Menyembah Tuhan


26 Januari 2012
Menyembah Tuhan


Bahan Renungan : Yoh 4 : 22 – 24

          Allah itu roh dan barangsiapa menyembah dia , harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran . Yoh 4 : 24

Renungan :
            Menyembah Tuhan adalah pelajaran dasar dari setiap orang – orang Kristen . menyembah Tuhan harus dalam roh dan kebenaran . penyembah yang sejati harus bisa menyembah Tuhan dalam segala keadaan . seringkali kita bisa menyembah Tuhan dalam kondisi kita senang , gembira , suka cita , namun ketika keadaan kita sulit maka kita tidak bisa menyembah Tuhan .
            Menyembah Tuhan tidak bisa dipisahkan dari expressi penyembahan kita , penyembahan adalah pengalaman kita bersama Tuhan secara pribadi . saya ingin membagikan pengalaman menyembah Tuhan secara pribadi dan berkelompok sewaktu kuliah saya mengalami yang namanya perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan , ketika saya menyembah didalam kamar saya Tuhan memberikan kepada saya suatu beban untuk berdoa buat kos saya .
            Pada waktu itu kos saya diisi oleh anak – anak kos yang mempunyai banyak masalah ,mereka terlibat dalam perjudian , minuman keras dan obat – obatan terlarang . saya takut karena saya sendirian dikos itu . sahabat saya pindah kos , ketika saya akan pindah kos , Tuhan tidak mengijinkan saya pindah kos .
            Tuhan menyuruh saya berdoa buat kos , saya urapi kamar – kamar kos yang terkena masalah – masalah kemudian beberapa waktu mereka dimenangkan untuk Tuhan . setelah mereka dimenangkan bagi Yesus , mereka dimuridkan oleh saya dalam sebuah wadah kelompok sel , ketika kami menyembah Tuhan . Tuhan hadir dalam pujian dan penyembahan kami . kami dilawat oleh Tuhan dan kami berjumpa secara pribadi dengan Tuhan .
            Yang saya mengerti adalah penyembahan kami adalah percakapan anatara kami dengan Tuhan ,persekutuan kasih antara kami dengan Tuhan , saya bisa menuangkan perasaan apa adanya kepada Tuhan . penyembahan yang kita lakukan penuh dengan kasih , penghormatan dan pengagungan kepada Tuhan . dari semuanya itu adalah kunci kita untuk mengenal akan Tuhan ( Yoh 4 : 22 )
            Mengenal Tuhan lebih dalam lagi dalam bahasa aslinya adalah Epiginooskoo . saat ini penyembahan yang kita lakukan didalam ibadah kita , seringkali bukanlah penyembahan yang dipenuhi dengan rasa gelora cinta melainkan hanya rutinitas saja . roh agamawi banyak menjebak kita dalam hal rutinitas ibadah semata .
            Setiap orang Kristen yang disibukkan dengan segala aktifitas rohani , hal tersebut tidak menjamin orang tersebut mengenal Tuhan secara pribadi . dibutuhkan pengenalan alan Tuhan secara pribadi supaya kita bisa mendengar suara Tuhan dengan tepat . hari – hari ini kita membutuhkan kepekaan dan ketepatan untuk mendengar suara Tuhan .
            Menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran artinya kita menyembah Tuhan tidak terikat dengan ruang dan waktu , roh kita bersatu dengan roh kudus untuk meresponi kehadiran Tuhan Yesus . jika kita merasakan hadirat Tuhan yang kuat , mari kita lakukan apa yang roh kudus mau untuk kita lakukan ( Yoh 4 : 23 ) .
            Menyembah Tuhan yang setuju atau sepakat dengan kebenaran firman Tuhan itu merupakan penyembahan yang sejati ( Yoh 17 : 17 )

Jatiwangi , 26 Januari 2012
By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat . S

Komentar

Postingan Populer