAHASIA kerajaan surga harus jungkir balik dulu untuk mendapatkan RHEMA dari Tuhan. Kalau engkau punya RAHASIA kerajaan surga  setiap hari engkau DIPERBAHARUI dan DIPERKAYA dengan firman Tuhan. Ketika engkau MEMBACA firmanNya itu MENGAJAR engkau sendiri. Ada orang –orang cepat sekali MENANGKAP rahasia kerajaan surga. Anda baca anda terima makan sendiri lalu orang seperti ini sudah mulai bisa sharing, dasarnya apa wahyu yang Tuhan berikan kepadanya. Orang ini tidak bergantung kepada pengkotbah lain dia bisa belajar dan makan dari firman Tuhan sendiri. Itu yang selama ini yang Allah berikan dalam kehidupan saya. Yohanes duduk dikakiNya dan dia MENANGKAP sesuatu dari firmanNya. Ada banyak orang Kristen duduk dan tidak menangkap apa-apa dari firman Tuhan. Duduk mengantuk iya. Allah mencari orang seperti Yohanes , dia bertanya “ Guru dimana engkau tinggal?”. Tidak mengherankan karena PEWAHYUAN yang dia terima hebat maka kitab WAHYU diberikan lewat orang yang bernama Yohanes. Itulah RAHASIA kerajaan surga, sekali itu diberikan dalam hidupmu engkau akan tahu bagaimana caranya diajar Tuhan dari dasar Firman Tuhan.
3. POINT KETIGA :
Saya bersyukur ditengah-tengah kita banyak orang-orang yang PEKA dengan suara Tuhan. Saya mau beritahu sesuatu kalau itu tidak DIDASARI oleh RAHASIA kerajaan surga, firman ini hidup dalam kehidupanmu saudara akan gampang jadi PENYESAT dan orang SESAT. Setiap kali kita main dalam DUNIA ROH untuk kita SESAT itu gampang sekali tetapi kalau DASAR FIRMAN TUHAN ( RHEMA) dalam hidupmu itu kuat engkau tidak mudah DITIPU Iblis.
Seperti yang saya alami kemaren  itu kalau bukan FIRMAN INI BERBICARA KERAS, saya TERTIPU hati saya, teman –teman berkata “ itu HIKMAT SALOMO pak “, saya pikir iya. last minute Tuhan berkata “ BUKAN”. Saya kaget Firman itu HIDUP dan merupakan BENTENG yang solid luar biasa.
Betapa pentingnya kita HARUS menerima RAHASIA KERAJAAN SURGA bukan hanya PENGETAHUAN firman ( knowledge ), Pengetahuan itu HURUF itu MEMATIKAN tetapi ROH MENGHIDUPKAN.
Engkau HARUS terima RAHASIA KERAJAAN SURGA nanti karunia-karunia yang ada padamu akan berkembang.
Ini fakta dan firman Tuhan : setiap orang yang punya karunia-karunia tertentu, karunia yang engkau miliki tidak pernah 100% murni selalu ada warna.
1.       Warnanya adalah KARAKTER PRIBADI mu.
2.       KARAKTER pribadimu itu akan membawa engkau pada pengenalan akan KARAKTER TUHAN yang tertentu yang MIRIP DENGAN KARAKTER mu.
Kenapa saya berani berkata begitu alkitab berkata  “karunia nabi takluk kepada nabi. ” Contoh : Sampai diatur, “ loh kok Nubuat bisa diatur,bisa!, supaya tidak terjadi KEKACAUAN. Tetapi basicnya adalah KARAKTER PRIBADI SiNabi akan mempengaruhi KARUNIA yang ada didalamnya.
Buktikan : kalau anda ketemu pribadi/karakter yang KERAS nanti kalau ngomong firman pasti KERAS, Persis seperti KARAKTERnya.
KARUNIA itu seperti AIR dimasukan dalam gelas. Coba gambarkan air didalam gelas, anda pasti menggambar gelas kalau air dipindahkan ke botol gambar akan berbentuk botol.
Orang mulai yang bergerak didalam KARUNIA anda harus SADAR bahwa KARAKTER mu akan mempengaruhi  KARUNIA yang ada didalammu.
Dan itu akan membuat PENGENALAN mu akan Tuhan, Tuhan itu complex pribadiNya, hebat sekali, ada anugerah, murkanya, keadilan, kebaikan, kekudusan Dan banyak lagi.  KARAKTER mu itu mengarah yang mana dari KARAKTER PRIBADI Allah, karena kita adalah GAMBAR dan RUPA Allah. Yang MENONJOL itu apa, itu akan membuat engkau begitu mudah menerima KARAKTER Allah yang MIRIP dengan yang engkau punya.  Tetapi jangan berkata hanya bagian itu yang paling benar makanya harus saling melengkapi.
KEPRIBADIAN mu akan mempengaruhi KARAKTER roh mu. Itu TIMBAL BALIK. roh yang makin kuat akan mulai  MENGUBAH KARAKTER mu pelan-pelan dari dalam. Selama belum berubah dalam wujud seperti apa KARAKTER LUAR mu membentuk menjadikan MODEL roh dan KARUNIA didalammu berbentuk begitu. Orang yang lemah lembut tidak akan karunianya muncul dengan keras. Ia akan muncul dengan lembut kalau dia menegur maka dia menegur seperti karakternya. Maka kita tidak dapat berkata bahwa KARAKTER yang didalamku ini paling benar.
Firman Tuhan itu PEDANG bermata dua , kalau RHEMA itu engkau terima KEDALAM Rhema itu akan MEMBENTUK ROHMU itu makin kuat sesuai dengan KARATER YESUS tetapi KELUAR terhadap KARAKTER KEDAGINGAN kita RHEMA itu MENGHANTAM, MEMBENTUK, MENGHAJAR, MEMOLES, MEMAHAT kita jadi makin sama dengan Yesus. Nanti kerja yang dobel itu akan berbuah DALAM dan LUAR nya sama yaitu SEPERTI YESUS.
Karakter manusia kita berpengaruh, coba anda amati dari sharing dan pelayanan-pelayanan hamba Tuhan. Paulus berkata KARUNIA itu dikerjakan supaya kita belajar dan saling menguatkan.
Makanya anda harus tahu RAHASIA KERAJAAN SURGA ini PATOKANnya jika anda kehilangan RHEMA maka engkau tidak tahu PEMBENTUKAN hidupmu dan engkau jadi semau – maumu sendiri ,Itu yang MENYESATKAN.
Saya ditegur oleh seorang hamba Tuhan dia berkata “ pak tidak benar kalau semua harus di buktikan dengan firman dulu, jalankan saja dulu nanti akan dibuktikan terakhir.” Saya diam saja Cuma dalam hati berkata “ itulah yang membuat orang SESAT “ , “ JALAN DULU SAJA, ya kalau benar, kalau MENYESATKAN hidupmu sendiri tetapi kalau MENYESATKAN hidup orang banyak.”
Maka milikilah RAHASIA KERAJAAN SURGA nanti KARUNIA didalam hidupmu tumbuhnya SEHAT. Kalau pribadimu tidak kau sadari MENYIMPANG , engkau timbang dengan firman, firman Tuhan akan MELURUSKAN hidupmu.
Yohanes menerima RAHASIA KERAJAAN SURGA itu MEMBENTUK KARAKTERNYA. Dari orang yang berkata “Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kananMu dan yang seorang di sebelah kiri Mu”. ketika dia menulis injil Yohanes tidak sekalipun ia menyebut namanya, ia hanya menyebut MURID YANG DIKASIHI.
Tetapi  ketika Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias  , Petrus berkata “Aku pergi menangkap ikan.” Semalaman mereka tidak mendapat apa-apa, Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.” Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.
Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: “Itu Tuhan.” Ketika Petrus mendengar,bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
Hanya Yohanes yang tahu itu Tuhan .
Kalau saudara mau jadi MURID YANG DIKASIHI belajarlah seperti Yohanes . RAHASIA KERAJAAN SURGA yaitu Firman Tuhan membentuk hidup kita, Firman Tuhan itu PEDANG BERMATA DUA , KEDALAM ia MEMBENTUK roh kita makin serupa Yesus , DILUAR , Firman Tuhan itu seperti  PALU yang menghancurkan bukit batu.
Firman Tuhan akan MEMBENTUK hidupmu menjadi SERUPA dengan YESUS.
Rangkuman :
3 point untuk menjadi  MURID YANG DIKASIHI :
1. APA MOTIVASI DASAR DIDALAM HATI KITA UNTUK MENGIKUT YESUS???
Ini MOTIVASI dasar kita, kalau kita mau menjadi orang yang dikasihi oleh Tuhan, secara khusus ada tempat dihati Yesus, saudara harus berkata “ TUHAN AKU MAU TINGGAL DIMANA ENGKAU TINGGAL, AKU TIDAK MINTA APA-APA, AKU HANYA MAU BERSAMA DENGAN ENGKAU “
“ KALAU ENGKAU TINGGAL DAN BERSEKUTU DENGAN DIA MAKA ENGKAU AKAN MENGALAMI BANYAK HAL YANG LUAR BIASA DALAM HIDUPMU!”

2. Tapi Yohanes ini paling special ia tidak menangkap akan permukaannya tetapi ia menangkap ROHnya Yesus yaitu FIRMANNYA .
KITA HARUS BISA MENANGKAP RHEMA , REVELATION YAITU PEWAHYUAN DARI TUHAN
YANG DITANGKAP  YOHANES ITU FIRMAN ,FIRMAN, FIRMAN kalau itu menjadi bagian dari hidup kita engkau akan jadi MURID YANG DIKASIHI

3. Betapa pentingnya kita HARUS menerima RAHASIA KERAJAAN SURGA bukan hanya PENGETAHUAN firman ( knowledge ), Pengetahuan itu HURUF itu MEMATIKAN tetapi ROH MENGHIDUPKAN.
Firman Tuhan itu PEDANG bermata dua , kalau RHEMA itu engkau terima KEDALAM Rhema itu akan MEMBENTUK ROHMU itu makin kuat sesuai dengan KARATER YESUS tetapi KELUAR terhadap KARAKTER KEDAGINGAN kita RHEMA itu MENGHANTAM, MEMBENTUK, MENGHAJAR, MEMOLES, MEMAHAT kita jadi makin sama dengan Yesus. Nanti kerja yang dobel itu akan berbuah DALAM dan LUAR nya sama yaitu SEPERTI YESUS.
Murid yang dikasihi
Ditulis dari kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Komentar

Postingan Populer