Menimbang Jaman

Minggu, 17 Maret 2013

Menimbang jaman

Pdt. Petrus Agung

Jurnalis : Antonius FW


Seminar Hamba Tuhan di Magelang
Di awal pelayanan p Agung pernah bertanya tentang iman kepada seorang hamba Tuhan asal Bali, bagaimana caranya beriman sehingga bisa punya sepeda motor. Dalam seminar ini hadiah doorprize motor pertama ternyata jatuh ke tangan seorang hamba Tuhan yang merupakan keponakan dari pendeta asal Bali yang p Agung ceritakan. Ini menunjukkan bahwa Tuhan tidak pernah lupa, dan Tuhan mau memberkati orang yang sudah menjadi berkat.


Menimbang Jaman
Peristiwa yang terjadi hari-hari terakhir menunjukkan kedatangan Tuhan tidak lama lagi.

Saat kita mendekat kepada Tuhan, kita berhadapan dengan misteri Tuhan yang membuat kita bertanya-tanya, tidak segamblang saat kita berbicara dengan manusia.

God delights in concealing things; scientists delight in discovering things. (Ams 25: 2, MSG)

Discover : membuka segala hal yang tertutup. Tuhan beri kita kemampuan untuk membuka misteri yang terselubung di depan kita.

Beberapa hari terakhir banyak orang sebarkan broadcast tentang RFID dari health-care presiden Obama-USA. Mereka siapkan chip sebesar gabah/ beras, rencananya akan ditanam di tubuh manusia: dahi atau lengan. Barangnya sudah ada, penerapannya yang belum pasti, tapi sejarah sudah bergerak ke arah itu. Chip ini mendeteksi kondisi tubuh kita: suhu badan, tekanan darah, kadar gula, obat yang diminum, dll, sehingga semua data tubuh terkumpul. Maka saat emergency RS sudah tahu kondisi pasien dan dimana masalahnya.
Ke depan chip ini akan digunakan untuk keamanan, supaya lokasi bisa dideteksi. Ujungnya bisa digunakan untuk transaksi ekonomi yang aman.

Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam. (Why 13: 16-18)

Semua yang ditulis di Why 13 sudah mendekati realita, karena justru di negara-negara Asia Timur dan Tengara perkembangan dan penggunaan teknologi
gadget sangat maju. Sensor untuk RFID sudah ada di phone kita, hanya belum diaktifkan. Konon jika chip ini dipaksa lepas dari tubuh, akan keluar racunnya dan si pengguna langsung mati. Tapi kebenaran detil ini belum jelas.

Sebelum hal-hal yang terjadi di kitab Wahyu pasal 13, ada peristiwa-peristiwa yang mendahului di kitab Wahyu pasal 12. Jika kita mengerti apa yang terjadi di fasal 12, kita tidak perlu khawatirkan yang akan terjadi di fasal 13.

1. Anak laki-laki dewasa (Why 12: 1-17)
Ay 1 – Perempuan yang mengandung adalah lambang gereja
Ay 5 – anak laki-laki bahasa aslinya uihos = υἱός (G5207 hwee-os') = anak laki-laki yang dewasa.
Gada bahasa aslinya rhabdos = ῥάβδος (G4464 hrab'-dos) = a stick or wand (as a cudgel, a cane or a baton of royalty) - rod, sceptre, staff = tongkat otoritas.

Maka artinya gereja akan melahirkan anak laki-laki dewasa yang memerintah dengan tongkat otoritas

Dari bacaan di atas gereja mempunyai 2 macam anak:
  1. hwee-os – anak laki-laki dewasa yang memerintah bumi dengan tongkat otoritas. Kelahirannya ditunggui dan akan dihabisi naga merah, tapi ditolong Tuhan dan dibawa ke tahta Tuhan.
  2. Keturunan yang memegang kesaksian Yesus.

Anak yang pertama bukan Yesus, karena Yesus tidak pernah dilahirkan dari gereja, tapi Yesus melahirkan gereja. Anak yang dewasa ini adalah satu kumpulan orang percaya yang hidupnya didewasakan Tuhan, matang, berjalan dalam kuasa dan otoritas Tuhan, dan bukan orang Kristen biasa. Berani taruh hidupnya untuk Tuhan.

Anak ke-2 adalah orang Kristen kebanyakan: rajin ke gereja, ikut acara, sekedar memegang kesaksian Yesus, tapi tidak pernah ikut kegerakan dan planning Tuhan yang kuat pada akhir jaman.

Inilah keadaan gereja Tuhan di hari-hari terakhir ini, dan semua akan semakin jelas menjelang 666 dinyatakan.

Kedua anak ini tetap akan berhadapan dengan naga merah. Anak pertama dibawa ke tahtaNya. Di perang terakhir mereka akan mengalahkan setan dengan perkataan kesaksian, darah Anak Domba, dan dengan tidak menyayangkan nyawanya. Mereka berani taruh hidupnya untuk Tuhan, dan akan jadi orang-orang yang menang. Anak kedua tidak punya kuasa darah Tuhan, sekedar menikmati hidup, tidak tahu rencana Tuhan, jadwal Tuhan, dan hati Tuhan. Ini berbicara tentang yang diangkat dan yang ditinggal.

Tuhan sedang ingin melahirkan sebuah generasi dengan tongkat otoritas yang berdiri memerangi setan dan menahannya sampai waktu Tuhan. Hanya jika kelompok anak laki-laki dewasa ini dilahirkan, kita bisa kalahkan setan. Jika hanya type yang kedua, gereja hanya akan jadi bulan-bulanan setan.

Kerjakan tugas-tugas hingga tuntas, karena yang pekerjaannya belum tuntas tidak akan diangkat!

Jangan puas jadi jemaat biasa, mari masuk dalam kegerakan, miliki otoritas dan kuasa dari Tuhan untuk menghabisi kuasa gelap.

2. Tanda dari Gereja Katolik
Selama 600 tahun terakhir tidak ada Paus yang resign/ mengundurkan diri. Ini bukan tradisi, sehingga jadi sebuah misteri.

3. Berkat Paskah
Tuhan minta untuk membagikan makanan paskah kepada semua yang hadir di kebaktian tgl 19. Makanan Paskah seperti yang dimakan orang Israel saat akan keluar dari mesir, yaitu: roti, daging domba, sayur pahit.

Setelah makan paskah itu, tulah ke-10 datang: seluruh anak sulung orang mesir mati. Kemudian orang Mesir usir orang Israel pergi, dan orang Israel menjarah besar-besaran. Orang Israel keluar menjadi bangsa yang punya kekayaan luar biasa.

Selama 40 tahun di padang gurun, tidak tercatat di Alkitab orang Israel makan paskah.

Yos 5: 10-11 – Perayaan paskah pertama bangsa Israel setelah masuk tanah Kanaan.
Kejadian yang menyusul:
  • Esok harinya mereka makan hasil tanah Kanaan.
  • Ay 13 – panglima bala tentara Allah muncul
  • Yos 6 – Yerikho diruntuhkan

Dengan tindakan profetis, kita percaya bahwa:
  • Kita akan mendapat jarahan
  • Kita memasuk tanah Kanaan kita
  • Yerikho kita runtuh.
  • Semua kegenapan Tuhan jadi, genap dan sempurna.

Orang Israel percaya 20 April sebagai runtuhnya Yerikho, puncak Paskahnya sekitar 1 dan 2 April. Maret hari-hari ini adalah hari persiapan menyeberang Yordan. Mereka maju dan masuk Kanaan dengan Tabut Tuhan di depan. Penantian 40 tahun jadi kenyataan. Tapi hasil Kanaan baru didapat setelah mereka makan Paskah.

Lakukan bagian kita secara profetis dengan iman.

Di tanggal 19 ini akan:
  1. Lahir generasi anak-anak Tuhan yang dewasa.
  2. Passion kepada jiwa-jiwa dan yang di bawah tidak pudar.
  3. Terima berkat Paskah dengan melakukan tindakan profetis makan Paskah.

Pengumuman
Tgl 19/3 18:30 WIB: ibadah istimewa untuk me-responi Firman yang disampaikan hari ini. Bawa jubah. Urapi rumah sebelum berangkat

Tgl 20/3 pagi – peresmian rumah shallom
Tgl 20/3 sore – acara anak raja + pagelaran seni

Komentar

Postingan Populer