Kamis, 13 September 2012

The Pain of A Process

Ps. Bill Wilson (Palembang, 31 Juli 2012) - The Pain of A Process

Part 1: The Purpose of A Process (http://bezaleel-uri-hur.blogspot.com/2012/07/ps-bill-wilson-palembang-30-juli-2012.html)

Part 2: The Pain of A Process

Ada 5 tahun penelitian mengenai kenapa jemaat keluar dari gereja dan pendeta/pemimpin keluar dari pelayanan, dan ternyata alasannya sama, yaitu karena mereka mengalami/menghadapi pergumulan hidup mereka, terluka, terkalahkan, masalah kesehatan, keluarga, dll.. Mungkin mulanya ketika pertama kali mengalami masalah, mereka masih kembali dan tetap setia, tetapi terkadang ketika hal itu datang, hal itu bisa membuat mereka keluar selamanya.. Mungkin ada suatu saat dimana dia bisa bertahan dan terus bertahan ketika kena masalah, tapi bisa jadi ada hal kecil yang akan membuat dia malah menyerah dan berhenti..

Kalau engkau mau berhasil dalam kehidupanmu, hal ini harus dilalui dan dilewati juga.. The PAIN!
Apa yang engkau akan lakukan ketika engkau dikecewakan, disakiti, dll?

Judges 20:14 (World English Bible)
14 The children of Benjamin gathered themselves together out of the cities to Gibeah, to go out to battle against the children of Israel.


Hakim-Hakim 20:14 (Indonesia Terjemahan Baru)
14 Sebaliknya, bani Benyamin dari kota-kota lain berkumpul di Gibea untuk maju berperang melawan orang Israel.


Mereka ini sedang hampir bertempur di suatu yang kritis (critical) yang penting bagi mereka, karena masa depan bangsa mereka bergantung pada hasil pertempuran ini., dan orang yang dipilih untuk pertempuran ini pastilah orang-orang pilihan..

15: The children of Benjamin were numbered on that day out of the cities twenty-six thousand men who drew the sword, besides the inhabitants of Gibeah, who were numbered seven hundred chosen men.

15: Pada hari itu dihitunglah jumlah bani Benyamin dari kota-kota lain itu: dua puluh enam ribu orang yang bersenjatakan pedang, belum termasuk penduduk Gibea, yang terhitung tujuh ratus orang pilihan banyaknya.


Mereka memilih 26ribu orang yang bersenjata untuk berperang dari kelompok itu dan mereka juga memilih 700 orang pilihan lainnya..

Chosen » dalam bahasa Ibraninya, arti kata memilih ini bukan memilih dengan cara terserah apa maunya kita, tapi ini dipilih secara khusus dan secara teliti

16: Among all this people there were seven hundred chosen men left-handed; everyone could sling stones at a hair-breadth, and not miss.

16: Dari segala laskar ini ada tujuh ratus orang pilihan yang kidal,
dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambutpun.

Ada 700 orang terpilih yang secara spesifik yang bertangan kidal.. Dan statistik mengatakan bahwa ada 6% yang tangannya kidal (dari seluruh populasi dunia dalam 1 generasi)
Mereka ini dipilih secara khusus.. Kenapa kidal?

PELAJARI kitab suci, jangan hanya memBACAnya, karena di dalamnya ada kebenaran yang pasti akan mengubah cara berpikirmu.. Dan tiap kata-kata yang ada di alkitab tidak ada yang sia-sia, kenapa kata itu ada di situ, kenapa kata ini ada di sini, bagaimana implementasinya, dll.

Mereka menggunakan tangan kiri karena mereka tidak bisa lagi menggunakan tangan kanan mereka.. Mereka itu dulunya punya/bisa menggunakan tangan kanannya.. Dulunya mereka adalah pasukan, dan mungkin mereka pernah kehilangan jarinya ketika pertempuran, luka ketika pertempuran, dll.. Pada saat itu, prajurit Ibrani ini masih diberi kesempatan, apakah mereka mau pulang, atau tetap lanjut berperang!

Mereka ini dipilih lagi untuk pertempuran ini, kenapa? Mereka memang pernah terluka.. Mereka memang pernah kehilangan anggota tubuhnya ketika berperang.. Mereka bisa saja keluar, pulang, dan tidak ikut lagi berperang.. Namun mereka bisa saja berkata mereka keluar, namun mereka memilih untuk tidak keluar, untuk tidak menyerah, dan mereka akan berkata: "bagian yang aku lakukan tidak akan bisa digantikan oleh siapapun juga, bahkan aku akan menggunakan tangan kiriku lebih baik daripada orang yang menggunakan tangan kanan!"

Kalau kita hidup, pasti kita akan pernah terluka karena orang lain.. Mungkin saja kita bisa tersinggung, pergi keluar, menyesali diri kita sendiri.. Atau kita bisa berkata "aku akan tetap di dalam peperangan, karena aku punya bagian penting di dalam peperangan yang tidak bisa digantikan oleh siapapun!"

Kenapa pemimpin bangsa itu memilih 700 orang yang sebenarnya adalah orang yang "cacat"? Kenapa? Menarik bukan? Kalau pemimpin bangsa ini akan berperang, mereka pasti akan mengajak orang yang tau akan pertempuran, yang tau bagaimana cara bertempur, yang tidak takut pada peperangan, yang tau bagaimana menggunakan senjata, dll.. Mereka memilih 700 orang yang bisa saja pulang, yang bisa saja menyerah dan keluar, namun 700 orang ini tetap tegak berdiri, tidak tersinggung, tidak keluar.. Inilah yang membuat mereka terpilih, karena mereka tetap bertahan sekalipun mereka sudah terluka..

Kita harus punya kulit yang tebal seperti badak sehingga tidak bisa ada yang bisa menembus kulit kita dan kulit seperti teflon yang tidak ada yang akan bisa nempel di kulit kita..

Proses pada 700 orang yang kidal:
Bagaimana sebenarnya 700 orang ini berlatih dengan slingshot/pengumban mereka? Mereka mengambil rambut ekor kuda, dan ujungnya diikat di pohon, dan di ujung satunya diikatkan dengan batu, dan inilah yang membuat rambut kuda ini tetap lurus dan tidak terbawa angin, jadi seperti batu yang tergantung di pohon.. Mereka harus berusaha menembak batu yang tergantung di pohon itu dari jarak 30-40 meter.. Kita pun belum tentu bisa melihat kuda dari jarak sejauh itu, tapi bagaimana orang itu bisa belajar dengan tangan kiri padahal sebelumnya mereka menggunakan tangan kanan? Mereka berusaha! Mereka berusaha agar mereka bisa menjadi lebih baik dengan tangan kirinya dibandingkan ketika mereka menggunakan tangan kanan mereka.. Mereka tau bagaimana caranya untuk menang dari si iblis.. Tau bagaimana caranya menang di pertempuran.. Tau bagaimana pentingnya pertempuran..


Ada 3 hal yang perlu dicatat dari observasi pada Firman Tuhan tersebut:
1. Kalau engkau masih "bertangan kanan", dan kalau engkau belum pernah terluka, belum pernah dilukai oleh orang-orang lain, kalau masih tangan kanan dengan utuh, engkau boleh saja senang, namun waktumu akan tiba! Ya, waktunya akan segera tiba..
Kalau engkau hidup cukup lama, engkau pasti akan mengalami kesulitan, terluka, tersinggung.. Apa yang engkau akan lakukan ketika hal itu terjadi? Bukan apa yang terjadi padamu, tapi apa yang akan engkau lakukan terhadap apa yang terjadi.. Apa yang terjadi di dalammu? Apa yang akan engkau lakukan, itulah pilihan! Tugas yang utama bagimu adalah ketika engkau sedang ada di dalam pertempuran..

Sebelum engkau ditekan, dipencet, diperas (squeeze), engkau tidak akan pernah tahu apa yang ada di dalammu dan apa yang akan keluar dari dalammu! Tapi ketika semua itu terjadi, barulah kita akan tau kita "terbuat dari apa" dan apa yang akan terjadi..

2. Ketika engkau terluka (wounded).. Bukan jika engkau terluka, tapi saat kita terluka.. Hanya ada 2 pilihan, stay or go? Tinggal atau pergi? Inilah pilihan yang harus diambil.. Mungkin akan ada sangat banyak alasan yang akan membuat kita dengan mudah keluar dari pelayanan.. Iblis tidak akan datang hanya untuk 1 hal, karena dia akan terus-menerus datang dan menyerang agar ia tahu dan bisa membuktikan sekuat apakah anak-anak Tuhan ketika diserang, karena serangan iblis tidak akan hanya 1x, namun berkali-kali secara berturut-turut..

Komitmen harus lebih kuat dari emosimu! Karena engkau tidak bisa hidup karena emosi..
Kenapa banyak orang tidak bisa melihat mujizat? Karena mereka keluar terlalu cepat dan tidak bertahan..
Jangan katakan engkau orang yang memiliki iman yang besar kalau engkau tidak pernah mengalami pertempuran!

3. Kalau engkau memutuskan untuk tetap tinggal, biar engkau ambil keputusan hari ini, dan biar engkau ambil semua pertempuran, kekecewaan, semua rasa sakit, dan balik itu untuk menguatkan orang lain.. Pakai pengalamanmu itu untuk engkau menolong orang lain, daripada hal itu menjadikan hidupmu pahit, putuskan agar semua hal itu menjadikanmu orang yang lebih baik dari sebelumnya.. Ambil keputusan untuk mengizinkan Tuhan mengutus kita ke jalan yang Dia ingini..

Ada tujuan di dalam proses.. Tapi ada juga rasa sakit di dalam proses!

Kita ada di dalam pertempuran, dan setiap orang punya perannya di dalam perang itu yang tidak bisa digantikan orang lain.. 700 orang yang menggunakan tangan kirinya..

Part 3: The Product of A Process (http://bezaleel-uri-hur.blogspot.com/2012/08/ps-bill-wilson-palembang-31-juli-2012_1.html)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar