Good News Or Bad News

Minggu, 9 September 2012
Good News, Not Bad News
Larry Kefauver

For I am not ashamed of this Good News about Christ. It is the power of God at work,
saving everyone who believes—the Jew first and also the Gentile.
This Good News tells us how God makes us right in His sight. This is accomplished from start to finish by faith. As the Scriptures say, "It is through faith that a righteous person has life (Rm 1: 16-17, NLT)

Saat ini hidup kita penuh kabar buruk: tsunami, topan, gempa, terorist, perang, pembunuhan, korupsi, penyakit, krisis ekonomi, kemiskinan, wabah, dll. Tv, internet, surat kabar, media-media lain, semua menyampaikan kabar buruk. Bahkan ada orang-orang yang seharusnya atau nampaknya rohani, juga menyampaikan bahwa Tuhan punya kabar buruk. Mereka sampaikan bahwa: kita berdosa dan sedang menuju neraka, Tuhan marah kepada kita, Tuhan ingin hukum kita, jika kita tidak lakukan ini atau itu maka Tuhan akan menghancurkan kita. Tapi bukan itu yang dikatakan Alkitab !

Banyak yang sepanjang minggu ini, bahkan seumur hidup mendengar kabar buruk. Tapi kabar buruk bukanlah definisi dari diri kita. Fakta bahwa kita masih hidup dan hadir di gereja adalah kabar baik. Hidup kita adalah kabar baik bagi Semarang, bagi Indonesia, bagi Tuhan !

Dunia dan iblis selalu mengatakan kabar buruk, Injil kabar baik menyatakan
yang sebaliknya !
  • Kamu sakit >< Yesus menyembuhkan
  • Kamu dihukum >< Kristus menerimamu sebagaimana adanya
  • Kamu orang jahat >< Tuhan menciptakan kita dengan sangat baik
  • Kamu terhilang, tidak punya tujuan hidup, tidak tahu harus kemana >< Yesus gembala yang baik dan Dia menemukan setiap domba yang terhilang
  • Kamu bersalah >< Walau kita musuh Tuhan dan pendosa, tapi Dia mengasihi kita dan memberi kita putraNya sendiri
  • Orang-orang dan dunia berkata jelek tentang kita >< Yesus mati di salib, mengampuni dan menebus kita.
  • Kamu akan mati karena kecelakaan, penyakit >< Kita bisa mati oleh sebab apapun, tapi jika kita percaya kepadaNya maka kita akan mengalami hidup abadi.

Dua tipe orang Kristen: Kristen kabar buruk dan Kristen kabar baik.

Yang dikatakan orang Kristen kabar buruk: saya tidak bisa lakukan hal dengan benar.
Yang dikatakan orang Kristen kabar baik:
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku (Fil 4:13)

Teman ps Larry selalu menyampaikan kabar buruk tentang dirinya sendiri: rumah tangga berantakan, dipecat, anjingnya mati, dll. Tapi
setiap kali ia sampaikan kabar buruk, maka ps Larry sampaikan kabar baik dan kebalikan dari yang temannya ceritakan !

Kita juga tidak perlu dengar kabar buruk ! Kita bisa: matikan tv, buang koran, mengatakan stop kepada teman yang suka mengirim kabar buruk. Setiap kali ada rekan yang coba sampaikan kabar buruk, balas dengan beri kabar baik kepada mereka.

Jika orang berkata bahwa kita orang gagal, katakan bahwa kita lebih dari pemenang di dalam Yesus !
Yang dikatakan orang Kristen kabar baik: saya sanggup melakukan segala perkara oleh karena Kristus yang menguatkan saya.

Orang Kristen kabar buruk berkata: “Saya tidak punya harapan”.
Orang Kristen kabar baik berkata:
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu,
demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan,
untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yes 29: 11)

Orang Kristen kabar buruk berkata: “Saya hidup kekurangan dan miskin”.
Orang Kristen kabar baik berkata:
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu
menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus. (Fil 4: 19)

Kita bisa mendengarkan ratusan kabar buruk dari orang-orang Kristen kabar buruk, atau dengarkan satu kabar baik dari Kristen kabar baik.

Tuhan suka jika kita tidak punya apapun yang bisa diandalkan selain Yesus.
Saat kita benar-benar putus asa, itulah saat kita siap menerima kabar baik dari Yesus.

Kesaksian ps Larry: Di tahun 2009 ps Larry terperangkap dalam krisis ekonomi dan kehilangan semua harta miliknya. Selama berbulan-bulan dunia kabarkan hal-hal buruk kepada ps Larry, lalu akhirnya ada 1 kabar baik sebelum tengah malam pergantian tahun. Dengan satu perkataan dari Tuhan, dan Tuhan menampakkan diri, maka itulah kabar baik !

Bagi Kristen kabar buruk yang suka mengucapkan kabar buruk, percaya pada kabar buruk:
Tuhan ingin mereka bertobat, dan diucapkan hanyalah kabar baiknya Yesus Kristus !


Petrus Agung
Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Ams 18: 21)

Alkitab berkata bahwa kita sendiri yang makan buahnya, bukan orang lain.

Ada orang yang bicara kabar buruk tentang dirinya: banyak mengeluh, banyak menggerutu, ucapkan hal-hal negatif, tidak ada iman, tidak ada pengharapan, maka dia sendiri akan makan buah dari ucapannya sendiri.

Ada orang Kristen yang bicara jelek tentang orang lain, orang ini adalah “orang Kristen kabar buruk” Jika kita ikut dengarkan kabar buruk itu, seperti Adam terima buah pengetahuan yang ditawarkan Hawa, artinya kita dibawa ke jurang kehancuran yang sama !

12 pengintai dikirim Musa. Apa yang mereka katakan di hadapan Tuhan, itu yang akan Tuhan lakukan terhadap mereka.
Hati-hati dengan perkataan kita, dan juga dengan yang kita dengar !

Yesaya melihat sepasang kerub berbicara bersahut-sahutan : kudus-kudus-kuduslah Tuhan. Ketika mereka ucapkan itu, datang kemuliaan Tuhan yang luar biasa dan Yesaya melihat Tuhan.

Mari belajar ucapkan yang baik, benar dan positif !
Karena semua ucapan negatif tidak membawa perbaikan apapun,
malah akan merusak jiwa, melemahkan dan menghancurkan iman kita.

Perkatakan yang baik untuk pasangan kita, anak kita. Daripada ucapkan 10 hal buruk kepada anak kita, lebih baik ucapkan 1 hal baik dan kelebihan anak tersebut, sehingga ia bertumbuh dengan baik.

Pengalaman P. Agung: Dulu ada orang yang selalu menyalahkan apapun yang p Agung lakukan. Kemudian ada orang lain mengatakan hal-hal berbeda, dan bernubuat tentang hal yang luar biasa tentang p Agung. Perkataan itu menguatkan dan menumbuhkan iman p Agung.

Nazaret dikenal tidak menghasilkan apapun yang baik, tapi Yesus sengaja memilih muncul dari Nazaret. Saat Yesus jadi Tuhan dalam hidup kita, maka selalu akan ada yang luar biasa keluar dari kehidupan kita !

Nubuatan ps Larry untuk p Agung:

"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." (Luk 4: 18-19)

Rumah Sakit, panti asuhan, akan bentuk universitas, akan memobilisasi banyak orang untuk beri makan orang miskin – bahkan menggerakkan orang-orang yang belum kenal Kristus, menolong orang-orang yang ditawan kemiskinan dengan memberi pekerjaan. Maka pelayanan p Agung akan menjadi pelayanan Mat 25: memberi makan orang lapar, membalut yang luka dan telanjang, melepaskan tawanan sehingga bebas. P Agung akan siarkan kabar baik bahwa Yesus adalah Tuhan atas kota dan negara ini !

Komentar

Postingan Populer