Konfrontasi Ilahi

Konfrontasi Ilahi

Pastor Lukas Yoesianto

 

Kita Punya Lawan, Jangan Abai!

Sadarlah, mengertilah, dan berjaga-jagalah bahwa kita punya lawan (1 Petrus 5:8-10)! Lawan kita bukan orang tua, teman-teman kita, anak maupun suami ataupun istri kita. Lawan kita adalah roh-roh jahat di udara! Lawan kita bukan binatang yang lucu tapi binatang yang sangat berbahaya. Dibalik pemeliharaan, perlindungan dan penyertaan Tuhan begitu kuat, namun disisi lain ada lawan yang terus mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah! Lakukanlah peperangan rohani! Kalau sebagai orang tua kita tidak pernah berdoa bagi anak-anak kita dan kita biarkan anak-anak kita maka lawan akan dengan nikmat menelan mereka. Kalau kita punya usaha dan kita tidak pernah minta berkat dan tidak diurus dengan baik. Diabaikan. Bahkan membiarkan bisnis itu tanpa arah maka lawan akan menelannya. Jangan biasakan hidup abai! Karena ini akan membuat si lawan melakukan apapun tanpa ada perlindungan apapun.

Kenali Musuh Kita, Jangan Bersembunyi!

Bagaimana kondisimu hari-hari ini? Bahagiakah Saudara dengan kesulitan keuanganmu? Senangkah Saudara dengan IP rendahmu? Bersuka citakah Saudara dengan omset bisnismu? Bisakah Saudara tertidur nyenyak dengan melihat kondisi kerohanian anak-anakmu? Saudaraku, kenali apa yang sedang merongrong kehidupanmu? Janganlah berdiam diri, janganlah mencari banyak alasan dan pembenaran diri sendiri apalagi bersembunyi. Bukankah semua bisnis sedang menghadapi yang sama? Orang lain juga alami yang sama! Pantas dong aku alami ini semua! Saudaraku, buanglah kata menyerah dengan keadaan dan mencari alasan pembenaran keadaan kita. Begitupun dengan bangsa Israel! Mereka membuat kubu-kubu dan bersembunyi saat tekanan dan masalah datang. Ayo bangkit, jangan menyerah dan jadilah pahlawan!

Pilihlah Untuk Konfrontasi, Jadilah Pahlawan!

Apapun penurunan yang sedang kita hadapi, apapun masalah yang sedang ada di depan kita, apapun kesulitan yang terus menghadapi kita; pilihlah untuk konfrontasi! Jangan biarkan masalah mengerdilkan dan melemahkan kita. Hadapi masalah itu! Lawan musuh kita! Jangan biarkan musuh bercokol dalam hidup kita dan kita tidak melakukan apapun. Jangan pikir kalau kita diam maka musuh juga diam. Bangsa Israel dibuat melarat (Hakim-hakim 6:3-6). Saudaraku jadilah pahlawan! Perangi, lawan dan selesaikan masalah Itu. Kalau hidup kita tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan maka bangkitlah menjadi pahlawan dan teroboslah keadaan itu (Hakim-hakim 6:12).

Tetap Berharap dan Percaya

Mungkin kita melihat tidak ada dasar apapun untuk berharap! Mungkin kondisi ekonomi sedang turun sekali. Namun belajarlah seperti Abraham, dia tetap berharap dan percaya! Sekalipun tubuhnya sudah sangat lemah! Sekalipun rahim Sara sudah tertutup. Dia tolak semua pikiran, “masuk akal kalau tidak punya anak!” Alkitab mengatakan bahwa karena kepercayaaannya membuatnya memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan. Just believe!
 
Disarikan dari kotbah Ps. Lukas Yoesianto di Ibadah Raya Kemah Daud Ministries Jogja (20 November 2016)

Komentar

Postingan Populer