Belajar Dari Ishak


Rhema 6 Oktober 2012
Belajar Dari Ishak


Bahan Renungan : Kejadian 26 : 15 – 35
          Ishak adalah anak perjanjian, dia dilahirkan oleh Sarah. ibunya pada saat itu umurnya sudah lanjut . Ishak mewarisi karakter dari Abraham . Ishak mempunyai karakter yang istimewa dan special .

Renungan :
1. Ishak taat kepada bapanya ( Kej 22 : 1 – 19 )
            Ishak tetap taat ketika ia akan dipersembahkan diatas mezbah digunung . waktu itu ishak sudah berumur dewasa bukan anak – anak lagi seperti gambar – gambar pada waktu sekolah minggu , ishak sudah kuat untuk memanggul kayu yang dipakai untuk mempersembahkan korban bakaran .
            Dalam alkitab tidak diceritakan bahwa ishak memberontak saat dia tahu bahwa dia yang akan dipersembahkan kepada Tuhan .
            Dari kejadian 22 : 1 -19 ini muncul kata menyembah untuk pertama kali . penyembahan yang dilakukan oleh Abraham adalah melakukan yang Tuhan mau . penyembahan seringkali orang sudah melakukan penyembahan ketika dia berada dalam ibadah gereja sekolah Alkitab, Cell Group dan KKR .
            Penyembahan adalah seluruh hidup kita, melakukan apa yang Tuhan minta dalam hidup kita . seringkali Tuhan meminta dari hidup kita apa yang kita suka . saat ini penyembahan yang kita lakukan adalah liturgy atau tradisi atau agamawi , Gereja Tuhan seringkali melakukan penyembahan secara liturgy baik secara tertulis atau tidak tertulis .
            Penyembahan yang kita lakukan sesuai dengan yang Tuhan mau , sama dengan menghantam tepat pada sasaran atau dalam bahasa ibraninya PAGA = Intercession .
2. Ishak mewarisi apa yang Abraham miliki ( Kej 26 : 15 )
            Ishak menggali setiap sumur Abraham yang ditutup dan ditimbun oleh orang filistin . Ishak menamai sumur – sumur tersebut sesuai dengan nama – nama sumur yang diberi nama oleh Abraham .
            Ishak juga mengikuti jejak ayahnya Abraham ketika kelaparan terjadi di kanaan , ishak melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh Abraham ayahnya , yaitu mengungsi . ishak pergi ke gerar   .
            Ishak juga melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh ayahnya Abraham , ishak berbicara kepada abimekah , ribka adalah saudaranya . abimekah menemukan ishak sedang bercumbu – cumbuan dengan ribka ( Kej 26 : 8 ) . Abraham ketika kelaparan ia mengungsi di mesir , abaraham juga takut dibunuh sehingga ia mengaku sarah adalah adiknya dihadapan raja mesir ( Kej 12 : 10 – 13 ) .
            Ishak mempunyai karakter yang istimewa dan special dimata Tuhan , sehingga dia mendapatkan proteksi / perlindungan dari Tuhan . ishak mewarisi apa yang dimiliki oleh Abraham , ishak hanya beristrikan ribka . namun ishak tidak memiliki mata rohani yang tajam , ketika ishak tua ia tidak bisa melihat secara jasmani sehingga ketika ia akan memberikan berkat untuk esau , ia tidak tahu bahwa yakub telah menipunya . yakub diberkati oleh ishak dan mendapatkan hak kesulungan dari esau .
            Ishak memiliki karakter yang baik , tenang dan taat . ishak juga menabur di gerar dan ia pun diberkati seperti Abraham bapanya . ishak mengikuti setiap jejak yang dilakukan oleh ayahnya sepanjang hidupnya . Amin

By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat .S

Komentar

Postingan Populer