PAHAD YITZHAK

PAHAD YITZHAK
Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo
Holy Stadium, 7 Oktober 2012
Saudara saya masih ingin mengingatkan anda 7 orang yang alkitab katakan mendapatkan transfer kekayaan dari bangsa-bangsa, yang pertama siapa? Abraham, yang ke 2? Ishak, yang ke 3?, Yakub, yang ke 4?, Yusuf, yang ke 5?, Israel, yang ke 6?, Salomo, yang ke 7?, SAYA.
Siapa yang belum yakin bahwa itu adalah ANDA?, tolong berikan kepada orang di sebelahmu biar menikmati yang double. Kita masih belajar mulai dengan minggu yang lalu kita belajar tentang  Abraham, hari ini kita belajar tentang Ishak dan kalau Tuhan izinkan akan kita terus lanjutkan sampai kita pada yang ke 6 dan bahkan kemudian yang ke 7.
Siapa itu Ishak anda bisa baca di alkitab banyak ceritanya tapi hari ini saya mau mengajak anda melihat dalam Kejadian 26 : 1 – 14 , judulnya Ishak dinegeri orang Filistin :
Gen 26:1  Maka timbullah kelaparan di negeri itu. –Ini bukan kelaparan yang pertama, yang telah terjadi dalam zaman Abraham. Sebab itu Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja orang Filistin.
Gen 26:2  Lalu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: “Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negeri yang akan Kukatakan kepadamu.
Gen 26:3  Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham, ayahmu.
Gen 26:4  Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,
Gen 26:5  karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku.”
Gen 26:6  Jadi tinggallah Ishak di Gerar.
Gen 26:7  Ketika orang-orang di tempat itu bertanya tentang isterinya, berkatalah ia: “Dia saudaraku,” sebab ia takut mengatakan: “Ia isteriku,” karena pikirnya: “Jangan-jangan aku dibunuh oleh penduduk tempat ini karena Ribka, sebab elok parasnya.”
Gen 26:8  Setelah beberapa lama ia ada di sana, pada suatu kali menjenguklah Abimelekh, raja orang Filistin itu dari jendela, maka dilihatnya Ishak sedang bercumbu-cumbuan dengan Ribka, isterinya.
Gen 26:9  Lalu Abimelekh memanggil Ishak dan berkata: “Sesungguhnya dia isterimu, masakan engkau berkata: Dia saudaraku?” Jawab Ishak kepadanya: “Karena pikirku: Jangan-jangan aku mati karena dia.”
Gen 26:10  Tetapi Abimelekh berkata: “Apakah juga yang telah kauperbuat ini terhadap kami? Mudah sekali terjadi, salah seorang dari bangsa ini tidur dengan isterimu, sehingga dengan demikian engkau mendatangkan kesalahan atas kami.”
Gen 26:11  Lalu Abimelekh memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: “Siapa yang mengganggu orang ini atau isterinya, pastilah ia akan dihukum mati.”
Gen 26:12  Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.
Gen 26:13  Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.
Gen 26:14  Ia mempunyai kumpulan kambing domba dan lembu sapi serta banyak anak buah, sehingga orang Filistin itu cemburu kepadanya.
Saudara cerita tentang pemindahan kekayaan itu terjadi pada cerita ini dan berlaku pada orang yang bernama Ishak. Ada beberapa point yang Tuhan taruh di hati saya dan saya ingin bagikan kepada anda pada pagi hari ini.
1.       TETAP PERCAYA PADA JANJINYA SEKALIPUN HAL ITU DITERTAWAKAN BANYAK ORANG
Point Yang pertama, nama Ishak itu sendiri aneh, Ishak itu artinya TERTAWA. Jadi kalau anda itu namanya Ishak tetapi jarang tertawa, malah ngamuk an atau nangis an, ganti nama saja saudara. Terlalu berat buat saudara pakai nama Ishak kalau tertawanya kurang atau tertawa yang dibuat-buat ya jangan.
Tertawa yang seperti apa?, sebetulnya begini ceritanya, kalau anda baca di alkitab, Tuhan ngomong sama Abraham dan Sara, waktu itu umur mereka sudah tua sekali, Abraham kira-kira sudah 99 tahun, Tuhan berkata kepada Abraham “ Tahun depan istrimu akan melahirkan “. Lalu Abraham TERTAWA sebetulnya dan Bertanyalah Tuhan “ kenapa kamu tertawa “. Dia berkata “ ya Tuhan aku sudah tua, istriku sudah tua masakan akan punya anak “. Rupanya Sara juga TERTAWA, tertawanya itu geli, tertawa geli itu gini saudara, itu ada ngga percayanya ngga?, ada, kalau dia percaya, pasti teriak “ amiinn “, terus kemudian tersungkur nyembah Tuhan, ini ngga.
Tertawa seperti itu sebetulnya awalnya TERTAWA TIDAK PERCAYA.
Saya kalau melihat Tuhan itu ajaib, Abraham itu di katakan BAPA SEGALA ORANG BERIMAN. Sebetulnya kalau anda baca ceritanya banyak hal menunjukkan dia kurang beriman. Tapi Tuhan memang pilih orang –orang yang tidak qualified dan DIA mampukan orang itu dan DIA ubah orang itu dengan luar biasa.
Kemudian karena mereka TERTAWA, Tuhan berkata “ ya kamu TERTAWA “. Dan akhirnya dia diam karena Tuhan tidak mungkin dibohongi lalu apa yang terjadi akhirnya mereka punya anak. Setelah punya anak mereka berkata begini “ waktu Tuhan berkata tahun lalu kita TERTAWA jadi mari kita beri nama anak ini TERTAWA “. Namanya siapa? Namanya Ishak.
Jadi kalau, sebetulnya saudara anda,itu ada Ishak kecil jalan, “ Ishak “, ngga kenal kalau nda begini itu belum Ishak. Harus diajari, Orang tuanya harus mengajari, “ namamu artinya TERTAWA “, ngalami apapun TERTAWA. Kok mutung? Itu belum Ishak, harus Ishak beneran.
Kenapa di beri nama Ishak?, ini POINT PERTAMA, salah satu faktor menurut saya adalah mereka Abraham dan Sarai ketika anak itu lahir sengaja memberi nama Ishak karena mereka ingat, mereka pernah mentertawakan apa yang Tuhan janjikan dalam hidup mereka dan mereka mau berkata kepada seluruh dunia apa yang engkau tertawakan satu hari akan jadi kenyataan, semua janji yang pernah Tuhan katakan yang pernah ditertawakan oleh Bapa segala orang beriman sekalipun suatu hari jadi kenyataan karena itu merupakan janjiNYA Tuhan.
Saudara kalau anda sedang punya VISI punya IMPIAN, engkau mendapatkan janji Tuhan dan orang lain TERTAWA, engkau berkata “ ini Ishak ini “. Sekalipun aku ditertawakan orang, satu hari akan jadi kenyataan.
Untuk orang punya iman seperti ini loh saudara, yang Tuhan inginkan dalam kehidupan kita. Karena seringkali kalau Tuhan berjanji maka Dia berbicara banyak soal masa depan kita, maka ternyata dalam waktu kita berjalan hambatannya banyak. Hambatan banyak ini membuat banyak orang kemudian belum apa-apa sudah menyerah di tengah jalan.
Kenapa di beri nama Ishak? Saya percaya Abraham dan Sara mau berkata “ walau pun Tuhan berjanji dan aku tertawakan janjinya, tetap janjinya itu ya dan amin dan ujungnya menjadi kenyataan “. Berapa banyak kita ditertawakan orang, berapa banyak anda ditertawakan orang, dengan hal-hal yang ajaib yang Tuhan pernah katakan dan DIA berkata satu hari itu akan terjadi.
Dan menurut saya janji Tuhan kalau belum sampai di tertawakan orang, itu belum janji yang luar biasa, kalau satu hari anda ngomong sama keluargamu, dan berkata, Tuhan berkata “ satu hari aku akan jadi orang yang luar biasa “. Lalu mereka tertawa dan berkata “ sampe bodo kucing nda bakal jadi “. Anda harus berkata “ nah itu baru mantap “. “ ulangi lagi “. “ sampe bodo kucing “, “ ulang lagi “. Semua tertawa, dia berkata “ Sah Tuhan Ishakku akan lahir pada waktunya “.
Anda pernah kenal?, pernah kenal pasti belum, pernah dengar pasti, karena orangnya sudah mati, namanya Thomas Alfa Edison, yang menemukan bohlam listrik dan katanya dia gagal sampai 2000 x, dia coba cara ini gagal, cara itu gagal, cara ini gagal, kira-kira kata orang 2000 x dia gagal dan kemudian akhirnya dia menemukan lampu dan listrik yang kita nikmati sekarang ini.
Lalu ia ketemu dengan orang yang sinis, ada orang-orang yang sinis ditengah-tengah kehidupan kita sebagai manusia, itu bagus supaya rame kehidupan kita ini. Kalau semuanya baik-baik kaya kita ini kurang seru katanya. Setan meramaikan, ada orang-orang yang sinis, sukanya menyindir orang, sukanya menjatuhkan orang, sukanya ngomong negative, pokoknya ini karunianya khusus jangan pernah anda ingini.
Orang  sinis datang ke Thomas Alfa Edison dan berkata “eii aku dengar kamu pernah GAGAL 2000 x ya “. Dan si Thomas ini bukan Thomas yang di alkitab, dia Thomas yang berbeda. Dia berkata “ aku tidak pernah gagal 1 x pun “.  Lalu orang ini tertawa dan berkata “ lu sok, semua orang tahu kamu gagal berulang-ulang dan kamu sudah tidak dipercayai orang lagi “. “ tidak “, kata Thomas, yang benar adalah aku MENEMUKAN 2000 CARA untuk kamu tidak melakukan kesalahan. Anda nangkap maksudnya, orang berkata kamu 2000 x gagal, dia berkata “ tidak, karena setiap KEGAGALAN adalah sebuah PENEMUAN, penemuan yang berkata ini CARA TIDAK BENAR “.
aku MENEMUKAN 2000 CARA TIDAK BENAR, untuk MENDAPATKAN 1 CARA BENAR dan kau bisa lihat hasilnya hari ini “
Sebenarnya dalam kehidupan kita ini selalu tantangannya banyak. Saya mengajari saudara kalau ada seorang sedang gagal jangan di tertawakan kecuali anda memang sedang baik hati ingin membuat Ishaknya segera lahir, tertawakanlah rame-rame, nanti ujungnya Ishak yang lahir. lalu ketika ia kaya raya, “ PT mu namanya apa ?, Ishak, kenapa?, terinspirasi tertawamu nyengit 2 tahun yang lalu “.
Saudara sekalian nama itu diberi, saya percaya karena dia orang beriman, dia mau berkata kepada semua kita, kalau Tuhan sudah berjanji kepada kita, mari PERCAYA bahwa sebenarnya sekalipun itu DITERTAWAKAN, ujungnya akan luar biasa.
2.       BELAJARLAH MENTERTAWAKAN DIRIMU SENDIRI
Tetapi Yang kedua, Kenapa diberi nama Ishak ?, menurut apa yang saya tangkap di hati saya, Tuhan juga mau berkata begini “ nak kamu pernah mentertawakan akan semua yang Aku katakan, biarkan mulai sekarang BELAJARLAH MENTERTAWAKAN DIRIMU SENDIRI “.
Anda banyak orang yang hari ini membela diri, membenarkan diri, meninggikan diri, mengagungkan dirinya, melindungi dirinya, membela dirinya luar biasa, tapi berapa banyak orang yang suka MENTERTAWAKAN DIRINYA SENDIRI?.
Orang yang sudah bisa MENTERTAWAKAN DIRINYA SENDIRI, orang itu akan terhindar dari dosa KEBENARAN DIRI SENDIRI, karena orang yang bisa MENTERTAWAKAN DIRI SENDIRI adalah orang yang TAHU DIRI.
Tapi kalau anda suka membanggakan diri, melindungi diri, menjaga harga diri, mengagungkan diri sendiri, dan seterusnya, itu masih terlalu jauh dari kita TAHU DIRI. Kalau engkau bisa MENTERTAWAKAN DIRIMU SENDIRI, kalau engkau diberkati Tuhan dan engkau TERTAWA, engkau berkata “ sebetulnya Tuhan yang hebat, gua yang goblok “, “ sebetulnya ini bukan aku, ini Tuhan “, lalu anda bisa mengerti DARIMANA ENGKAU DIAMBIL TUHAN,  bagaimana tangan Tuhan bekerja, engkau MENTERTAWAKAN DIRIMU SENDIRI ketika orang lain bertepuk tangan buat saudara, dalam hatimu engkau geli engkau berkata “ Tuhan mereka salah alamat seharusnya kemuliaan hanya bagiMU karena aku tahu siapa aku “.Orang yang tidak tahu diri dan merasa dia adalah orang yang benar, itu orang yang menimbulkan masalah.
Minggu lalu saya diantar pulang oleh pak Hengky, lihat sebuah pemandangan yang sekejab didepan mata, ada perempatan jalan yang kadang-kadang rame dan petugas kepolisiannya ngga ada, maka akan muncul polisi-polisi tak berseragam. Itu orang-orang yang membantu mengatur lalu lintas lalu kemudian beberapa mobil yang lewat karena terbantu biasanya mereka memberi uang sekedarnya dan itu untuk beberapa hal memang menolong.
Tapi hari itu saya dengan pak Hengky melihat pemandangan aneh, ada perempatan yang pas agak sepi, 2 motor lewat diatur oleh 1 orang pakai topi rambutnya gondrong tangan kirinya pegang stick dengan bendera merah, dia pakai pluit seperti polisi lalu lintas, pakai celana ¾ dan pakai sandal. Ini cerita lain lagi dengan yang dulu saya pernah cerita. Saya melihat di jalan sepi di perempatan itu 2 motor satu dari arah belakangnya dia dan satu lagi dari arah sebelah kanannya. Jalan begini didepan mata yang ngatur lalu lintas tabra..an …dwass…geblak dua-duanya…glaarr, saya lihat geleng-geleng, terus orang yang dari belakangnya dia, dimarahin “ kowe kok ora nurut aturan ku, tabraan saiki “, marah.
Sudah dia ngatur, ngga tahu menurut dia bener, tabraan 2 motor, ibu-ibu dua-duanya, rodo gede badannya, glundung  begitu, kan kasihan saudara, untung tidak keras, untung tidak ada apa-apa, kepinggir di marahin ibu –ibu yang satu itu, saya tidak tahu kelanjutannya karena kami tidak nonton dan langsung pulang.
Anda tahu kenapa itu kecelakaan?, dan kemudian menurut saya inilah orang yang sungguh-sungguh belum bisa MENTERTAWAKAN DIRINYA. Makanya orang lain sampe geleng-geleng mentertawakan dia geli. Gini saudara ya , ngatur lalu lintas kok corone kaya Gatot Koco mabur. Inikan sepi, ini ngga ada ini ngga ada ya, dari sana ada motor pelan, dari belakang ada motor, dia itu maunya berkata  “ yang kanan jalan, yang belakangnya dia berhenti “. Ok. Kalau anda seorang polisi anda akan tahu dong gerakan yang mengatakan kamu stop dan kamu jalan, dia ngga, tangan yang satu…prit.. prit… diawe awe begini, pernah lihat polisi ngawe ngawe gini, sedangkan tangan kirinya dia lupa…bendera merahnya…begini tek..tek…tek, loh ini goyang… beginikan, goyang-goyang artinya apa?, jalan toh.
Ini jalan, itu jalan didepan….duar….ngamuk, wes maen gatot koco begini, orang lain jatuh karena dia, marah. Ini bukan Ishak , sakhi namanya. Berapa banyak sebetulnya kita ini kayak begitu itu?, ada banyak kesalahan yang kita buat karena kurang pengertian, karena kekonyolan kita lalu kemudian terjadi korban, bukannya kita berkata “ saya salah “, atau berkata “ ya saya tanggung jawablah “, atau berkata “ maaf ya “, itu lebih baik. Sudah pengertiannya ngga nyampe, dia buat kesalahan, ujungnya ada korban, orang lain disalahin.
Saya berdoa, kalau saudara ingin punya SIKAP HATI YANG BENAR, sebenarnya saudara ya, Tuhan memberkati seberapa itu tergantung dari pada SIKAP HATI kita, ini kalau kita mau cari BERKAT, CARA Tuhan loh ya bukan CARA dunia.
  • Maka saya berkata, yang pertama anda harus PERCAYA sekalipun Tuhan berjanji dan di TERTAWAKAN orang, kalau orang MENTERTAWAKAN tidak akan mengubah janjiNYA bahkan kasus Abraham dan Sara TERTAWA sekalipun DIA tetap pegang perkataannya dan di kerjakan.
  • Tetapi yang kedua nama Ishak menurut saya adalah Tuhan mau mengatakan mari belajar TERTAWAKANLAH DIRIMU SENDIRI, sebab kalau kita bukan orang yang bisa MENTERTAWAKAN diri sendiri sebenarnya kita orang yang TIDAK TAHU DIRI.
Orang yang bisa MENTERTAWAKAN dirinya ketika semua orang menyanjung, dia berkata “ ini benar yang memberikan semuanya Tuhan bukan saya “, dan anda bisa mengerti dimana semua kelemahan yang kalau itu tanpa Tuhan akan membuat kehancuran, tiba-tiba engkau akanTERTAWA dan hatimu akan berkata “ Tuhan Engkau tahu bukan karena aku tapi Engkau yang melakukan dan mengerjakan buat hidupku “. Amin saudara.
Kembali ke cerita di Kejadian 26 tadi, sebelum terjadi dimana ada perkataan Ishak MENABUR sehingga kemudian dia mendapatkan hasil 100 x lipat dalam tahun yang sama dan bahkan kemudian dikatakan bahwa dia menjadi sangat kaya. Apa yang terjadi?, ada peristiwa dimana dia mengatakan kepada semua orang bahwa Ribkah adalah adiknya. Sebab dia punya ketakutan yang sama seperti Abraham bapanya, ketika Abraham pergi ke Mesir kemudian hampir hilang istrinya tapi Tuhan tolong intervensi begitu rupa sehingga kemudian istrinya kembali dan dia sudah terlanjur dapat harta yang banyak.
Tetapi ishak ini ada kecenderungan mungkin akan untuk pergi ke Mesir dan Tuhan berkata “ jangan! ”. Saya pernah baca sebuah artikel menarik sekali katanya negeri Gerar pada waktu itu adalah negeri yang menjunjung tinggi soal moralitas sehingga buat Tuhan Dia berkata “ Ishak kamu bukan Abraham kalau engkau ikut masuk ke Mesir yang sebetulnya moralnya lebih parah, kamu akan celaka, kamu tinggal disini saja “. Nurut sama Tuhan.
Tapi kemudian dia ngomong sama yang lain “ ini bukan istriku ini adikku “. Kelihatan lagi bermesraan, dipanggil oleh raja, “ ini istrimu bukan adikmu bisa saja terjadi perzinahan gara-gara ini “. Lalu kemudian apa yang terjadi, raja Filistin Abimelekh mengumumkan “ semua orang didaerahku jangan ganggu mereka “.
Setelah itu settle, alkitab berkata  MAKA MENABURLAH ISHAK DINEGERI ITU, apa sebetulnya?
Yang pertama saya pakai istilah begini selama anda itu punya mental seorang PENGUNGSI , engkau tidak akan pernah melakukan apapun yang ajaib, tapi kalau mental kita seorang PENGHUNI itu akan beda. Seseorang itu mulai tanam, MENANAM artinya engkau mulai terikat dengan tanah garapan. Kalau anda menggembalakan anda Nomaden berpindah-pindah, engkau mau pindah kemana pun bisa.
Selama Ishak itu mentalnya berkata “ aku PENGUNGSI disini, aku tidak merasa tanah ini punyaku “, tidak akan dia MENABUR. Abraham itu baru settle setelah Sara itu mati, dia sampai beli kuburan dengan harga mahal, sebab dia tahu INI TANAHKU, imannya berkata “ INI PUNYAKU “, Ishak juga sama.
Saudara kalau mental kita masih mental PENGUNGSI, saudara tinggal di Indonesia ini yang terdiri dari berbagai suku, saya bicara untuk saudara yang keturunan Tionghoa, kalau anda berkata “ Indonesia negeriku “, lahir disini tapi rasanya beda, mau jadi jenderal bintang 4, mata sipit susah, Ahok saja wakil gubernur DKI rodo mengejutkan. Jadi gimana?, anda setengah hati, ya susah, itu didalammu sampai mati mentalnya “ aku ini cuma pengungsi di negeri ini “. Maka itu yang membuat anda tidak bisa berhasil kuat di negeri ini.
Saudara harus percaya Tuhan TEMPATKAN kita disini dari ras apapun, saya tidak peduli Tuhan yang ciptakan kita, maka ini bukan tempat PENGUNGSIAN kita, ini RUMAH kita.
Kalau saudara bisa punya mental begitu, hatimu loh ya, ngga ada orang tahu diluar, ini yang didalam, saudara akan berbuat sesuatu dan hasilnya saudara akan nikmati.
Ishak ini, dia merasa tidak aman, sampai Abimelekh berkata “ jangan ganggu mereka “, dan dia merasa ini aman dan sebelumnya dia mendengar suara Tuhan “ AKU akan memberikan negeri ini kepadamu “.
Apa yang Tuhan katakan + mentalnya sebagai PENGHUNI, membuat dia melakukan sesuatu yang luar biasa.
Hal kedua, dengarkan baik-baik, orang ini adalah ORANG YANG BISA MENANGKAP OMONGAN TUHAN. ada mungkin pernah dengar apa yang namanya Bom Cluster, itu Bom cuma satu ditembakkan dari pesawat terbang, begitu menjelang sampai daratan dia pecah seperti peluru ratusan dia menyebar luas.
Tuhan itu kalau ngomong seperti itu, satu DIA bicara ASPEK nya MENYEBAR, seberapa banyak anda bisa menangkap Sebaran perkataan Tuhan itu?, sejauh itu Tuhan akan MEMBERKATI hidupmu, karena itu menjadikan sebuah RHEMA.
Makanya alkitab ini tidak usah ditambahi?, tidak usah!, karena SATU KATA yang DIA UCAPKAN saja, seperti Bom Cluster yang menyebar dan semua yang bersentuhan dengan itu akan menghasilkan ledakan yang luar biasa.
Itu yang seharusnya anda bisa mengerti, dan dimana urusan Ishak ini?, kalau anda perhatikan BERKALI KALI di ayat yang ke 4 , Tuhan mengulang janjinya kepada Abraham dan Ishak, dia berkata begini :
Gen 26:4  And I will make thy seed to multiply as the stars of heaven, ( Aku akan membuat BENIHmu itu berlipat kali ganda seperti bintang dilangit, setiap kali Tuhan bicara keturunan, DIA menggunakan istilah seed atau benih )
and will give unto thy seed all these countries; ( dan AKU memberikan kepada BENIHmu itu seluruh negeri ini )
and in thy seed shall all the nations of the earth be blessed; ( dan didalam BENIH mu itu nanti semua bangsa di muka bumi ini akan diberkati )
dan ketika Ishak mendengar “ Benihmu Benihmu Benihmu “, dia mengerti itu soal KETURUNANnya kelak, tapi dia berkata “ aku TAHU, ini TANAHKU, BENIHKU yang akan menguasai tanah ini. NABUR saudara, dan itu saya percaya sebuah REVELATION.
Kenapa?, saya mengerti sejak zaman Kain orang sudah tahu tentang bercocok tanam, sejak zaman Nuh alkitab berkata Nuh berkebun, saya percaya Abraham juga mengerti soal tanam, tetapi tidak pernah dikatakan di alkitab bahwa Abraham MENABUR atau Abraham menanam sesuatu, Abraham lebih NOMADEN berpindah-pindah makanya dia menggali banyak sumur. Dan Ishak ini adalah anak yang tidak pernah hidup dalam lingkungan orang-orang yang bercocok tanam. Yang dia tahu dari bapanya yaitu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.
Kenapa pada hari itu dia melakukan sesuatu yang berbeda?, karena DIA MENANGKAP PERKATAAN TUHAN. sebenarnya setiap kali kita belajar FIRMAN seperti ini, sebenarnya seperti Bom Cluster.
Seberapa engkau bisa MENANGKAP suatu IDE, inspirasi dari PERKATAAN TUHAN, engkau tangkap dalam hatimu dan anda lakukan, hasilnya anda akan lihat berbeda. Ada banyak orang saya tahu diberkati, tiba-tiba Tuhan beri IDE – IDE yang ajaib. Orang lain berkata “ loh aku ngga dapat IDE di gereja, ” kan dikotbahin begini “, “ tapi kan engga gitu ngomongnya “. Tapi dia berkata “ dari situ aku tahu apa yang Tuhan mau buat kehidupanku “.      
Saudara sekalian saya mau berkata demi kasih Tuhan, ini yang ajaib dari orang yang bernama Ishak, dia tidak pernah hidup dalam lingkungan orang-orang yang bercocok tanam, tidak tahu soal tanam, tidak tahu soal pertanian, tidak tahu. Orang yang tidak punya pengalaman, tidak ngerti apa-apa, orang tuanya tidak punya back ground begitu orang tuanya, tiba-tiba dia TANAM, gara-gara DIA MENANGKAP tentang BENIH dan TANAH dari PERKATAAN TUHAN, dia menyimpulkan sesuatu yang ajaib. Dia berkata “ dengan ini aku akan tanam “. Dan kenyataannya diberkati Tuhan alkitab berkata DIBERKATI TUHAN 100 X GANDA.
Saya baca dibanyak artikel pencapaian tanam 100 X lipat itu hampir tidak pernah ada dalam sejarah umat manusia, minimal dalam sejarah orang –orang didaerah Kanaan dan sekitarnya dizaman itu. Sampai di zaman Yesus sebetulnya itu merupakan pencapaian yang langka banget, yang orang berkata “ hampir tidak mungkin, hampir tidak mungkin, langka sekali “ . tapi hari itu apa yang langka yang orang lain tidak bisa capai, Tuhan berikan kepada anaknya.
Bisakah anda menghargai setiap PERKATAAN FIRMAN TUHAN dalam kehidupan kita.
Kapan hari saya nonton DVD Robin Hood, itu bukan yang anda tonton di bioskop, ini film seri yang dibuat oleh Inggris BBC. Ada cerita menarik, saya cerita Robin Hood buat anda, bukan karena saya tinggal di Green Wood, karena Robin Hood dari Sherwood hutannya.
Satu hari ada seorang Kardinal dipaksa oleh Sherif of Notingham, itu kan musuh bebuyutannya kalau anda baca ceritanya. Zaman itu perkataan seorang pastor, seorang pendeta itu dihormati. Dia berkata kamu terkutuk mereka percaya, kutuk itu datang dihidup mereka. Jadi ini orang ditakuti karena perkataannya tetapi Kardinal ini punya satu rahasia dan itu rahasia ketangkap oleh Sherif of Notingham ini penguasa jahat didaerah itu yang dimusuhi Robin Hood.
Lalu kemudian suatu hari ini Kardinalnya dibawa ke suatu desa, dimana sering kali anak buahnya Robin Hood berada disitu. Dan dia mengumumkan bahwa gereja atas nama Tuhan mengatakan Robin Hood itu adalah penyesat yang harus dibakar hidup-hidup. Bayangin dia sampai dipaksa mengucapkan sebuah sumpah seperti itu, dekrit begitu. Sehingga rakyat semua berkata “ wah jika aku membela Robin Hood berarti aku ini termasuk penyesat.
Zaman itu kata penyesat sama dengan orang itu adalah seorang dukun, di Eropa itu hukumannya dibakar hidup-hidup. Tapi hari ini sudah luntur kata itu karena terlalu sering dipakai oleh pendeta “ sesat sesat sesat “, jadi karena terlalu sering dipakai jadi sudah tidak terlalu ngefect, sampe orang mikir “ jojo de dewe sing sesat, sesat kabeh sesat “, semua “ setan setan setan “, semua di tudingi setan.
Lalu dalam cerita itu, anda engga usah beli videonya ya, engga ada engga ada. Kenapa kok sampai ini orang mau mengatakan begitu padahal selama ini belum pernah dia berurusan dengan ini tiba-tiba mau mengutuk seseorang,  ternyata rahasia kardinal ini dipegang oleh Sherifnya ini. Dan rahasianya apa saudara dan rahasia ini membuat heboh perkampungan itu dan sampai orang menangis.
Ternyata zaman itu Paus mendekritkan bahwa alkitab tidak boleh diterjemahkan kedalam bahasa lain kecuali bahasa latin. Kalau anda pernah di gereja Katolik, anda tahu sebelum tahun 60an juga di Indonesia engga ada alkitab seperti ini engga ada. Makanya kalau anda lihat alkitab kita ini kan disetujui oleh wali gereja, dari Katolik, dari Kristen mengatakan ok, kita setuju dengan terjemahan LAI ini.
Tapi sebelum tahun 60 an tidak ada, alkitab itu semua dalam bahasa latin, jadi kalau anda baca engga mudeng, yang mudeng siapa?, ya para pendetanya, pastornya, karena mereka belajar bahasa latin. Maka akibatnya digereja, diorang Kristen, engga ada beli alkitab, “ loh ora mudeng buat apa “, #fggdsadggfw…..gsuwjshka*….., engga mudeng ini opo ngomong kayak begini, karena itu bahasa latin.
Nah jadi so any way, makanya menurut saya Yesus pun engga mudeng karena Yesus bicara tidak bahasa latin, kalau Yesus hidup pada waktu itu dia lahir lagi, dia bilang “ ini cerita soal aku kok aku engga mudeng bacane ya“.  Itulah manusia hebat sekali membuat Tuhan pun tidak mudeng dengan perkataannya sendiri.
Jadi akhirnya ketahuan kebongkar rahasianya bahwa ternyata si Kardinal ini diam-diam menterjemahkan alkitab ini kedalam bahasa Inggris. Dan waktu mereka baca itu, satu lembar itu, kaget, ada ayat “ sekalipun engkau menyerahkan dirimu untuk dibakar tetapi tanpa KASIH semuanya sia-sia “. Waktu mereka baca itu menangis, mereka berkata “ untuk pertama kali aku menikmati perkataan Tuhan “.
Waktu mereka baca Kejadian, dalam ujung cerita akhirnya dibakar, tapi ini Kardinalnya pindah ke Perancis dan dia menerjemahkan ulang. Dan saya kalau lihat Film itu yang saya suka bukan memanah atau main pedangnya, waktu Kardinalnya sedang menulis di lembar pertama “ In the begining God created heaven and earth “, dia ucapkan itu dalam bahasa Inggris dan keluar air matanya dan dia memimpikan ribuan orang, satu hari bisa membaca PERKATAAN TUHAN dan menikmatinya.
Anda dan saya lahir baru, sudah ada alkitab yang kita pegang, kita seringkali tidak menghargai, di sekian abad yang lalu untuk orang bisa dengar Tuhan bicara disaring lewat orang, si orang itu mau baca berapa ayat ya tergantung kerelaan hatinya, tiba-tiba satu orang menulis itu, berubah dan alkitab di terjemahkan dalam bahasa Inggris. Dalam sejarah kemudian Inggris ada seorang raja bernama James dan raja itu memerintahkan alkitab kemudian di cetak, itu yang kita kenal dengan King James Version, tapi saya lihat di film itu waktu mereka baca ayat itu luar biasa dan diujung cerita, Kardinalnya mencabut semua perkataannya, mengerikan sih, dan kemudian dia dibuang, dia ke Perancis, dan dia tulis, satu persatu lagi dia terjemahkan sehingga hari ini, bayangin, anda dan saya punya alkitab yang kita baca.
Alkitab saya ini sudah hampir jebol, sudah engga karu karuan bentuknya tapi saya CINTAI, sebab ini membuat kita bisa MENDENGAR SUARA Tuhan.
Ishak dengar begitu, dia MENANGKAP, kalau kita CINTA FIRMANNYA, anda MENANGKAP PERKATAAN TUHAN, sebenarnya Tuhan akan beri anda begitu banyak hal, bukan hanya urusan yang rohani, sampai urusan keseharianmu, Tuhan akan urusi dengan cara yang luar biasa dan tiba-tiba anda akan tangkap sesuatu yang ajaib dan luar biasa.
Saya berdoa akan bawa kita untuk sampai kepada pengertian yang luar biasa ini.
3.            PAHAD YITZHAK
Yang ketiga, yang terakhir, coba lihat Kejadian pasal 31 ayat yang ke 42, pada waktu itu Yakub lari dari pada Laban dan inilah yang di kerjakan dan dia mengucapkan ini, dan perhatikan dia sebut tentang AllahNYA Ishak ,
Gen 31:42  Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.”
Kita lompat ke ayat 53, alkitab berkata ,
Gen 31:53  Allah Abraham dan Allah Nahor, Allah ayah mereka, kiranya menjadi hakim antara kita.” Lalu Yakub bersumpah demi Yang Disegani oleh Ishak, ayahnya.
Kata YANG DISEGANI OLEH ISHAK adalah PAHAD YITZHAK artinya dua hal :
  • Yang pertama adalah PRIBADI yang betul-betul DISEGANI, DITAKUTI oleh Ishak, Ishak GENTAR kepadaNYA. Tapi karena Ishak GENTAR kepadaNYA maka PAHAD YITZHAK Tuhan yang disegani oleh Ishak itu, Tuhan yang berada disisinya Ishak, yang membuat orang lain GENTAR kepada Ishak, itu Tuhan kita.
Alkitab berkata “ tunduklah kepada Allah dan lawanlah Iblis maka ia akan lari daripadamu “. PENUNDUKAN kita kepada Tuhan membuat Tuhan MENUNDUKAN musuh kita, PENGAGUNGAN kita kepada Tuhan akan membuat Tuhan memberikan KEMULIAAN kepada kita dihadapan lawan-lawan kita.
Ishak yang GENTAR kepada Tuhan, sampai anaknya berkata “ DIA adalah PAHAD YITZHAK yang DITAKUTI, DISEGANI, oleh Ishak bapaku dan karena bapaku SEGAN kepadaNYA maka Tuhan ada DISAMPINGnya membuat orang lain SEGAN kepadanya. Dan Laban itu mengakui.
Coba buka Kejadian 31 ayat 29 , inilah PAHAD YITZHAK yang BERINTERVENSI untuk kita,
Gen 31:29  Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah katapun.
Itulah yang membuat Laban SEGAN, dan tidak menuntut apapun dari Yakub.
Saudara kalau anda perhatikan ini, itulah Tuhan kita, apapun yang kita berikan ke DIA tidak akan pernah sia-sia, akan DIA lakukan juga untuk kita, makanya Tuhan pernah berkata “ apa yang engkau ingin orang perbuat kepadamu, perbuatlah itu “.
Kalau kita memberikan PENGAGUNGAN ke Tuhan, PENGHORMATAN ke Tuhan, PENINGGIAN ke TUHAN didepan manusia, engkau akan DITINGGIKAN oleh Tuhanmu. Kalau engkau GENTAR akan Tuhan, didepan manusia Tuhan akan buat GENTAR orang kepada saudara.
Saya percaya itu pesannya buat hari ini, PAHAD YITZHAK.
Minggu lalu jalan kearah rumah saya macet total, pak Thomas yang pegang stir, saya sampai 1,5 jam dari gereja sampai kerumah, luar biasa, macet total. Akhirnya saya bilang dengan pak Thomas ”coba kita lewat masuk kampung ini dah “, siapa tahu bisa nembus kesana dan kemudian kita bisa lolos, akhirnya gagal, balik, hampir nyasar kembali ke jalan itu, masih kena jalur macet, jadi tidak ada gunanya.
Tapi ada gunanya buat anda hari ini, saya masuk sebuah kampung yang seumur hidup belum pernah saya masuki, ada banyak tempat yang belum pernah saya masuki dalam hidup saya. Saya masuk kampung itu, rapi sekali, ada marka jalannya kanan kiri dicat dengan bagus, diaspal, tapi diujung jalan ada sebuah tanda rambu yang dibuat oleh masyarakat.
Rambunya, kalimatnya menarik buat saya, sebagian berkata “ jangan ngebut hati-hati “, ada yang kasar “ ngebut benjut “, kampung preman kira-kira gitu, kampung ini tidak, dia tulis menarik sekali “ ANDA SOPAN KAMI SEGAN “.
Menurut saya PAHAD YITZHAK akan berkata begini “ KAMU TAKUT KEPADAKU, KAMU GENTAR KEPADA NAMAKU, AKU BUAT SEMUA ORANG DISEKITARMU GENTAR KEPADAMU KARENA AKU DIPIHAKMU “.
Saudara itulah yang Tuhan mau katakan hari ini, menurut saya itulah RAHASIA orang ini DIBERKATI, dia mendapatkan yang orang lain berkata “ Langka yang seperti itu “, dia dapat 100 X ganda, dia TANGKAP FIRMAN TUHAN.
Kalau Kekayaannya itu Cuma AKIBAT sebetulnya, “ pak kenapa ngga bahas kekayaannya? “, ITU AKIBAT, kenapa kita bicara AKIBAT, tidak ada gunanya, kita bicara BAGAIMANA BISA MENCIPTAKAN AKIBAT seperti itu.
Sekali lagi saya berkata anda mesti belajar begitu banyak, tapi ini orang yang terima transfer of wealth yang luar biasa.
Saya berdoa kita akan diberkati Tuhan waktu kita HIDUP seperti TELADAN yang Ishak tunjukan.
Saya berdoa sepanjang hari ROH KUDUS akan bicara terus dalam hidup kita, mengajari kita.
Saudara ini hari-hari yang AJAIB, saya terus ingatkan saudara, janji Tuhan dari Juni sampai Desember akan ada terobosan – terobosan yang AJAIB, jangan pernah lupa itu.
Sekalipun orang MENTERTAWAKAN, mari berkata “ DITERTAWAKAN pun tidak masalah, yang TERTAWA terakhir adalah yang MENANG “.
Saya mau berkata “ saya pribadi PERCAYA terlalu banyak yang AJAIB sedang terjadi dalam hari –hari ini. “
Saya berdoa anda bisa menangkap HATI TUHAN dan dengan itu kita akan MEMULIAKAN Tuhan dan AKIBATNYA akan terjadi dan itu LUAR BIASA SEKALI.
AMIN

Komentar

Postingan Populer