Kasih Tidak Pernah Gagal


Kasih Tidak Pernah Gagal
Ev. Iin Tjipto Wenas

Bahan Renungan : 1 Petrus 2 : 16

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan – kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

Saat ini banyak orang Kristen yang hidupnya belum mengalami kemerdekaan. Penyebab belum merdeka adalah :

1. Trauma Masa Lalu

Banyak sekali orang Kristen yang mengalami trauma masa lalu, misalnya orang yang mengalami kegagalan dua kali di masa yang lalu akan menimbulkan trauma.

Seorang Istri yang ditinggalkan oleh suaminya karena adanya perempuan lai, istri ini akan dibelenggu oleh luka hati atau sakit hati sehingga hatinya sudah dingin terhadap suaminya.

Trauma masa lalu ini bisa disebabkan oleh kutuk, masih banyak anak – anak Tuhan yang hidupnya masih dibelenggu oleh kutuk, Hidup kita seringkali masih menunjukkan rasa tertekan dan dibelenggu dengan masa lalu. Setiap orang Kristen harus hidup merdeka dan lepas dari trauma masa lalu.
Semua trauma masa lalu harus dipotong didalam nama Tuhan Yesus Kristus supaya hidup kita merdeka.

Trauma masa lalu bisa menimbulkan ketakutan, seorang ibu sangat ketakutan bila melihat seorang anak kecil sakit. Hidup dalam ketakutan harus dibereskan.

2. Sifat Dari Manusia Lama

Sifat manusia lama kita menjadi kebiasaan dalam hidup kita dan membelenggu kita. Ada orang yang mempunyai kebiasaan marah – marah, harus dibereskan sampai benar – benar merdeka.

Masih banyak lagi sifat manusia lama yang ada misalnya kuatir, hobby shoping, suka ngomel dan lain – lain. Jika kita  dekat dengan Tuhan maka semua sifat lama kita akan lenyap.

Papa saya dulu mempunyai sifat manusia yang lama, tidak sabar, kasar dan sekarang sudah hilang. Dulu dia akan tinggal anak dan istrinya jika ditunggu diluar tidak datang dalam waktu lima menit, sekarang ia mau menunggui cucu dan menantunya dengan sabar.

Banyak orang Kristen yang menjadi beku dan suam karena mereka berhenti melakukan firman Tuhan. Banyak orang mendengarkan Firman Tuhan tetapi tidak melakukan Firman maka itu membuat hati kita tidak peka, tidak bisa menangkap hati Tuhan.

Hiduplah Sebagai Hamba Allah, ciri – cirri sebagai hamba Allah :
1.    Menyembah Tuhan
2.    Berdoa
3.    Suka Menolong Orang Lain
4.    Mengunjungi Orang – Orang Yang Dipenjara.

Anak saya mempunyai sahabat, sahabat anak saya adalah orang yang kurang mampu. Orang tua anak ini mempunyai banyak larangan. Anak ini tidak boleh menerima bantuan dari teman – temannya. Anak ini hanya makan dengan nasi putih dan kecap saja, untuk membeli pasta gigi saja susah. Anak saya mempunyai kerinduan untuk menolong temannya ini. Dia mencari akal untuk membantu anak ini, akhirnya anak saya mendapatkan ide untuk menolong anak ini. Dia melihat pulpen anak ini, dia bilang mau punya pulpen tersebut, dimana belinya, dia menjawab didekat rumahnya, kemudian anak saya menitipkan uang untuk membeli pulpen tersebut, kemudian sebagai ucapan terima kasih, dia berikan uang untuk anak ini. Kemudian ide – ide yang lain adalah menjual kartu, anak ini disuruh berjualan kartu bergambar disekolah sehingga anak ini bisa mendapatkan keuntungan, anak saya juga membantu anak ini dalam menjual kartu bergambar, gambar temple dan sebagainya. Anak ini akhirnya mempunyai penghasilan untuk membeli makanan, buku-buku bahkan pasta gigi.

Kasih itu tidak pernah gagal, Tuhan Yesus mengatakan bahwa Kasih itu mempunyai kekuatan untuk menembus sesuatu hal, kasih mencari jalan untuk menolong orang lain. Kita akan mengalami kemerdekaan didalam Tuhan Yesus Kristus karena Roh Kudus ada bersama dengan kita. (II Korintus 3 : 17 – 18).


By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat S

Komentar

Postingan Populer