Kesulitan Hidup


19 Oktober 2012
Mezbah Firman :

Kesulitan Dalam Hidup

Pdt. Petrus Agung Purnomo

Bahan Renungan : Kejadian 3 : 17 – 19
          Lalu firman – Nya kepada manusia itu : “ karena engkau mendengarkan perkataan istrimu dan memakan dari buah pohon itu , yang telah kuperintahkan kepadamu : jangan makan daripadanya , maka terkutuklah tanah karena engkau ; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu ; …. ( Kej 3 : 17 )

Renungan : 
            Adam dan hawa jatuh dalam dosa sehingga keturunannya mengalami hal yang sama yaitu hidup dalam tanah yang terkutuk . dengan berpeluh dan kerja keras mereka seumur hidupnya . demikian juga dengan kita , saat ini walaupun kita sudah berada didalam Tuhan Yesus masih ada sedikit efeknya yaitu kehidupan yang kita jalani seringkali mengalami kesulitan walaupun kita sudah bekerja dengan kerasnya .
            Kesulitan hidup kita alami , seringkali membawa kepahitan dalam hidup kita dan ujungnya membawa kita mempunyai hati yang pahit sama Tuhan .
            Pekerjaan atau usaha yang kita lakukan seringkali susah mendapatkan order , pemasukan dan lain – lain . jika kita hidup berdasarkan kenyataan maka kita akan mengalami tekanan , stress dan hidup kita penuh dengan kepahitan . kita mengalami keputus asaan , hilang semangat , stress , frustasi dan depresi .
            Tuhan sudah menyiapkan tempat perbekalan dimana kekayaan disimpan untuk anak – anakNya ( Kej 1 : 10 – 14 )
            Kel 5 : 1 – 9 =>  Bangsa Israel ketika berada ditanah mesir mereka mengalami yang namanya tekanan dalam pekerjaan sehingga ketika mereka ingin pergi untuk mengadakan ibadah perayaan untuk Tuhan saja sulit .
            Keluaran 6 : 8 =>  Bangsa Israel juga mengalami keputus asaan karena ditekan oleh orang – orang mesir . bagaimana caranya mengatasi kehidupan agar tidak diperbudak oleh pekerjaan :

1. Memiliki sikap hati yang selalu mengucap syukur  

            Seringkali kita mengalami kesulitan dalam menghadapi hidup sehingga sulit mengucap syukur . Yohanes 6 : 23 .
            Tuhan Yesus mengajarkankepada murid – muridnya untuk selalu mengucap syukur , mengucap syukur dalam segala keadaan memerlukan latihan ( I Tes 5 : 18 ) . Belajarlah mengucap syukur dengan apa yang ada padamu .

2. Hati yang tidak melekat pada harta 

            Firman Tuhan berkata : “ karena dimana hartamu berada , disitu juga hatimu berada .
( Matius 6 : 27 ) . oleh sebab itu kita harus belajar untuk tidak terikat dengan harta , kita ini hanya pengelola bukan pemilik harta .
            Belajar biarkan hati kita melekat sama Tuhan ( Mazmur 84 : 6  8 ) . untuk melekat sama Tuhan kita harus senantiasa melakukan perjalanan bersama Tuhan secara pribadi .
            Kehidupan kita seringkali melewati lembah baka , yaitu lembah yang penuh dengan air mata .kita harus menemukan tempat yang bermata air  bersama Tuhan yaitu tempat dimana tanahnya subur , makmur sehingga kita dapat meneruskan perjalanan kita dan makin lama makin kuat sehingga kita dapat menyelesaikan rencana Tuhan dalam hidup kita .
            Milikilah tujuan dalam hati kita bahwa Tuhan hidup dalam kita dan Tuhan memberikan kelegaan bagi kita . keluaran 8 : 15 jangan keraskan hati kita seperti firaun .

            Amos 8 : 4 – 8 =>  sikap orang =>  menginjak – nginjak orang miskin , membinasakan orang sengsara . menjadikan orang budak pada waktu ia mengalami kesusahan .

            Yohanes 6 : 15 =>  Tuhan Yesus menyingkir ketika orang – orang akan memaksa dia untuk menjadi raja atas mereka .

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat . S


Komentar

Postingan Populer