Meresponi ‘Musim Rohani’ Yang Baru Di Dalam Anugerah Tuhan

StevenAgustinus.com – Setiapkali firman atau kehendak Tuhan dinyatakan oleh Roh KudusNya dalam hidup kita, maka akan selalu akan ada anugerah spesial yang Tuhan berikan kepada kita.
Dan itu menandakan bahwa Tuhan ingin membawa kita kepada ‘musim’ rohani yang baru dalam kehidupan kita. Berikut adalah cara meresponi musim yang baru dalam anugerah Tuhan :

1. Responi datangnya musim yang baru tersebut secara akurat

musim-rohani-ps-steven-agustinus
 follow instagram : @stevenagustinus
Roh Kudus akan mulai bekerja dan memberikan dorongan-dorongan tertentu dalam manusia roh kita – yang jika kita ikuti akan mengkondisikan kehidupan kita jadi makin efektif & efisien bagi Tuhan – Dia sedang menata ulang hidup kita – jadi makin akurat, makin kuat untuk kemudian di munculkan Tuhan sebagai ‘pola Ilahi’ – menjadi tanda dan alamat.

Jangan terus meresponi datangnya firman dengan ‘sekedar sebagai sebuah perintah’; terimalah berfungsinya kuasa anugerah yang berada di balik firman yang datang tersebut.

a. Roh Kudus memberikan kerinduan untuk kita hidup dalam standart Tuhan;

b. Roh Kudus memberikan dorongan di dalam manusia roh kita untuk melakukan sesuatu;

c. Roh Kudus memberikan kekuatan/ kemampuan untuk menanggulangi setiap hambatan yang bisa muncul dan sekaligus merealisasikan dorongan Roh tersebut

2. Shake your past experiences

bangkit-lebih-kuati-ps-steven-agustinus
 follow instagram : @stevenagustinus
Saat Tuhan menghadirkan suatu ‘musim yang baru’ bagi kita, Roh Kudus akan bekerja dan membawa kita mengalami berbagai jenis pekerjaan Roh yang berbeda sehingga kondisi hidup kita mengalami terobosan-terobosan baru. Di masa lalu, mungkin ada banyak pengalaman yang ‘menggoncangkan iman’ yang kita alami – Tuhan mengekspose kualitas fondasi yang selama ini kita miliki – ada beberapa pengalaman rohani yang kurang enak, membuat kita ‘tidak nyaman’ untuk diceritakan ulang dan lain-lain Tapi itu semua Tuhan ijinkan untuk terjadi dalam hidup kita agar level ketergantungan kita terhadap Tuhan dapat terus bertumbuh.

Dengan datangnya musim yang baru dalam hidup kita, singkirkan semua ‘belenggu-belenggu’ yang selama ini menahan laju pertumbuhan kita dan kejar ketertinggalan rohani yang selama ini kita miliki sehingga secara rohani, kita ada pada standart yang Tuhan tetapkan bagi kita di ‘musim ini’. Kemungkinan, Tuhan akan mengijinkan kita untuk kembali bertemu dengan orang-orang yang pernah memusuhi,  menyingkirkan, memperlakukan kita secara tidak adil, tapi dengan kita telah memiliki dimensi dan posisi rohani yang berbeda – seperti Tuhan ijinkan Abraham kembali bertemu dengan Abimelekh setelah sebelumnya Abimelekh sendiri yang ‘mengusir’ Abraham dari teritorial yang ia miliki (Kej 21:22-23) tapi kali ini, justru Abimelekh yang memohon kepada Abraham untuk melakukan perjanjian damai.

Dengan anugerah Tuhan, singkirkan semua bayang-bayang kegagalan, kekecewaan maupun luka yang bersumber dari masa lalu dan segeralah ‘meluncur’ ke masa depan yang sudah Tuhan tetapkan bagimu.

3. Tuhan memeteraikan bekerjanya sistem sorgawi dalam kehidupan kita

bertekun-membangun-sistem-ilahi-ps-steven-agustinus
 follow instagram : @stevenagustinus
Di setiap tantangan dan masalah hidup, selalu ada dua cara untuk menyelesaikannya: cara Tuhan & cara manusiawi. Tanpa kita sadari, seringkali kita mempergunakan cara-cara manusiawi dalam usaha kita menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan maupun pelayanan kita.

Inilah yang sering membuat kita terbentur dan terbelenggu oleh sistem dunia – membuat kita selalu berada pada posisi yang lemah serta tertinggal dari orang-orang lain. Tidak ada cara lain, jika kita memang ingin bangkit sebagai Jawaban bagi generasi ini, maka kitapun harus memastikan berfungsinya sistem Surgawi dalam hidup kita.

Sebuah sistem adalah sekumpulan metode, prosedur dan tindakan yang secara khusus di buat untuk memastikan keberlangsungan suatu aktivitas tertentu, kemunculan suatu hasil tertentu serta  menghasilkan suatu pemecahan masalah tertentu pula.

Dengan kata lain, jika Tuhan menghendaki untuk kita hidup dalam sistem Surgawi, maka melalui Roh KudusNya, Bapa akan menyingkapkan beberapa hal yang harus kita lakukan (sebagai suatu pola, tindakan iman & prosedur rohani); dengan kita melakukannya, secara otomatis akan muncul suatu dampak; hasil yang secara manusiawi nampaknya mustahil akan dapat terjadi, tapi karena bekerjanya sistem surgawi, maka segala sesuatu menjadi terjadi begitu saja.

Sebagai contoh, adalah mustahil untuk Yesus memberi makan 5000 orang laki-laki yang sedang kelaparan dengan hanya mengandalkan 5 potong roti & dua ekor ikan – menu makan untuk ukuran seorang anak kecil – tapi karena bekerjanya sistem surgawi, yang terjadi justru mereka mendapatkan kelebihan makanan sebanyak 12 bakul.

Teruslah berjalan dalam tuntunan RohNya karena pada hari-hari ini, Ia sedang terus ‘membuka mata kita’ untuk melihat keberadaan dari sistem surgawi dan melatih kita untuk memfungsikannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka yang telah menerima pelatihan dari Roh Kudus untuk memfungsikan bekerjanya sistem Kerajaan Surga, akan memiliki kehidupan yang makin efektif, makin efisien dan makin berdampak kuat.
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer